Kamis, 11 Januari 2018

LIBURAN AKHIR PEKAN KE YOGYAKARTA 3 HARI 3 MALAM (3D4N): HARI KETIGA (17 AGUSTUS 2017)

Hari:   Pertama   Kedua

Mencari Lokasi Gudeg Mbah Lindu, Jalan Sosrowijayan

Setelah bangun, salat, dan mandi, pagi itu kami masih sempat bersantai di penginapan sambil menyicil packing. Kami baru keluar dari penginapan sekitar pukul 06.00 dan tujuan pertama kami hari ini adalah Gudeg Mbah Lindu.

Karena lokasinya berada di sekitar Malioboro dan kami sudah hafal jalan ke sana, kami tidak menyalakan GPS. Kami baru menyalakannya mendekati Malioboro, untuk mencari di mana gang Sosrowijayan, tempat Gudeg Mbah Lindu berada.

Tak berapa jauh dari muka gang Sosrowijayan, kami melihat ada beberapa orang tengah mengerumuni sesuatu, tepat di samping Hotel Grage Ramayana. Kami memarkir motor tak jauh dari kerumunan itu kemudian berjalan mendekat. Dan sesuai dengan perkiraan kami, itu adalah tempat Gudeg Mbah Lindu.

gudeg mbah lindu yogyakarta

alamat gudeg mbah lindu yogyakarta

Sarapan di Gudeg Mbah Wiyono, Jalan Sosrowijayan Wetan Gang II

Dengan kondisi perut kosong dan ingin segera sarapan, kami memutuskan bahwa kami tak cukup sabar untuk mengantre. Berdasarkan hasil searching Suami Kembar A di Instagram beberapa hari sebelum kami berangkat, ada gudeg lain di gang depan Mbah Lindu, yang katanya sih lebih murah dan lebih enak, dan yang pasti tanpa harus antre lama.

Dan saat kami lihat, di seberang tempat jualan Mbah Lindu memang ada sebuah gang sempit. Karena takut meninggalkan motor kami di pinggir jalan, kami pun menuntun motor kami memasuki gang itu.

lokasi gudeg mbah lindu yogyakarta

harga gudeg mbah lindu yogyakarta

Gang yang kami lewati ini, meskipun kecil, sangat penuh dengan hostel dan penginapan, yang sangat mengingatkan kami dengan suasana Kuta. Kira-kira 50 meter dari mulut gang, kami melihat ada penjual gudeg yang berjualan di pinggir gang, yang tengah melayani sekitar 5 orang—jumlah yang tentu jauh lebih sedikit dibandingkan antrean Mbah Lindu.

gudeg mbah wiyono yogyakarta

gudeg enak dan murah di yogyakarta

Setelah menunggu beberapa saat, giliran kami pun tiba. Kembar A memesan gudeg lauk jeroan seharga 15.000, Suami Kembar A gudeg lauk paha atas ayam seharga 25.000, dan Kembar B gudeg lauk dada ayam seharga 15.000.

pengalaman makan gudeg di yogyakarta

Rasanya luar biasa enak. Untuk lidah Jawa Timur kami, rasa manis gudegnya sungguh pas—tidak terlalu manis. Dan pokoknya, enak dan recommended banget. Lauknya juga sangat enak.Dan harganya memang cukup normal menurut kami. Apalagi, porsi nasinya juga banyak dan lauknya cukup besar.

Oh ya, buat kalian yang ingin ke sini, selain dari gang tempat kami masuk tadi, kalian juga bisa melalui gang sisi lainnya, yang letaknya dekat sekali dengan Hotel Neo Malioboro.

pusat hotel dan hostel di yogyakarta

gang sosrowijayan yogyakarta

Berfoto dengan Background Panggung Krapyak

Kenyang, kami langsung bergerak menuju tujuan kami selanjutnya, yaitu Panggung Krapyak, yang jika dilihat dari peta, lokasinya memang cukup jauh, yaitu di daerah Bantul. Karena tempat ini bukan wisata populer dan kami takut kesasar, kami memutuskan untuk terus menggunakan Google Maps hingga sampai di tujuan.

Lokasinya yang cukup jauh meninggalkan daerah kota sempat membuat kami ragu. Namun, GPS menujukkan bahwa kami di jalur yang tepat.

Kami kemudian tiba di Jl. Ring Road Selatan. Di sini, kami mulai mengurangi kecepatan motor kami karena lokasinya sudah cukup dekat. Kami kemudian berbelok ke kiri menuju ke jalan yang lebih kecil, dan tak seberapa jauh kami melihat bangunan cukup besar menjulang di tengah-tengah jalan. Kami pun bersyukur karena ternyata kami tidak nyasar.

Masih ada 4 orang yang sedang berfoto di situ saat kami tiba. Untung mereka nggak lama jadi kami bisa segera bernarsis ria tanpa gangguan. Kami sebenarnya ingin masuk dan mengeksplorasi tempat itu. Namun, sayang, semua pintunya digembok. Jadi, kami hanya bisa mengamati bangunan itu dari luar.

panggung krapyak bantul yogyakarta

Menikmati Pawai Nitilaku UGM

Puas berfoto, kami memutuskan untuk kembali ke Malioboro. Untuk selanjutnya, kami masih belum tahu akan kemana karena sejak kemarin, beberapa hal tidak berjalan sesuai itinerary.

Mendekati Malioboro, kami melihat ada banyak sekali delman berjalan menuju satu arah. Sepertinya ada acara karena masing-masing delman ditempeli tulisan-tulisan nama perusahaan yang kemungkinan adalah bagian dari sponsor acara tersebut.

Benar saja. Di ujung jalan yang menuju Malioboro kami diberhentikan oleh polisi yang menyuruh kami menyeberang ke jalur lambat Malioboro. Kami melihat ada dua polisi yang sedang menunggangi kuda. Rupanya memang tengah ada acara, yang kemudian kami ketahui bernama Nitilaku UGM.

nitilaku ugm

nitilaku ugm 2017

Di belakang dua polisi berkuda, sudah berjajar beberapa peserta acara, yang adalah semacam pawai itu. Ternyata mereka berhenti karena ada kereta yang mau lewat. Begitu kereta lewat, peserta pawai pun mulai bergerak.

nitilaku ugm adalah

apa itu nitilaku ugm

pawai nitilaku ugm 2017

Kami melihat komunitas mahasiswa dari tiap-tiap provinsi yang berdandan all-out dengan pakaian adatnya masing-masing.

acara pawai di malioboro

acara di jalan malioboro yogyakarta

nitilaku ugm 2017 di jalan malioboro yogyakarta

menghabiskan waktu di jalan malioboro yogyakarta

yang bisa dilakukan di sekitar jalan malioboro yogyakarta

tempat wisata di sekitar jalan malioboro jogja

tempat wisata di dekat jalan malioboro jogja

jalan jalan di malioboro yogyakarta

Hunting Foto di Museum Benteng Vredeburg

Cukup puas menikmati pawai, kami memutuskan untuk mengunjungi Museum Benteng Vredeburg. Sebenarnya 7 tahun lalu, Si Kembar sudah pernah masuk ke dalam museum. Namun, kali ini kami ingin mendapatkan foto-foto yang lebih bagus sekaligus bernostalgia.

Kami membeli tiket yang harganya cukup murah, yaitu IDR 3.000. Tiketnya cukup unik, di bagian belakangnya terdapat denah museum tersebut.

traveling ke benteng vredeburg yogyakarta

harga tiket masuk benteng vredeburg yogyakarta

Tak banyak pengunjung saat itu. Padahal hari itu hari Minggu. Mungkin banyak wisatawan yang terserap menonton pawai atau mengunjungi tempat wisata hits di Yogyakarta lainnya, entahlah.

Kami segera mengeksplorasi tempat itu dan berburu foto sebanyak mungkin.

jalan-jalan ke benteng vredeburg yogyakarta

liburan akhir pekan ke yogyakarta

liburan akhir pekan ke jogja

bangunan jadul di benteng vredeburg yogyakarta

spot instagrammable di benteng vredeburg yogyakarta

Lelah, kami sedikit bimbang mau kemana. Suami Kembar A sudah ingin ngopi di angkringan tapi yang jelas tidak di Malioboro karena harganya tentu lebih mahal. Namun, Si Kembar masih ingin ke Gedung Agung.

Kami sempat bertanya ke tukang becak cara masuk ke gedung itu. Rupanya, jalan masuknya ada di samping. Kami lalu menyeberang dan berjalan menuju pintu samping gedung itu. Namun, kami belum cukup beruntung karena gedung itu tertutup untuk umum di hari Minggu. Lagian, sekalipun tidak tutup, dari keterangan di depan pintu pagar, pengunjung dilarang mengambil foto.

Membeli Kipo dan Yangko di Kotagede

Kami pun berjalan kembali ke parkiran Benteng Vredeburg. Setelah berembug sejenak, kami memutuskan untuk ke Kotagede lagi untuk membeli kipo dan yangko yang kemarin tak berhasil kami beli.

Google Maps menginformasikan bahwa Kipo Bu Djito—kipo legendaris yang kami incar—tutup di hari Minggu. Kami tetap lanjut karena di samping Bu Djito kan masih ada penjual kipo lain.

Dan Alhamdulillah, penjual kipo itu memang berjualan dan kiponya juga masih ada. Kipo ini dikemas dalam suatu wadah kertas dan daun yang unik dengan harga 2.000 per bungkus. Kami membeli 6 bungkus.

kipo khas kotagede

makanan dan jajanan khas kotagede yogyakarta

Saking penasarannya, kami membuka bungkusan kipo di pinggir jalan. Ada 5 potong kipo di dalamnya. Saat masuk mulut, kami sepakat bahwa rasanya seperti kue mendut, tapi ada sensasi gosong (dan tampilannya memang ada yang gosong) karena pembuatannya melalui proses dibakar. Dan kami semua suka dengan rasanya.

Dari penjual kipo, kami lanjut ke Yangko Pak Prapto di Jalan Pramuka yang juga adalah yangko legendaris. Sayangnya, Yangko Pak Prapto habis. Kami pun terpaksa membeli di toko sampingnya karena kami memang penasaran dengan rasanya. Kami pun membeli satu kotak yangko seharga 17.000. Sama seperti tadi, saking penasarannya, kami langsung makan saat itu juga. Hehehe.

yangko pak prapto legendaris

yangko, jajanan khas kotagede yogyakarta

oleh-oleh khas kotagede yogyakarta

oleh-oleh khas yogyakarta

Selain yangko, masih banyak juga oleh-oleh lainnya yang bisa kalian beli di sini.

pusat oleh-oleh kotagede jogja

Setelah mendapatkan apa yang kami cari, kami segera kembali ke penginapan karena kami sudah cukup lelah. Tiba di penginapan, kami merebahkan diri dan tertidur hingga sebelum Zuhur.

Dengan sedikit malas-malasan, kami pun bangun, mandi, salat, dan menyelesaikan packing. Setelah semua siap, kami segera check-out dan berpamitan ke ibu penjaga.

Beli Bakpia 99 dan Makan di Angkringan Jalan Nitipuran

Dari penginapan, kami berencana untuk menuju ke Jalan Nitipuran untuk membeli makan siang sekaligus membeli bekal di angkringan favorit kami. Namun, sebelumnya, kami mampir dulu ke Bakpia 99.

bakpia patok khas jogja

dimana tempat membeli bakpia pathok

Kami membeli dua kotak bakpia. Dan rupanya, jika kalian ke sini dengan kendaraan pribadi dan bukan becak, kalian akan mendapatkan diskon 5.000 untuk satu kotak bakpia yang kalian beli. Hal ini tidak kami ketahui pada perjalanan ke Yogyakarta 4 bulan sebelumnya.

bakpia pathok 25

Dengan bakpia di tangan, kami langsung meluncur ke Jalan Nitipuran. Jalanan yang kami lewati macet dimana-mana. Sepertinya memang sedang ada acara.

Setelah melalui perjalanan yang panjang, kami pun tiba di angkringan Jalan Nitipuran. Kami langsung menyantap nasi kucing dan memesan es teh. Suami Kembar A juga memesan kopi yang sudah diinginkannya sejak tadi.

Kami juga sudah menyisihkan nasi dan lauk yang akan kami bawa sebagai bekal, takut keduluan pembeli yang lain. Dan seperti perkiraan kami sebelumnya, walaupun habis banyak, kami hanya perlu membayar IDR 50.000.

Siap Berangkat Menuju Surabaya

Setelah berpamitan kepada ibu pemilik angkringan, kami langsung bergerak menuju Stasiun Lempuyangan. Saat itu sudah sekitar pukul 13.30 dan kami sudah janjian dengan mas pengambil motor untuk bertemu di dekat stasiun pada pukul 14.00.

Takut terjebak macet, kami menyalakan Google Maps dan memang Google Maps menyarankan kami untuk melewati jalan lain yang lebih memutar tapi lebih cepat karena tidak macet. Jalannya sedikit membingungkan karena banyak memutar dan membelok tapi akhirnya kami sampai juga di Stasiun Lempuyangan.

Mas pengambil motor juga baru datang rupanya. Dia mengecek kelengkapan motornya sebelum akhirnya mengembalikan tiga kartu identitas kami yang dijadikan jaminan. Setelah pamit, kami pun segera masuk ke stasiun karena kami memang belum mencetak boarding pass kami.

Jadwal kereta masih sekitar setengah jam lagi. Kami segera men-scan barcode Traveloka dari handphone kami pada mesin pemindai di dekat komputer. Boarding pass pun tercetak dalam beberapa detik kemudian.

Sekitar setengah jam kemudian, kereta Pasundan jurusan Surabaya pun tiba. Kami segera mencari tempat duduk kami. Dengan bekal yang cukup banyak, kami pun cukup tenang menjalani perjalanan kami.

Setelah beberapa kali kereta kami berhenti karena mendahulukan kereta bisnis atau eksekutif yang berpapasan dengan kami, akhirnya kami pun tiba di Surabaya sekitar pukul 21.40.

Hari:   Pertama   Kedua

Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH YOGYAKARTA, MAGELANG, SLEMAN DAN KLATEN 4 HARI 4 MALAM (4D4N): HARI PERTAMA (14 AGUSTUS 2017)