Rabu, 11 September 2019

CARA CHECK-IN DI STASIUN KERETA API DENGAN FASILITAS E-BOARDING PASS DARI KAI ACCESS

Baru-baru ini, KAI meluncurkan program paperless berupa fasilitas “e-boarding pass” yang bisa diakses melalui aplikasi KAI Access. Fasilitas ini memungkinkan penumpang kereta yang sudah membeli tiket di KAI Access, Traveloka, atau aplikasi pemesanan tiket kereta api lainnya untuk melakukan check-in tanpa perlu mencetak boarding pass di stasiun.

Cara Menerbitkan E-Ticket melalui KAI Access


Untuk melakukan check-in di stasiun, kalian terlebih dahulu harus menerbitkan e-borading pass. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menerbitkan e-ticket melalui aplikasi KAI Access:

1. Buka aplikasi KAI Access

2. Klik "More" pada bagian kanan bawah layar. Lalu pilih "Check Book/Pay Code".


3. Masukkan kode booking dari KAI Access, Traveloka, atau situs pemesanan tiket kereta api online lainnya. Lalu klik "Cari".

Email dari Traveloka yang berisi kode booking



4. Akan muncul detail pemesanan kalian sesuai kode booking tersebut. Scroll ke bawah lalu klik "Tambah e-ticket".



5. Cek pada "My Trips". Perjalanan yang belum kamu lakukan akan memiliki status "Lunas".

Cara Check-In di Stasiun Menggunakan E-Boarding Pass KAI Access


Setelah proses penerbitan e-ticket selesai, kalian bisa menggunakannya untuk check-in di stasiun tanpa perlu mencetak/mengeprint boarding pass lagi. Jadi, lebih environmentally friendly kan karena paperless. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi KAI ACCESS dan klik “My Trips”.


2. Akan muncul pilihan perjalanan yang e-ticket-nya sudah kalian proses. Klik perjalanan yang sesuai dengan perjalanan kalian saat itu. Perjalanan yang belum terselesaikan akan berstatus "Lunas".


3. Setelah diklik, akan muncul rincian e-ticket termasuk nama dan nomor identitas penumpang. Scroll ke bawah lalu klik e-boarding.



4. Di halaman selanjutnya akan muncul e-boarding pass yang menampilkan QR-Code yang jumlahnya sesuai dengan jumlah penumpang pada e-ticket. Tunjukkan kode ini kepada petugas pemeriksa tiket beserta dengan KTP dari masing-masing penumpang. Kode tersebut kemudian akan di-scan pada alat pemindai sambil dicocokkan dengan KTP tersebut. Setelah itu, proses pun selesai dan kalian bisa masuk ke area peron. Saat proses ini selesai, status di “My Trips” akan berubah menjadi "Selesai".




Tidak ada komentar:

Posting Komentar