Jumat, 03 November 2017

CARA MEMESAN TIKET KERETA API DI TRAVELOKA

Untuk memesan tiket kereta di Traveloka, sebenarnya hampir sama dengan memesan tiket pesawat. Sangat disarankan untuk membeli melalui aplikasi Traveloka karena harganya lebih murah daripada melalui browser. Aplikasi ini bisa diunduh gratis pada App Store dan Play Store smartphone kalian.

Baca juga:
CARA MEMESAN TIKET PESAWAT DI TRAVELOKA

Pertama-tama, masuk ke aplikasi Traveloka lalu pilih menu ‘Tiket Kereta Api’. Isi data yang dibutuhkan seperti Kota Asal, Kota Tujuan, Tanggal Berangkat (dan Tanggal Pulang untuk perjalanan Pergi-Pulang), dan keterangan lainnya. Setelah itu klik ‘Cari’.


memesan tiket kereta traveloka

Pada halaman selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan kereta sesuai dengan tanggal dan kota yang kalian masukkan tadi. Kalian tinggal pilih kereta yang sesuai dengan keinginan, jam, dan budget.


cara pesan tiket kereta traveloka

Di halaman ini, ada tiga opsi menu yang tersedia, yaitu ‘Urutkan’, ‘Filter’, dan ‘Tanggal Lain’. Pada menu ‘Urutkan’, terdapat 4 pilihan, yaitu harga terendah, waktu berangkat, waktu tiba, dan durasi. Sementara untuk ‘Filter’, kalian bisa melakukan filter kereta dengan lebih detail, misal waktu berangkat atau nama kereta. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jika ingin mengganti tanggal, kalian bisa memilih ‘Tanggal Lain’ dan tidak perlu kembali ke menu awal.

cara mudah pesan tiket kereta traveloka


cara mudah memesan tiket kereta traveloka

Setelah memilih kereta yang diinginkan, kalian harus mengisi data pemesan dan data penumpang. Pada data pemesan, hanya dibutuhkan nama, alamat email, dan nomor telepon. Sementara untuk data penumpang, yang perlu diisikan adalah nama, titel, dan jenis tanda pengenal (KTP/SIM/Paspor) beserta nomornya. Setelah semua diisi dan disimpan, bisa lanjut ke ‘Pilih Kursi’.

pesan tiket kereta traveloka


cara lengkap dan mudah pesan tiket kereta traveloka

cara lengkap dan mudah pesan tiket kereta traveloka

memesan tiket kereta via traveloka

Proses pemilihan kursi ini bersifat opsional. Artinya, jika kalian tidak mau melakukan pemilihan kursi, kalian bisa langsung loncat ke langkah berikutnya, yaitu ‘Lanjut Ke Pembayaran’.

cara gampang memesan tiket kereta via traveloka

cara gampang pesan tiket kereta via traveloka

Setelah itu, akan muncul review pembayaran. Klik ‘Lanjut Ke Pembayaran’ lagi. Review bisa dilihat sewaktu-waktu di bagian ‘Detail’ yang terletak di kanan atas.

cara pesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

panduan pesan tiket kereta via traveloka bagi pemula


panduan cara pesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

panduan cara memesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

Pada bagian pembayaran, ada beberapa alternatif pembayaran yang bisa kalian pilih. Sesuaikan juga dengan batas waktu pembayaran yang dicantumkan ya, karena untuk masing-masing jenis pembayaran, sisa waktunya juga berbeda-beda. Biasanya untuk pembayaran transfer lewat internet banking, ada batas waktunya. Artinya, di waktu-waktu tertentu, misalnya di malam hari, pembayaran dengan cara ini tidak tersedia.

cara memesan tiket kereta via traveloka bagi pemula


tips dan cara memesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

Setelah memilih jenis pembayaran dan banknya, akan muncul tagihan yang harus dibayar yang telah ditambahkan atau dikurangi angka-angka tertentu sehingga total dari nilai tagihan selalu diakhiri dengan tiga digit angka yang unik. Kalian harus mentransfer dengan nominal yang sama persis sampai tiga digit terakhir sesuai yang diberikan oleh Traveloka. Perhatikan baik-baik juga syarat dan ketentuan yang ada pada masing-masing jenis pembayaran yang telah kalian pilih. Jika telah selesai mentransfer, kalian tinggal memencet ‘Sudah Bayar’.

tips mudah memesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

tips lengkap memesan tiket kereta via traveloka bagi pemula

cara memesan tiket kereta api di traveloka

Waktu pemrosesan pembayaran kalian maksimal 10 menit. Kalian bisa menutup aplikasi dan mengecek status penerbitan e-ticket kalian di menu ‘Cek Pesanan’ setiap saat. Tapi jika pemrosesan belum terdeteksi, kalian diharuskan mengunggah bukti pembayaran. Caranya gampang, tinggal pencet ‘Upload’ dan ambil gambar bukti transfer—yang sebelumnya telah kalian foto—dari galeri ponsel kalian.

cara pesan tiket kereta api di traveloka


cara mudah pesan tiket kereta api di traveloka

Setelah tiket diterbitkan, kalian akan mendapatkan SMS dan email e-ticket kalian. Selamat ya karena kalian sudah memiliki tiket kereta ke kota tujuan.

Nah, setelah tiket sudah di tangan, kalian bisa lanjut untuk memesan hotel untuk menginap selama kalian di tempat tujuan.

Baca juga:
CARA MEMESAN HOTEL DI TRAVELOKA

Di bagian kiri atas halaman depan Traveloka terdapat tanda garis tiga untuk melihat menu-menu lain. Menu 'Cek Pesanan' dapat kalian gunakan untuk mengecek status pembayaran kalian. Jadi kalian tidak harus cemas menunggu karena di situ kalian bisa mengetahui apakah status pemesanan kalian masih dalam proses atau telah selesai. Kalian juga bisa mengganti bahasa dari Bahasa Indonesia ke beberapa bahasa lain. Selain itu, juga ada pilihan jenis mata uang yang bisa digunakan.

cara gampang pesan tiket kereta api di traveloka

panduan lengkap cara pesan tiket kereta api di traveloka



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH BALI 4 HARI 5 MALAM (4D5N): HARI PERTAMA (14 AGUSTUS 2017)

PENGALAMAN NAIK KERETA MALAM JURUSAN SURABAYA - DENPASAR, BALI


6 komentar:

  1. Setelah dapet email e-tiket terus diapain??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di dalam e-ticket terdapat kode booking yang bisa kamu gunakan untuk mencetak tiket di stasiun. Atau untuk lebih mudahnya, kamu juga bisa men-scan barcode yang ada di aplikasi Traveloka-mu.

      Tapi tiket baru bisa dicetak maksimal tujuh hari sebelum jadwal keberangkatan dan hanya bisa dicetak di stasiun keberangkatan.

      Hapus
    2. Berati , kalo udah pesan ditraveloka , bisa cetak kapan aja kan kak , kalo dicetaknya waktu mau brngkat gpp kan ,

      Hapus
    3. Iya. Tidak apa-apa. Paling lambat sebelum naik (hari H), paling cepat H-7.

      Atau kalau kamu mau E-boarding alias tanpa mencetak tiket, kamu bisa baca di laman kami berikut:
      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.com/2019/09/cara-check-in-kereta-api-dengan-e-boarding-pass-kai-access.html?m=1

      Semoga membantu.

      Hapus
  2. Klo pembayaran via alfam**t/indom**t gimana caranya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat akan melakukan pemesanan, terlebih dahulu pilih metode pembayaran "Indomaret". Catat KODE PEMBAYARAN-mu (ingat, kode pembayaran tidak sama dengan booking id).

      Setelah itu, kamu perlu pergi ke gerai Indomaret dalam jangka waktu yang ditentukan di aplikasi. Kamu tinggal bilang mau bayar Traveloka dan setelah itu, tunjukkan Kode Pembayaran tadi. Semua proses akan dikerjakan oleh kasir. Selanjutnya kasir akan memberimu bukti terima pembayaran dan kamu akan dikenai biaya transaksi sebesar IDR 5.000. Setelah pemesananmu selesai diproses, segera lakukan konfirmasi dan e-tiket/voucher hotel akan dikirim ke alamat email kamu.

      Untuk metode pembayaran ini, waktu pembayaran paling lambat adalah pukul 23.00 dan jumlah transaksi maksimal IDR 5.000.000. Metode ini juga hanya berlaku untuk pemesanan tiket pesawat atau kamar hotel paling lambat tiga hari sebelum check-in.

      Hapus