Minggu, 19 Agustus 2018

CARA MEMESAN TIKET BUS DI BOSBIS


Langkah-Langkah Pemesanan Tiket Bus di Bosbis


Sekarang memesan tiket bus sudah tidak perlu susah-susah lagi seperti dulu. Kalian tidak perlu lagi antre di depan loket karena sekarang sudah ada aplikasi yang sangat membantu, yaitu Bosbis. Selain untuk memesan bus, Bosbis juga bisa digunakan untuk memesan bus shuttle dan travel.

Berikut ini adalah langkah-langkah pemesanan bus melalui Bosbis lengkap dengan tips dan pengalaman kami yang tentu akan mempermudah proses pemesanan tiket kalian.

1. Pertama, download aplikasi Bosbis atau buka bosbis.com melalui browser.


Jadi, kalian bisa melakukan pemesanan baik melalui aplikasi maupun browser. Namun, dari pengalaman kami, saat memesan bus melalui aplikasi Bosbis, kami sempat mengalami kesulitan karena sepertinya aplikasi sedang terkena bug. Kami mengalami beberapa eror saat melakukan pemesanan. Mungkin karena aplikasinya masih relatif baru dan butuh banyak pengembangan ya (per Agustus 2018). Jadi, kami lebih menyarankan memesan lewat browser.

2. Setelah itu, kalian bisa lanjut ke tahap pemesanan, dengan atau tanpa mendaftar terlebih dahulu.

Pada bagian home, kalian akan disambut langsung dengan kolom pemesanan. Masukkan kota keberangkatan, kota tujuan, dan tanggal keberangkatan lalu klik "Cari Jadwal Keberangkatan".


3. Selanjutnya, akan muncul pilihan bus yang berangkat ke kota tujuan kalian

Kebetulan untuk contoh ini, untuk rute yang kami pilih hanya ada satu bus yang tersedia. Jika pada rute yang kalian pilih ada beberapa pilihan, kalian bisa memilih “urutkan” atau “filter” untuk mempermudah mencari bus yang sesuai kebutuhan dan budget.


Pada sisi bagian kanan dari bus yang tersedia, ada tombol detail yang berisikan informasi mengenai bus tersebut, termasuk jadwal dan tempat keberangkatan serta denah bus.







4. Setelah menemukan bus yang sesuai, klik kolom bus tersebut dan kalian akan masuk ke halaman selanjutnya.

Pada halaman ini, kalian perlu memilih tempat keberangkatan dan nomor kursi serta mengisi data pemesan dan data penumpang. Setelah semua data terisi, klik "Booking Tiket".





5. Pada halaman selanjutnya akan muncul review dari data-data yang sudah kalian isikan tadi.


Kalian bisa memeriksa sekali lagi kesesuaian datanya setelah itu klik "Pembayaran". Akan muncul pop up Konfirmasi Data. Pilih "Konfirmasi".


6. Setelah itu, kalian akan di bawa ke halaman "Pay".

Kalian tinggal mengisi nama pemilik rekening yang akan digunakan untuk melakukan pembayaran, kemudian klik "Lakukan Pembayaran". Waktu yang diberikan untuk pengisian data ini hanya 10 menit.



Jika berhasil, kalian akan mendapati halaman yang berisi detail perjalanan kalian dan KODE BOOKING.

Namun, dari pengalaman kami saat memesan melalui aplikasi, pada saat kami klik "Lakukan Pembayaran" selalu muncul pop up "fail insert booking data".


Kami bahkan sempat menghubungi bagian CS yang sangat fast response. Namun, setelah meng-email mereka dan mendapatkan petunjuk mengenai cara memunculkan kode booking dan tidak kunjung berhasil, kami memilih membuka browser bosbis.com dan memulai pemesanan dari awal. Tampilan form-formnya memang agak berbeda tapi kurang lebih fungsi dan langkah-langkahnya sama.

Pada saat kami sampai di bagian pembayaran, dan klik "Lakukan Pembayaran", akhirnya muncul kode booking yang sangat penting untuk bisa masuk ke proses selanjutnya. Jadi, tipsnya adalah jika kalian mengalami kegagalan saat memesan melalui aplikasi, bisa jadi aplikasi sedang mengalami gangguan (bug). Segera pindahlah ke browser dan melakukan pemesanan di sana.


7. Setelah kode booking muncul, untuk amannya bisa kalian screenshot atau catat kode booking tersebut.

Sebenarnya kode booking tersebut juga akan dikirim melalui SMS ke nomor telepon pemesan. Akan tetapi ada jeda yang cukup lama.


8. Setelah itu, kalian bisa kembali ke halaman awal (home) dan mengklik gambar tiga strip di sisi kiri atas, kemudian, pilih "Konfirmasi Pembayaran".


Masukkan data-data yang diminta kemudian klik "Submit". Dalam jangka waktu 30 menit, e-ticket akan dikirimkan ke alamat kalian.


Cara Menukar E-Ticket dengan Tiket Asli


Setelah e-ticket dikirim melalui e-mail kalian bisa mengunduhnya.  Untuk jaga-jaga dan mempermudah saat check-in, kami menyarankan untuk mencetak e-ticket tersebut.


Pada hari keberangkatan, kalian bisa langsung menuju tempat keberangkatan yang kalian pilih. Atau, jika ragu, bisa kalian tanyakan ke CS bus yang nomornya tertera di e-ticket.

Di area dekat bus, kalian akan bertemu dengan petugas yang bersangkutan. Setelah e-ticket ditunjukkan, kalian akan mendapatkan tiket asli. Dan kalian siap memulai perjalanan kalian.

Oh ya, saat menukar tiket bus Handoyo, KTP kami tidak diperiksa. Namun, kami menyarankan kalian mempersiapkan KTP semua penumpang untuk sekadar jaga-jaga ya karena siapa tahu peraturan di setiap operator bus berbeda-beda.



Artikel terkait:

CARA MEMESAN TIKET KERETA API DI TRAVELOKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar