Rabu, 05 Juli 2017

PENGALAMAN NAIK PERAHU TURIS (TOURIST BOAT) MELINTASI SUNGAI CHAO PHRAYA, BANGKOK, THAILAND


Salah satu moda transportasi umum yang murah di Bangkok adalah perahu yang mengarungi Sungai Chao Phraya. Ya, Sungai Chao Phraya ini memang masih sangat aktif digunakan sebagai jalur transportasi, dengan banyak pier yang bertebaran di beberapa titik.

Ada beberapa jenis perahu yang berlalu lalang di sungai tersebut, yang dibedakan dengan warna benderanya. Masing-masing perahu memiliki tarif, jadwal, dan rute pemberhentian yang berbeda-beda.

perahu turis di bangkok
Jadwal keberangkatan perahu-perahu di Sathorn Pier

Pada artikel kali ini, kami akan khusus membahas tentang Blue Flag Chao Phraya Tourist Boat yang pernah kami naiki saat di Bangkok. Dari namanya pasti kalian sudah bisa menebak kalau perahu satu ini memang dikhususkan untuk turis. Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi lokal, bisa mencoba jenis perahu yang lainnya, khususnya yang no flag.

naik perahu turis di bangkok

Berbeda dengan perahu-perahu lainnya yang melintas di Sungai Chao Phraya, Blue Flag Boat ini hanya berhenti di pier-pier yang menghubungkan dengan tempat-tempat wisata utama. Tourist Boat ini berhenti di 9 pier dan berangkat dari Sathorn Pier (Central Pier) yang bersandingan dengan Stasiun BTS Saphan Taksin. Jadi, jika kalian naik BTS, kalian bisa turun di Stasiun BTS Saphan Taksin tersebut agar bisa langsung menuju ke Central Pier.

Baca juga:
CARA NAIK BANGKOK MASS TRANSIT SYSTEM (BTS) ATAU SKYTRAIN DI BANGKOK, THAILAND

cara naik perahu turis di bangkok
Petunjuk arah menuju Sathorn Pier
dari Stasiun BTS Saphan Taksin

pengalaman naik perahu turis di bangkok
Menuruni tangga Stasiun BTS Saphan Taksin
menuju Sathorn Pier

Setelah berangkat dari Sathorn Pier, perahu ini akan melaju ke selatan dan akan berhenti di pier-pier berikut sebelum pada akhirnya kembali ke Sathorn Pier melalui rute yang sama:

pengalaman naik tourist boat di bangkok
Sathorn Pier (Central Pier)

- Sathorn Pier (Stasiun BTS Saphan Taksin)
- Oriental Pier
- River City Pier
- Ratchawong Pier
- Yodpiman Pier
- Tha Thien Pier
- Maharaj Pier
- Thon Buri Railway Pier
- Phra Arthit Pier

Perahu ini meninggalkan Sathorn Pier dan Phra Arthit Pier setiap 30 menit. Dari Sathorn ke Phra Arthit, kapal beroperasi pada pukul 09.00 - 17.30 dan dari Phra Arthit ke Sathorn, kapal beroperasi pukul 09.30 - 18.00.

Nah, sejak pukul 16.00 (berangkat dari Phra Arthit) dan sejak pukul 16.30 (berangkat dari Sathorn), kapal ini akan memperpanjang rutenya hingga Asiatique.

cara naik tourist boat di bangkok
Petunjuk arah menuju Asiatique

Selain itu, berbeda dengan perahu lainnya, tourist boat ini dilengkapi dengan seorang tour guide yang akan memberi banyak informasi yang membantu, salah satunya adalah mengenai destinasi-destinasi apa yang dekat dengan setiap pier yant disinggahi.

Tiket untuk Naik Blue Flag Chao Phraya Tourist Boat


Untuk naik Chao Phraya Tourist Boat, kalian harus terlebih dahulu memiliki tiket. Tiket yang tersedia ada dua jenis: single-journey ticket seharga THB 40 dan one-day river pass seharga THB 150.

Single-journey ticket ini hanya bisa digunakan untuk sekali hop-off. Itu artinya, jika sudah turun dan ingin naik lagi, ya kalian harus membeli tiket lagi. Sebenarnya, jika dibandingkan dengan perahu jenis lain, tiket sekali pakai untuk tourist boat ini tergolong sangat mahal, apalagi jika kalian hanya bergerak melewati satu pier. Bisa-bisa harganya 2 sampai 4 kali lipat harga tiket perahu lainnya. Jika membeli river pass memang bisa sangat murah. Namun, jika kalian tidak berencana untuk menggunakan perahu lebih dari 3 kali, sepertinya membeli tiket sekali pakai ini juga masih worth it.

Sementara itu, jika membeli one-day river pass, kalian bisa hop-on hop-off sepuasnya di perahu tersebut seharian, selama jam operasi dan sesuai hari yang tertera pada tiket. Bahkan, kalian yang memiliki tiket ini juga bisa menggunakannya untuk perahu jenis lain. Karena tourist boat kan memang hanya berhenti di 9 pier. Jadi, kalian yang ingin menuju ke pier lain bisa oper ke perahu lain tanpa harus membayar lagi.

Tempat Pembelian Tiket Blue Flag Chao Phraya Tourist Boat


Untuk tiket single-journey, kalian bisa membelinya baik di atas kapal ataupun di setiap pier yang disinggahi. Harganya pun sama.

Sementara untuk one-day river pass, kalian hanya bisa membeli di tempat-tempat tertentu saja, yaitu:

a. Di Chao Phraya Express Boat Co., Ltd.

- Sathorn Pier (Central Pier)
- Phra Arthit Pier

b. Di Stasiun BTS

- Stasiun BTS Siam (Stasiun Interchange)
- Stasiun BTS Saphan Taksin

Nah, waktu kami di Sathorn Pier, terus terang kami masih belum yakin mau naik perahu apa. Kami yang saat itu tiba disana sekitar pukul 09.20 melihat ada antrian memanjang di depan mulut pier. Kami pun berpikir bahwa kami harus antri di situ juga.

naik tourist boat di bangkok

Beberapa saat kemudian, kami baru ngeh kalau itu adalah antrian tur lain. Dan ketika loket di dekat situ buka sekitar pukul 09.30, kami segera bertanya ke seorang petugas yang berjaga tak jauh dari loket. Dari penjelasannya, kami akhirnya tahu bahwa loket itu adalah tempat membeli tiket Chao Phraya Tourist Boat (Blue Flag), baik yang single-journey maupun yang one-day pass. Dia memberikan kami peta kecil dan menjelaskan mengenai pier-pier yang akan disinggahi. Dia juga menjelaskan bahwa kami harus turun di Maharaj Pier begitu tahu bahwa tujuan kami adalah Grand Palace.

tourist boat di bangkok

tips naik tourist boat di bangkok

tips naik kapal turis di bangkok

Perjalanan Singkat Dan Nyaman Mengarungi Sungai Chao Phraya


Ketika antrian yang memanjang tadi sudah pergi, kami segera berganti mengisi antrian untuk naik ke boat yang akan datang selanjutnya. Begitu boat kami datang, kami bergegas naik dan duduk sebelum didahului penumpang lain. Kami memilih kursi yang kami rasa paling oke dan strategis. Menurut kami, segera naik dan memilih tempat duduk adalah ide cerdas karena kalian akan bisa menikmati suasana sekitar Sungai Chao Phraya dengan lebih nyaman jika kalian duduk di tempat yang pas, yaitu di pinggir perahu. Kena percik-percik air sedikit nggak apa-apa lah ya. Hehehe.

harga tiket kapal turis di bangkok
Mulut pier, tempat perahu akan berhenti sejenak

harga tiket tourist boat di bangkok

Ketika kapal mulai bergerak, ada petugas berseragam biru yang maju ke depan sambil membawa mikrofon kecil. Ya, dia adalah tour guide kami saat itu. Dia menjelaskan mengenai pier-pier yang akan disinggahi dan destinasi apa yang dekat dengan pier-pier tersebut. Dia juga sedikit memberi cerita mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan Sungai Chao Phraya dan sekitarnya. Keberadaan tour guide ini menurut kami sangat membantu karena dia menjadi semacam "reminder" juga kalau perahu akan berhenti di suatu pier.

harga tiket tourist boat blue flag di bangkok

Sepanjang perjalanan, kami menikmati suasana kota yang berada di pinggir Sungai Chao Phraya. Banyak bertebaran gedung-gedung tinggi di sana sini. Dari perahu, kami bisa melihat Wat Arun yang terkenal itu. Bahkan, tak jauh dari Wat Arun, kami juga sempat melihat ada sebuah masjid. Kami juga beberapa kali berpapasan dengan perahu lain.

Baca juga:
REVIEW WAT ARUN: WAT WARNA-WARNI DI TEPI SUNGAI CHAO PHRAYA, BANGKOK, THAILAND

cara naik tourist boat blue flag di bangkok

pengalaman naik tourist boat blue flag di bangkok

naik tourist boat blue flag di bangkok

tourist boat blue flag di bangkok
Wat Rakhang, wat lain yang juga populer,
tak jauh dari Wat Arun

mengarungi chao phraya river
Tampak menara masjid di kejauhan

mengarungi sungai chao phraya

Atraksi-Atraksi Wisata di Dekat Pier


Seperti telah dijelaskan sebelumnya, setiap pier yang disinggahi oleh perahu turis ini memang dekat dengan beberapa tujuan wisata. Berikut ini adalah rincian tempat-tempat wisata yang terdekat dengan masing-masing pier:

1. Sathorn Pier

- Wat Suan Plu
- Wat Yannawa

2. Oriental Pier

- East Asiatic Company
- Oriental Plaza
- Assumption Cathedral
- Thai Home Industries
- French Embassy

3. River City Pier

- River City Shopping Complex

4. Ratchawong Pier

- Chinatown

5. Yodpiman Pier

- Pak Khlong Talat (Flower Market)
- Museum of Siam

6. Tha Thien Pier

- Wat Arun
- Wat Pho
- Tha Thien Market

7. Maharaj Pier

- Grand Palace

8. Thon Buri Railway Pier

- Patravadi Theatre
- Siriraj Hospital and Museum

9. Phra Arthit Pier

- Khao San Road
- Phra Sumane Fort
- Royal Barge National Museum



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KEENAM (20 AGUSTUS 2016)

TIPS NAIK TUK-TUK DI BANGKOK, THAILAND

CARA NAIK CITY LINE (AIRPORT RAIL LINK) DI BANGKOK, THAILAND

TIPS MENYEBERANG SUNGAI CHAO PHRAYA DENGAN FERI (FERRY)

REVIEW WAT PHO BANGKOK: KUIL BUDDHA TIDUR TERBESAR DI THAILAND


Tidak ada komentar:

Posting Komentar