Senin, 22 Mei 2017

CARA DAN TIPS CHECK-IN HOTEL DENGAN VOUCHER ONLINE TRAVELOKA


Saking banyaknya pertanyaan mengenai cara-cara check-in menggunakan voucher dari Traveloka yang didapatkan melalui pemesanan online, akhirnya si kembar memutuskan untuk menuliskan artikel ini.

Langsung saja ya. Jadi setelah berhasil melakukan pemesanaan online dan mendapatkan voucher dari Traveloka, kita bisa melakukan check-in di hotel yang kita pesan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tunjukkan voucher hotel dari Traveloka ke petugas resepsionis hotel.

Cara check-in hotel dengan voucher online traveloka
Contoh voucher hotel yang dikirim Traveloka
melalui email

2. Petugas kemudian akan meminta kartu identitas dari masing-masing tamu untuk difotokopi sebagai file mereka sekaligus dicocokkan dengan voucher tersebut. Di beberapa hotel ada yang cukup meminta data dari salah satu tamu. Kartu identitas ini harus sesuai dengan yang ditulis pemesan saat memesan online di Traveloka. Biasanya kalau di dalam negeri yang lumrah digunakan adalah KTP, sementara di luar negeri menggunakan paspor.

Baca juga:
CARA DAN TIPS MUDAH MEMBUAT PASPOR VIA ONLINE

3. Di kondisi tertentu dan sangat jarang terjadi, akan ada kemungkinan terjadi ketidaksesuaian data antara hotel dengan Traveloka. Ketidakcocokan biasanya adalah mengenai apakah transaksi sudah terbayar atau belum. Untuk kondisi semacam ini, tunjukkan saja receipt dari Traveloka yang kita dapatkan sepaket dengan email voucher hotel sebagai tanda bukti bahwa kita telah membayar.

Cara check-in dengan voucher traveloka
Contoh receipt pembayaran dari Traveloka

4. Jika proses administrasi telah selesai biasanya petugas akan memberikan kunci dan mempersilahkan kita masuk ke kamar masing-masing.

5. Untuk hotel kecil atau yang resepsionisnya tidak berjaga 24 jam, biasanya mereka akan menawarkan kunci luar agar kita bisa keluar masuk 24 jam dengan memberikan uang deposit dengan nominal tertentu. Uang deposit ini bisa kita ambil kembali saat kita check-out dan mengembalikan kunci. Kalau kunci hilang, otomatis uang deposit pun hangus.

TIPS

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat proses administrasi dengan pihak resepsionis hotel, meskipun jadi terkesan anti paperless, ada baiknya kamu mencetak voucher hotel dan receipt-nya. Karena bisa saja saat hendak check-in ternyata ponsel kamu sedang lowbat atau sinyal internet sedang buruk.



Artikel terkait:

CARA MEMESAN HOTEL DI TRAVELOKA


56 komentar:

  1. Wah terima kasih atas informasinya. Kalau mau Sewa Apartemen Di Jakarta boleh coba di kita ia.

    BalasHapus
  2. Ini kalau saya masih SMK kelas 10 gimana?
    Apakah saya pakai KTP/KK/Akta kelahiran?
    Atau kah kartu pelajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sudah punya KTP, ya pakai KTP. Kalau belum punya, bisa pakai opsi lain seperti kartu pelajar.

      Hapus
  3. Kalau nama beda dengan yang di voucher bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbedanya bagaimana? Hanya salah tulis atau beda orang?

      Kalau hanya salah tulis, kemungkinan untuk ditoleransi masih besar. Kamu jelaskan saja ke petugas resepsionisnya. Sertakan juga receipt (bukti bayar) kamu sebagai bukti tambahan.

      Namun kalau berbeda orang sepertinya akan sulit. Misal yang terdaftar sebagai nama tamu adalah si A dan yang datang ternyata si B, kemungkinan besar petugas resepsionisnya akan menolak.

      Hapus
  4. kalau misalakan pas mw cek in sma teman ,apa ktp teman juga di minta??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aturan bakunya sih tidak diminta karena biasanya mereka hanya memerlukan satu ktp saja sebagai perwakilan. Tapi mungkin saja ada beberapa hotel tertentu yang aturannya berbeda.

      Hapus
  5. kalau mau check in sama cewek saya gimana min? apakah ditanya juga Surat Nikah? yang gtertera di Voucher kan cuma 1 nama kan ya? tapi utk 2 Tamnu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di hotel besar, kemungkinan tidak apa-apa. Namun, di hotel kecil, khusus untuk masalah ini, biasanya lebih strict.

      Karena kita berada di Indonesia, kami menyarankan untuk menghindari hal itu.

      Hapus
  6. Kak.. Kalau uda selesai booking hotel di singapura lewat traveloka.Apakah perlu kita telepon konfirmasi ke hotel tersebut untuk memastikan kamar yg telah kita book telah berhasil? Mohon balasannya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh pengalaman kami, kami tidak pernah mengkonfirmasi ke pihak hotel setelah melakukan transaksi di Traveloka. Kamu nanti cukup membawa print-out voucher dan receipt saja untuk jaga-jaga saat check-in.

      Hapus
  7. Balasan
    1. Menurut kami, kamu lebih baik menggunakan kartu identitas lain seperti kartu pelajar atau KK.

      Semoga jawaban kami membantu. :)

      Hapus
  8. Kak misalnya saya check in Bersama Seorang perempuan! Tetapi umur saya Masih di bawah 17 itu apa saja yang harus di kasih saat check in di hotel tsb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di penginapan kecil di dalam negeri (seperti homestay, dll), biasanya aturannya lumayan ketat. Biasanya pasangan cowok cewek disuruh menyerahkan fotokopi buku nikah.

      Dan meskipun di hotel besar aturannya lebih longgar, sebagai Warga Negara Indonesia, kami tidak menyarankan kamu untuk menginap satu kamar dengan teman lain jenis.

      Hapus
  9. Halo,
    Yang jadi sering menjadi pertanyaan saya apakah pada saat kita cek in, kita diharuskan selalu memberikan uang deposit terutama untuk hotel-hotel yang di luar negri?. Mohon informasinya. Terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua hotel.

      Sejauh pengalaman kami, hotel berbintang tidak pernah meminta uang deposit kepada tamu karena memang sudah tercover oleh harga kamar.

      Namun berbeda dengan penginapan-penginapan non bintang seperti homestay, hostel, dll. Beberapa dari mereka memang mengharuskan tamu untuk menyerahkan uang deposit di awal check-in.

      Deposit ini kebanyakan digunakan untuk menjamin kembalinya kunci kamar atau untuk mengganti jika kunci kamar hilang dan untuk hal-hal tak terduga yang mungkin saja terjadi saat menginap. Kita bisa me-refund uang kita saat mengembalikan kunci atau ketika hotel memastikan tidak ada kerusakan dan sejenisnya.

      Hapus
  10. Kak mau tanya klo check in apartemen via traveloka bagaimana caranya ? Dan dapatkan kontak yg punya apartemennya gimana caranya ? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah memesan kamar apartemen melalui Traveloka. Namun, karena dipesan melalui Traveloka, kemungkinan cara-caranya kurang lebih akan sama dengan saat kita memesan hotel. Setelah mendapatkan e-voucher, kamu mungkin bisa menggunakannya untuk check-in.

      Kemungkinan besar, kontak apartemen juga akan tertera di e-voucher tersebut, seperti halnya ketika kita memesan hotel.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  11. Jam saat check.in bebas kan ya kak? Misal saya sudah booking hotel tanggal 4 juli, dan check.in ke hotelnya tanggal 4 juli pukul 15.00 bisa kan kak?1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, tidak masalah. Proses check-in tetap akan berjalan normal. Dan karena kamu check-in sekitar pukul 15.00, kami rasa kamu tidak perlu konfirmasi ke pihak hotel karena pada jam segitu, resepsionis di hotel kecil sekalipun biasanya masih aktif.

      Hapus
  12. mau tanya nih kalau misal pesen hari Sabtu chek in nya jam 10 malam chek out nya jam berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya waktu check-in hotel adalah pukul 14.00 dan waktu check-outnya pukul 12.00. Dan hotel besar biasanya juga lebih strict dalam hal peraturan.

      Jadi, jika kamu check-in pukul 10 malam, check-outnya tetap pukul 12 siang. Seberapa telat pun kamu check-in tidak akan memundurkan jadwal check-out kamu. Di hotel kecil masih ada kemungkinan ada late check-out, tapi itu pun biasanya hanya sekitar 1-2 jam.

      Oh ya, tips dari kami, kalau kamu di penginapan kecil pastikan kamu sudah mengabari resepsionisnya tentang jam kedatangan kamu karena ada beberapa penginapan yang resepsionisnya tidak berjaga 24 jam.

      Hapus
  13. permisi kak mau bertanya apakah klu bukti pembayaran dari indomaret hilang kita masih tetap bisa check in?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika setelah membayar kamu sudah mendapatkan email e-voucher, tidak masalah jika bukti pembayarannya hilang karena yang digunakan untuk check-in adalah e-voucher tersebut.

      Hapus
  14. Kak kalau misalnya kita check in jam 9 pagi tpi di jadwalnya jam 2 siang itu gpp kan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa hotel, khususnya hotel kecil, memiliki fasilitas early check-in. Namun, itu pun juga tergantung ketersediaan kamar. Dan di kebanyakan situasi, early check-in biasanya hanya 1-2 jam sebelum waktu check-in. Jadi, jika kamar tidak tersedia, ya mau tidak mau kamu harus menunggu.

      Hapus
  15. halo, saya suka travelling tapi umur saya masih 16 tahun. biasanya cuma keliling kota sendiri tapi pengen nyoba ke kota tetangga. apakah anak dibawah umur boleh menginap sendiri tanpa dampingan orang tua? trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa daerah menerapkan peraturan pelarangan menginap bagi mereka yang di bawah umur, kecuali jika ditemani orang tua. Jadi, ada baiknya kamu menghubungi pihak hotel dan menanyakan mengenai hal ini sebelum melakukan pemesanan.

      Hapus
  16. Kalo saya ke vila sperti itu dngan pasabgan saya apa yg harus saya kasih ke resepsionis vila nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah mencoba memesan kamar di vila melalui Traveloka, tapi kemungkinan cara-cara check-in-nya akan sama saja dengan menginap di hotel.

      Tapi karena kita berada di Indonesia, kami tidak menyarankanmu menginap dalam satu kamar dengan pasangan yang belum menikah. Selain itu, memang ada beberapa penginapan yang mengharuskan menunjukkan fotokopi buku nikah untuk pasangan yang mau menginap dalam satu kamar.

      Hapus
    2. Kak..klu misalnya jadwal check in jam 2, tapi kita baru check in lewat dari jam 2 gimana kak?

      Hapus
    3. @Safria:
      Tidak masalah. Kamu tetap bisa check-in kok. Hanya saja jika kamu check-in malam, kamu harus memastikan bahwa resepsionis hotelnya berjaga 24 jam. Jika tidak, kamu harus menginfokan jadwal kedatanganmu terlebih dahulu kepada mereka.

      Hapus
  17. Halo! Terima kasih banyak atas infonya. Ada yang mau saya tanya, apakah bisa check in dengan identitas lain selain di pesanan? Teman saya sudah pesan kamar untuk acara yang akan kami datangi, tapi dia memutuskan untuk ganti hotel. Kamar yang sudah dia pesan diberikan ke saya. Apakah tetap bisa check in?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak bisa menjamin bakal bisa. Bahkan, sebenarnya berdasarkan SOP yang wajar, seharusnya hal seperti ini tidak diperkenankan. Tapi selama masih di Indonesia, banyak hal yang masih bisa dinegosiasikan.

      Jika ingin melakukannya, mungkin kamu bisa berjaga-jaga dengan membawa bukti pembayaran untuk meyakinkan petugas hotelnya. Tapi kami tetap menyarankan temanmu untuk menemanimu ke hotelmu terlebih dahulu untuk membantu sebatas proses check-in.

      Hapus
  18. Kak ini saya Lagi proses bikin e-ktp dikasih surat keterangan/pengganti ktp Kira² surat pengganti itu bisa ga? Buat checkin Hotel?
    Mohon dijawab Terimakasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu belum pesan hotel, kami sarankan untuk menggunakan kartu pelajar saja karena Traveloka juga menerima kartu pelajar kok.

      Mengenai penggunaan surat keterangan/pengganti KTP, kami belum tahu pasti bisa/tidaknya.

      Hapus
  19. Ka kalau kita chek'n jam 12 siang bisa? Atau hanya chek'n dimulai dari jam 2 siang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadwal check-in pada umumnya adalah jam 14.00. Namun beberapa hotel, khususnya hotel kecil, memiliki fasilitas early check-in, dengan syarat selisih waktu biasanya antara 1-2 jam sebelum waktu check-in dan kamar tersedia.

      Jadi untuk kasusmu, jika pihak hotelmu punya fasilitas early check-in (bisa dilihat di fasilitas hotelmu pada Traveloka) dan kamar juga tersedia, kamu pasti bakal diperbolehkan melakukan early check-in.

      Hapus
  20. kalau pakai booking detail dari hp bisa kan yah pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa check-in dengan menunjukkan voucher hotel yang dikirim Traveloka melalui email tanpa perlu mencetaknya.

      Hapus
  21. Kalau check in pakai kartu keluarga itu kk asli atau fotocopy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah check-in dengan kartu keluarga tapi sebaiknya kamu bawa yang asli. Untuk jaga-jaga, bawa juga print-out bukti pembayaran.

      Hapus
  22. Mau nanyak kak hotel mana saja yang meminta buku nikah jika kita membawa pasangan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada daftar khusus yg menerangkan hotel mana saja yg mengharuskan buku nikah untuk pasangan yg mau menginap. Tapi sejauh pengalaman kami, hal ini biasanya berlaku di penginapan-penginapan kecil semacam homestay.

      Hapus
  23. Kak saya belum punya ktp, kartu pelajar juga belum dicetak dari pihak sekolah. Tetapi saya ada kartu identitas anak (KIA) apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kartu Identitas Anak sebenernya berlaku seperti KTP pada umumnya, hanya saja diperuntukkan bagi anak di bawah usia 17 tahun. Jadi, menurut kami, seharusnya bisa-bisa saja digunakan sebagai identitas untuk menginap melalui Traveloka. Tapi masalahnya, kami kurang tahu sudah sepopuler apa penggunaan kartu ini di kalangan masyarakat. Kami khawatir pihak hotel mungkin saja tidak mengetahui tentang kartu ini. Jadi saran kami, kamu membawa KK dan bukti pembayaran untuk berjaga-jaga.

      Hapus
  24. Aku dh bayar mas tpi email gk bs dibuka..bis avhek in gk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu tidak bisa membuka email kamu, kamu bisa mengecek e-ticket kamu pada menu "Pesanan Saya", yang bisa diakses melalui situs (browser) maupun aplikasi Traveloka.

      Hapus
  25. Kak mau tanya kalau saya booking hotel lewat kayak sejenis sales gitu terus uda transfer dan dikirim kode booking berupa file pdf dari emailnya sales tsb, apa bisa saya cek in menggunakan itu saja? Mohon penjelasannya kak makasih

    BalasHapus
  26. bermanfaat sekali artikel ini,, saya berterimakasih bangat kpd penulis blog.

    BalasHapus
  27. Looking for deals? Use the Booking Trolley to find promo codes and discount codes for British Airways Flights bookings starting at $199 BookingTrolley offers British Airways (BA) deals to save

    BalasHapus
  28. If you're searching for red eye flights, you have stand to the right place! We have a many option of red eye flights to choose from firstflytravel, and we make sure to provide cheap prices. All of our red eye flights are designed to provide you with a comfortable and convenient experience, so you can rest assured that your flight will be stress-free. We hope you find the perfect red eye flight for your trip!

    BalasHapus
  29. Do you want to save money on your next flight? Check out United Airlines Reservations at First Fly Travel! We offer amazing discounts and deals on United Airlines Tickets to some of the most popular destinations around the world. So what are you waiting for? Book your flight today!

    If you want to know more about United Airlines, please Visit the website or call at +1-866-383-9353.

    BalasHapus