Sabtu, 22 Juli 2017

KERETA 24 SENANDUNG SUTERA: PENGALAMAN TIDUR DI KERETA MALAM JURUSAN JOHOR BAHRU – KUALA LUMPUR

Per 19 Mei 2016, rute kereta dari Johor Bahru menuju ke Kuala Lumpur (atau sebaliknya) telah mengalami perubahan. Jika sebelumnya kita bisa naik kereta jarak jauh KTM Intercity Express Train dari Johor Bahru langsung ke Kuala Lumpur, sekarang kita harus terlebih dahulu naik Shuttle/Intercity Train dari Johor Baru menuju ke Gemas, baru setelah itu naik KTM ETS (Electric Train Service) dari Gemas menuju ke Kuala Lumpur. Hal ini berlaku juga sebaliknya. Dengan menggunakan kereta yang sama, kita pun bisa melanjutkan perjalanan ke Ipoh, Butterworth, dan Padang Besar. KTM Intercity Express Train No. 24 Senandung Sutera, per tanggal yang sama, telah berhenti beroperasi.

Singapura dan Malaysia adalah dua negara tujuan wisata paling populer bagi orang Indonesia. Dan kebanyakan traveler, baik pribadi maupun menggunakan jasa agen, memasukkan dua negara ini dalam satu paket wisata mereka. Tak heran banyak yang mencari cara agar perjalanan mereka saat bepergian antara kedua negara tersebut mudah.

Baca juga:
RUTE DAN JADWAL LENGKAP SERTA TARIF (HARGA) ELECTRIC TRAIN SERVICE (ETS) DARI DAN KE GEMAS

Malaysia dan Singapura memang tidak berbatasan darat. Tapi karena telah dibangun jembatan yang menjadi penghubung kedua negara, transportasi darat tetap bisa dijadikan alternatif untuk berpindah antar kedua negara tersebut. Selain bus, moda transportasi lain yang bisa dipilih adalah kereta api.

Perjalanan darat menuju Malaysia dengan menggunakan kereta api akan terlebih dahulu dimulai dengan menyeberangi Singapura – Malaysia menggunakan Shuttle Train. Perjalanan akan dimulai dari Woodlands Train Checkpoint, Woodlands, Singapura dan berakhir di Stasiun JB Sentral, Johor Bahru, Malaysia (berlaku sebaliknya). Setelah sampai di Stasiun JB Sentral Johor Bahru inilah perjalanan sesungguhnya dengan menggunakan kereta dimulai.

cara naik kereta senandung sutera

Baca juga:
TRAVELING SINGAPURA (SINGAPORE) – MALAYSIA MELALUI DARAT

Seperti halnya Shuttle Train, kereta jarak jauh ini juga dikelola oleh Keretapi Tanah Melayu Berhard (KTMB), sebuah perusahaan perkeretaapian milik Malaysia. Di semenanjung Malaysia, hanya ada dua jalur kereta yang beroperasi. Dua-duanya adalah milik KTMB.

Jalur pertama (North–South Line) melewati Johor Bahru, Kuala Lumpur, Ipoh dan Butterworth.  Di Butterworth ini selanjutnya kalian bisa naik kapal feri untuk menyeberang ke George Town di Penang Island. Jalur kereta ini akan berlanjut hingga ke Thailand. Sementara jalur yang satunya (East Coast Line) memiliki frekuensi yang lebih jarang. Rutenya melintasi pusat negara sepanjang "The Jungle Railway" sampai ke perbatasan Thailand yang dekat dengan Kota Bharu.

Karena kami juga belum pernah naik yang rute kedua, pada artikel ini, kami hanya akan membahas rute pertama.

Seteleh turun dari Shuttle Train di Stasiun Johor Bahru, kita akan langsung diarahkan menuju ke tempat penjualan tiket. Di tempat yang luas ini, selain tempat pembelian tiket, juga terdapat beberapa tempat makan, mushola, toilet, dan juga tempat penukaran mata uang asing. Jika kalian masih mempunyai sisa uang Singapore Dolar sebaiknya kalian tukarkan uang kalian di sini agar persediaan Ringgit Malaysia kalian semakin banyak.

cara naik kereta tidur di malaysia

cara naik kereta tidur dari johor bahru ke kuala lumpur

pengalaman naik kereta tidur dari johor bahru ke kuala lumpur

Tiket bisa dipesan secara online ataupun langsung di tempat. Saat itu, kami membeli secara go show. Dan ternyata, untuk pembelian go show ini terdapat konter tiket yang terpisah dari konter tiket pemesanan untuk hari yang berbeda.

harga tiket kereta tidur dari johor bahru ke kuala lumpur

harga tiket kereta tidur dari johor bahru ke melaka

Saat membeli tiket, kalian akan ditanyai tipe gerbong yang akan kalian pilih. Untuk perjalanan jarak jauh ini, terutama untuk malam hari, sebaiknya kalian memilih yang berbentuk tempat tidur (berth). Dan jika memilih berth, karena tempat tidurnya susun, maka pilihlah yang bagian bawah karena menurut kami memang lebih nyaman, meskipun tentunya harganya lebih mahal. Kalau kalian termasuk pembeli awal, kalian akan ditanyai oleh petugasnya untuk memilih berth atas atau bawah. Tapi jika ketersediaan tempat telah terbatas, maka kalian harus ikhlas mendapatkan berth manapun.

Kereta yang akan kita gunakan ini bermacam-macam jenisnya. Yang pernah kami naiki adalah kereta malam yang berangkat sekitar pukul sebelas. Kereta tersebut bernomor 24 dengan nama Senandung Sutera.

Sekitar setengah jam sebelum keberangkatan, petugas telah membuka pintu ke arah peron. Kita tinggal berjalan saja sesuai petunjuk arah menuju tempat kereta telah menunggu.

pengalaman naik kereta tidur dari johor bahru ke melaka

Carilah gerbong yang sesuai dengan yang tertera di tiket. Setelah itu carilah kursi/tempat tidur kalian. Sebelum keberangkatan, petugas akan mendatangi masing-masing orang untuk mendata stasiun tujuan para penumpang. Dari pendataan ini, petugas akan membangunkan masing-masing penumpang sesuai tujuannya. Jadi jika jadwal kedatangan kalian di stasiun tujuan kalian masih di jam-jam kalian tidur, kalian tidak perlu khawatir karena petugas akan membangunkan kalian. Seperti yang pernah kami alami saat kami ke Melaka dulu. Kami sampai di stasiun terdekat untuk menuju Melaka, yaitu Stasiun P. Sebang/Tampin, sekitar pukul 05:00 pagi, dan sekitar 15 menit sebelum sampai petugas telah datang dan memastikan kami telah bangun.

Pengalaman Pertama Tidur di Kereta Tidur yang Nyaman

Karena perjalanan kami waktu itu malam hari, kami tentu saja memilih gerbong dengan tempat tidur atau berth. Lagipula kami belum pernah naik kereta semacam ini sebelumnya. Jadi kami penasaran.

Ternyata memang kami tidak salah pilih. Dengan harga yang lebih mahal, kami bisa mendapatkan kenyamanan lebih. Gerbong berth ini terdiri dari dua lajur tempat tidur yang memanjang di sepanjang dinding, dengan lorong untuk berjalan terdapat di tengah-tengah kedua lajur itu. Ada beberapa deretan berth di setiap lajur (kami tidak tahu pasti berapa banyaknya, tapi lebih dari lima) dan masing-masing berth terdiri dari dua susun.

cara naik kereta tidur dari johor bahru ke melaka

Masing-masing tempat tidur dilengkapi dengan sebuah bantal. Selain itu, di bagian yang berbatasan dengan lorong dilengkapi dengan kelambu yang membuat privasi kita lebih terjaga. Di bagian yang berbatasan dengan luar, ada kaca yang panjangnya sama dengan panjang tempat tidur, yang juga dilengkapi dengan kelambu. Kalau ingin menikmati suasana malam Johor Bahru dan kota-kota lain, kita bisa membukanya, tapi jika ingin lebih lelap tidur kita bisa menutupnya.

harga tiket kereta 24 senandung sutera malaysia

tempat membeli tiket kereta 24 senandung sutera malaysia

tempat membeli tiket tidur johor bahru

Panjang tempat tidurnya kurang lebih 165 cm karena sangat pas dengan tubuh si kembar. Tapi suami kembar B yang tingginya 180 harus rela menekuk kakinya. Jadi bagi kalian yang tingginya di atas 165 cm harus siap-siap menekuk kaki ya. Hehehe.

Secara garis besar, kami merasa nyaman saat tidur di sini. Kasurnya lumayan empuk dan sprei serta sarung bantalnya bersih. Suasananya juga cukup tenang meskipun di luar tempat tidur kami masih ada aktivitas orang naik turun kereta. Dan juga ada penumpang baru yang naik di berth di atas kami.

Sayangnya, kami tidak sempat mencoba toiletnya karena terlanjur capek. Keesokannya pun kami juga tidak menggunakan toilet di kereta karena memang hectic mau turun dan memutuskan untuk menunda “panggilan alam” di Stasiun P. Sebang/Tampin.

Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KEDUA (18 AGUSTUS 2015)

CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)

CARA NAIK BUS GRATIS GOKL (GO KL) DI KUALA LUMPUR

CARA NAIK MONOREL (MONORAIL) & LRT DI MALAYSIA

1. kalau naik kereta ini dari kuala lumpur ke malaysia caranya bagaimana yah? kok saya cek di website KTMB dari kuala lumpur ke JB sentral ga ada?

Balasan
    1. Sebelumnya kami mohon maaf karena masih belum sempat meng-update artikel ini sesuai kondisi terbaru. :)

Memang per 19 Mei 2016, rute kereta dari Johor Bahru - Kuala Lumpur (atau sebaliknya) telah berubah. Jika sebelumnya kita bisa langsung naik kereta jarak jauh (KTM Intercity Express) dari Johor Bahru langsung ke Kuala Lumpur, sekarang kita harus terlebih dahulu naik Shuttle Train dari Johor Baru menuju ke Gemas, baru setelah itu naik KTM ETS (Electric Train Service) dari Gemas menuju ke Kuala Lumpur. Hal ini berlaku juga sebaliknya. Perlu diketahui bahwa ETS ini adalah pengganti dari kereta Intercity Express (salah satunya adalah kereta 24 ini) yang kini sudah tidak beroperasi.

Jadi jika ingin ke Johor Bahru dari Kuala Lumpur, kamu harus terlebih dahulu naik kereta KTM ETS menuju ke Gemas, untuk pada akhirnya disambung Shuttel Train dari Gemas menuju ke Johor Bahru.

Terima kasih sudah mampir. Semoga membantu dan semoga kami segera bisa meng-update artikel kami sesuai kondisi terbaru. Hehehe. Karena itu, jangan lupa mampir lagi lain waktu ya. ;)

Hapus
    2. Kalau update yang sekarang itu kalau dari Johor baru ke kuala lumpur itu gimana ka?

3. Sekarang, untuk menuju ke KL, kita harus naik shuttle train dari JB Sentral ke Gemas terlebih dahulu, setelah itu baru lanjut naik kereta ETS dari Gemas ke KL.

Untuk jadwal shuttle train JB sentral-Gemas PP baca ini:

Untuk jadwal ETS dari dan ke Gemas baca ini:

2. Berart bisa di bilang sudah tidak ada sleeper train lagi yah
    Dan saya lihat harga nya jadi lebih mahal

Balasan
    1. Sleeper train-nya masih ada, yaitu pada Shuttle Train Johor Bahru - Gemas maupun sebaliknya. Untuk info lengkap, baca juga laman kami yang ini:

Memang harganya menjadi lebih mahal. Sebagai contoh, jika sebelumnya untuk kereta tidur Johor Bahru - Kuala Lumpur kita hanya perlu membayar MYR 37, sekerang kita harus membayar MYR 33 untuk Shuttle Train (sleeper) Johor Bahru - Gemas, ditambah MYR 31 untuk ETS Gemas - Kuala Lumpur. Untuk lebih lengkapnya, kunjungi laman kami berikut:

Terima kasih sudah mampir. :)

Hapus
  3. Klo dari KL ke Singapura sdh tdk bisa langsung pake sleeper train?

Balasan
    1. Tidak bisa langsung.Jadi dari KL naik ETS ke Gemas, setelah itu oper Shuttle Train ke Johor Bahru (ada kereta sleeper-nya), dan yang terakhir oper Shuttle Train ke Singapura.

Untuk info lanjut tentang ETS kunjungi laman kami berikut:

Untuk info lanjut tentang Shuttle Train dari dan ke Gemas kunjungi laman kami berikut:

Untuk info lanjut tentang Shuttle Train Johor Bahru - Singapura kunjungi laman kami berikut:

Hapus
  4. kul biasanya kan jd tempat transit dari cgk kalo mau ke hk. tapi kali ini saya mau ke hk tapi dengan 2 kali nomor penerbangan , cgk- kul dan kul - hk dalam hari yang sama. saya mauu tanya apa boleh sama imigrasinya masuk dan keluar kul dalam 1 hari? dan dalam beberapa hari balik lagi dari hk ke kul. thanks :)

5. Kalau naik train ini dari johor bahru ke singapura bisa? Berapa lama perjalanan? Naiknya dari JB Sentral? Kalau mau beli tiket onlinenya, web nya apa?

Balasan
    1. Bisa, naiknya dari JB Sentral dan waktunya juga sama, yaitu hanya 5 menit. Untuk memesan tiket online bisa melalui www.ktmb.com.my.

Terima kasih sudah mampir :)

Hapus
  6. Thanks responsenya kak. Karena saya plan bawa baby. Jd nyari transportasi yg nyaman. Kalo naek kereta api antri imigrasi jg 2 kali ya? Panjang jg gk antrinya? Trus kalo ud turun di woodland transportasi apa yg paling efektif karena bawa2 koper jg. Tq sblmnya ya

Balasan
    1. Iya. 2x imigrasi. Yaitu saat masuk dan keluar kereta. Antriannya tidak sampai mengular. Standar saja.

Kereta akan berhenti di Woodlands Train Checkpoint. Transportasi paling nyaman di Singapura menurut kami adalah MRT. Tapi untuk menuju ke stasiun MRT di Woodlands, keluar dari stasiun kereta kamu harus naik bus terlebih dahulu dan turun di Woodlands Regional Bus Interchange.

Sampai d Woodlands Regional Bus Interchange kamu tinggal naik 1 lantai ke Stasiun MRT Woodlands. Dari situ, kamu bisa naik MRT dengan terlebih dahulu membeli Standard Ticket, EZ-Link Card biasa, atau Singapore Tourist Pass. Kalau misal ada budget lebih, demi kenyamanan, kamu bisa juga naik taksi.

Untuk standard ticket, kamu bisa kunjungi laman kami:

Untuk Singapore Tourist Pass (STP) kamu bisa kunjungi laman kami berikut:

Hapus
  7. Kak, terus kalau dari Gemas ke Kuala Lumpur cara nya bagaimana?

Balasan
    1. Kamu harus naik Electric Train Service (ETS) dari Gemas.
      Untuk jadwal lengkap beserta harga tiket ETS dari Gemas ke Kuala Lumpur dan kota-kota lain (dan sebaliknya), kamu bisa kunjungi laman kami berikut:

Semoga membantu. :)

Hapus
    2. Aku baca kan dari JB Sentral ke Gemas estimasi nya sampai Gemas jam 03.33 ya? Kalau dari Gemas ke KL Sentral paling pagi jam 07.05 ya ka'?
      Jeda nya lumayan lama ya.. T_T
      Kalau naik bus rekomend ga sih ka'?

Hapus
    3. Benar, memang pada jam itu kalau kamu memilih naik kereta, ada jeda waktu yang lama dan itu tentu saja sangat tidak menguntungkan.

Sementara dengan naik bus, berdasarkan info yang kami dapat, salah satu kelebihannya adalah tidak perlu ke Gemas karena bisa langsung naik dari Terminal Bus JB Sentral yang letaknya tak jauh dari stasiun kereta. Perjalanannya memakan waktu sekitar 4 jam. Ada beberapa armada bus yang beroperasi, salah satunya adalah KKKL yang pernah kami naiki dari Melaka menuju KL. Dan menurut kami busnya cukup oke. Sayangnya, bus ini hanya berhenti di Terminal Bersepadu Selatan dan untuk mencapai pusat KL kamu harus oper LRT terlebih dahulu.

Namun, karena belum pernah mencoba naik bus dari JB menuju KL, kami tidak bisa merekomendasikan apapun. Jadi semua tergantung pada kebutuhan dan preferensi kamu. Semoga membantu. :)

Hapus
  8. Jadi kl kita mau ke KL dari JB sentral, kita harus naik train JB sentral - gemas setelah itu sambung lagi dr Gemas - KL Sentral ya? Dan tiket Gemas -KL sentral tidak ada lagi yg type slepper train ya mba?

Balasan
    1. Benar, harus naik dari JB Sentral ke Gemas lanjut Gemas ke KL.
      Gemas-KL tidak ada sleeper train-nya, tapi JB Sentral-Gemas masih ada.

Untuk jadwal shuttle train JB sentral-Gemas PP baca ini:

Untuk jadwal ETS dari dan ke Gemas baca ini:

Hapus
  9. Ka, boleh tanya. Kalau mau naik kereta dari woodlands ke johor bahru bgmn caranya? Stasiun woodlands dekat dgn MRT Woodlands? Atau mesti jalan kaki atau naik taksi dulu? Lalu sampai di stasiun johor bahru kalau ingin ke terminal larkin caranya bagaimana? Terima kasih byk

Balasan
    1. Untuk menuju ke Woodlands Train Checkpoint, kamu bisa naik bus. Jadi, begitu kamu turun dari MRT di Stasiun MRT Woodlands, kamu tinggal turun satu lantai ke Woodlands Regional Bus Interchange, kemudian naik bus nomor 911, 912, 913, atau 913A. Setelah itu, kamu bisa turun di Woodlands Train Checkpoint.

Sesampainya di Woodlands Train Checkpoint, kamu tinggal membeli tiket kereta KTMB menuju Johor Bahru dan bisa naik ke kereta setelah melalui beberapa proses termasuk pemeriksaan barang dan paspor. Selengkapnya bisa kamu baca di http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/2015/12/singapura-malaysia-melalui-darat

Kami belum pernah ke Terminal Bus Larkin sebelumnya. Namun, dari informasi yang kami dapat, kamu bisa naik bus dari Terminal Bus JB Sentral ke Terminal Bus Larkin. Kamu cukup mencari bus yang ada tulisan jurusan ke Larkin. Untuk Terminal Bus JB Sentral sendiri, lokasinya ada di samping Stasiun Kereta JB Sentral.

Semoga jawaban kami membantu ya... :)

Hapus
  10. Permisi, boleh nanya nggak? Kalo misalnya sy sampai di bandara internasional KL mau menuju ke singapura. Sy harus ambil tranportasi dan jalur apa ya? Mohon penjelasanya. Terima kasih

Balasan
    1. Dari KLIA, kamu bisa naik KLIA Ekspres atau KLIA Transit untuk menuju KL Sentral. Kemudian dari KL Sentral, kamu bisa naik kereta ETS (Electronic Train Service) turun di Gemas, setelah itu oper Shuttle Train dari Gemas menuju ke Johor Bahru Sentral. Nah, di Johor Bahru Sentral ini, kamu bisa membeli tiket kereta untuk menuju ke Singapura.

Namun, dengan cara ini, biaya dan waktu yang dibutuhkan akan sangat banyak. Jadi, seandainya kamu nggak ingin mampir-mampir dan ingin langsung ke Singapura, ada baiknya kamu naik pesawat saja karena tentu lebih efisien secara waktu dan biaya.

Namun, jika kamu memang tetap ingin menggunakan cara pertama, yaitu ke Singapura lewat darat, kamu bisa membaca keterangan lengkap dari masing-masing moda transportasi tersebut di artikel-artikel berikut ini:

- Untuk KLIA Ekspres dan KLIA Transit:

- Untuk kereta menuju Singapura

Hapus
  11. Mau tanya mba, kalau saya dr jb sentral mau ke melaka.. Naik kereta bisa lgsg dr jb sentral-melaka? Brp yah tarif nya kira2 mba?

Balasan
    1. Per 19 Mei 2016, untuk tujuan Melaka, kita tidak bisa naik kereta langsung dari JB Sentral.

Pertama, kita harus naik Shuttle Train dari JB Sentral menuju Gemas terlebih dahulu. Setelah itu, kita harus oper kereta ETS. Untuk ke Melaka, kamu bisa turun di stasiun terdekat, yaitu Stasiun Batang Melaka atau P. Sebang/Tampin. Yang pernah kami coba saat ke Melaka tahun 2015 dulu adalah turun di Stasiun P. Sebang/Tampin.

Kamu bisa membaca keterangan lengkap dari masing-masing moda transportasi tersebut di artikel-artikel berikut ini:

- Untuk Shuttle Train:

Untuk pengalaman kami menuju ke Melaka baca ini:

Hapus
  12. Hallo kak.. Mau tanya saya rencana mau ke singapore hanya mau universal lalu lanjut ke kuala lumpur, bisa tlong recomnd hotel Daerah mana yg strategis untuk memudahkan lanjut ke kuala lumpur dan transport apa saja yg lbh mudah digunakan untuk sana..mohon bantuannya ya kak harus lewat mana2 saja untuk ke kuala lumpur

Balasan
    1. Jika kamu hanya ingin ke Universal lanjut ke Kuala Lumpur, cara termudah adalah dengan naik pesawat. Karena kalau menggunakan jalan darat akan sangat ribet. Kecuali kamu memang benar-benar ingin merasakan sensasi menyeberang Singapura - Malaysia melalui darat, kami tetap menyarankan pesawat.

Sebenarnya penjelasanmu mengenai hotel kurang begitu detail. Jika kamu memilih pesawat dan jadwalmu mepet, lebih baik kamu memilih menginap di tempat yang dekat dengan bandara. Atau jika penerbanganmu sangat pagi, kamu malah bisa menginap semalam di bandara.

Baca artikel kami tentang pengalaman kami menginap di Changi di sini:

Jika kamu memang menginginkan perjalanan darat, kamu bisa membaca artikel kami berikut:
      ini:

Untuk Shuttle Train Singapura - Malaysia:

Hapus
  13. Hi kak, saya mau tanya rencana akhir maret mau ke KL - Melaka - Genting - SIN.

Mau tanya kl seandainya dr melaka / genting ke SIN yg mudah naik apa yah? Biasanya waktu yg ditempuh itu brp lama?
    Lebih mudah beli secara go show / online aja dr jauh2 hr?
    Mengingat akhir maret ada hari raya libur jg.

Trs ada rekomen hotel untuk di melaka kah?
    Trs ada info mengenai Jonker Street Melaka yg bukanya setiap weekend saja apa itu betul (Jumat - Minggu) mlm?

Thanks yah infonya

Balasan
    1. Sebelum kami jawab, ada baiknya kamu mengganti rute perjalananmu menjadi seperti ini: KL - Genting - KL - Melaka - Singapura.

Nah, jika seperti itu, berarti untuk menuju Singapura kamu mulai dari Melaka (bukan Genting). Transportasi yang bisa digunakan adalah bus atau kereta. Jika menggunakan kereta baru pengganti Kereta 24, kamu harus mengalami oper dan harus menunggu kereta berikutnya, sehingga waktu tempuh total bisa sangat lama. Kami lebih menyarankan menggunakan bus meskipun kami sendiri belum pernah mencobanya. Jika menggunakan bus, waktu tempuh mungkin kurang dari 6 jam.

Ada kemungkinan pada hari libur, banyak warga Indonesia yang ke Malaysia dan menjadikan negara itu sangat ramai. Jika kamu takut kehabisan tiket, kamu bisa membeli secara online.

Waktu di Melaka kemarin kami tidak menginap jadi tidak bisa merekomendasikan hotel manapun. Kamu bisa mencari informasi di situs booking online dan bisa menyesuaikan pilihan hotel sesuai kebutuhan kamu, misalkan yang sesuai budget atau yang dekat dengan tempat tertentu.

Untuk Jonker Street sendiri memang merupakan daerah yang buka secara maksimalnya pada Jumat dan Sabtu malam saja. Di luar itu, tetap ada toko-toko suvenir yang buka jika kamu menginginkan membeli oleh-oleh.

14. Hi kak,
    Sy mau tanya nih:
    1.dari johor menuju singapura kan turun di woodland train point..dari sana kita bisa naik apa kak menuju mrt di singapura?
    2.pas balik nya dari singapura menuju johor kan harus ke woodland train point caranya gimana? Naek mrt jurusan atau jalur yg warna apa?
    3. Apakah benar dari woodland point ke bugis sangat dekat?

Thans atas infonya ya

Balasan
    1. 1. Dari Woodlands Train Checkpoint, stasiun MRT terdekat adalah Stasiun MRT Woodlands. Untuk menuju ke Stasiun MRT Woodlands tersebut, kamu bisa naik bus SMRT yang lewat di depan Woodlands Train Checkpoint, antara lain Bus SMRT No. 178, 911, 913, dan 950. Karena banyak pilihan, kamu bisa langsung memilih mana yang paling cepat datang. Jika ragu, kamu bisa bertanya ke orang yang ada di sekitar situ atau ke sopir bus sebelum bus berjalan.

2. Untuk menuju ke Woodlands Train Checkpoint, kamu terlebih dahulu harus menuju ke Stasiun MRT Woodlands. Nah, satu-satunya jalur MRT yang melewati Stasiun MRT Woodlands adalah MRT North South Line. Jadi, dari titik manapun kamu berada di Singapura, kamu harus naik MRT North South Line untuk menuju Stasiun MRT Woodlands, entah secara langsung ataupun oper.

Setelah sampai di Stasiun MRT Woodlands, kamu tinggal berjalan turun ke Terminal Bus Woodlands dan naik Bus SMRT No. 856, 903, 911, 912, atau 913 untuk menuju Woodlands Train Checkpoint. Sama seperti jawaban nomor 1, jika ragu, kamu bisa bertanya ke orang yang ada di sekitar situ atau ke sopir bus sebelum bus berjalan.

3. Lokasi Woodlands Train Checkpoint ke Bugis cukup jauh. Bugis berada di pusat kota, sementara itu Woodlands Train Checkpoint berada di pinggiran, dekat dengan Malaysia. Jika naik kendaraan umum, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1,5 hingga 2 jam.

Setelah sampai di Stasiun MRT Woodlands seperti cara nomor 1, kamu kemudian perlu naik MRT North South Line jurusan Marina South Pier turun di Stasiun MRT City Hall. Kemudian, kamu harus oper MRT East West Line jurusan Pasir Ris dan turun di Stasiun MRT Bugis.

Semoga jawaban kami membantu ya...

15. Hai salam kenal
    Mau nanya nih, kalau naik kereta dari jb sentral - gemas - tampin n ternyata tiba di tampin malam sekitar jam 10 malam kira2 ke malakanya naik apa ya?
    Lalu kalau setelah dari malaka mau ke KL apakah harus ke tampin lagi atau ada kereta langsung dr malaka ke KL. Makasih sebelumnya

Balasan
    1. Kami tidak tahu pasti jadwal bus dari Terminal Tampin menuju Terminal Melaka Sentral. Tapi karena daerahnya bukan di kota besar, kami menyimpulkan mungkin tidak sampai malam.

Kalau sampai malam, kamu bisa naik itu. Jika tidak, mungkin kamu bisa menggunakan taksi (tapi kami belum pernah mencobanya dan tidak mengetahui keberadaannya).

Perlu diketahui, per Agustus 2015, kondisi jalan penghubung antara Stasiun Tampin/P. Sebang dengan jalan raya lumayan sepi, jadi kemungkinan akan sedikit mengerikan meskipun sebenarnya insyaallah bakal aman-aman saja.

Jika ingin ke KL naik kereta, kamu harus kembali ke Tampin. Namun saran kami, kamu naik bus saja biar lebih efisien. Kalau naik bus, kamu bisa langsung dari Terminal Bus Melaka Sentral. Banyak bus yang melayani rute langsung Kuala Lumpur di terminal ini.

Hapus
  16. Kak.. sy ada rencana mau ke sin lewat KL krn dapat tiket promo pp KL..
    Apa ada bisa bantu rekomenkan rute? Rencana 6hari sih KL-sin-KL

Balasan
    1. Jika kamu menginginkan rute darat, sebenarnya akan sangat membuang-buang waktu jika satu-satunya yang kamu tuju adalah Singapura. Tapi jika kamu memang menginginkannya, ada baiknya kamu juga mampir ke Melaka karena kota tersebut memang salah satu rute yang dilewati, meskipun tidak bisa langsung dijangkau dengan kereta alias harus oper dulu.

Jika memilih menggunakan kereta, perjalananmu akan dimulai dari KL Sentral. Per 19 Mei 2016 memang ada perubahan rute yang kurang begitu menguntungkan traveler karena ada beberapa kali oper dengan jadwal tunggu yang lumayan lama. Dari KL Sentral kamu harus naik ETS menuju ke Gemas (atau ke Tampin/P. Sebang kalau kamu memang berencana mampir ke Melaka), setelah itu oper Shuttle Train dari Gemas menuju ke Johor Bahru, dan dilanjut Shuttle Train dari Johor Bahru menuju ke Woodlands Singapura.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa membaca keterangan lengkap dari masing-masing moda transportasi tersebut di artikel-artikel berikut ini:

- Untuk kereta menuju Singapura

Untuk lebih simpelnya, mungkin kamu bisa menggunakan opsi transportasi darat yang lain, yaitu bus. Namun kami tidak bisa memberikan informasi lebih lanjut karena kami belum pernah mencobanya.

Jika berencana mampir ke Melaka, jangan lupa kunjungi laman kami berikut:

Hapus
  17. Hai salam kenal dari nia di solo, kalau kita berangkat ke KL kemudian naik sleep train ke singapore, kartu imigrasi kita gimana ya kak? Mohon bantuannya.. thank you sukses untuk blognya ya..

Balasan
    1. Kartu imigrasimu akan diperiksa di bagian imigrasi di stasiun terakhir dari Malaysia, yaitu Stasiun Johor Bahru Sentral, lebih tepatnya, saat kamu hendak naik Shuttle Train menuju ke Stasiun Woodlands Train Checkpoint, Singapura.

Hapus
  18. hay salam kenal mbak , dari changi ke JB apa bisa menggunakan kereta ? klo bisa kita naik dimana ya ?

Balasan
    1. Untuk menuju ke Stasiun JB Sentral dari Changi Airport, kamu bisa naik kereta, kemudian oper bus, dan naik kereta lagi. Perinciannya adalah sebagai berikut:

1. MRT
      - Naik MRT Shuttle jurusan Tanah Merah dari Stasiun MRT Changi Airport (CG2) turun di Stasiun Tanah Merah (CG).
      - Oper MRT East West Line jurusan Tuas Link dari Stasiun Tanah Merah (EW4) turun Stasiun Jurong East (EW24).
      - Oper MRT North South Line jurusan Marina South Pier dari Stasiun Jurong East (NS1) turun di Stasiun Woodlands (NS9).

2. Bus
      Dari Stasiun MRT Woodlands turun 1 lantai ke Termial Regional Bus Interchange, kemudian naik salah satu dari bus-bus nomor 911, 912, 913, atau 913A, turun di Woodlands Train Checkpoint.

3. Shuttle Train
      Naik Shuttle train dari Woodlands Train Checkpoint turun di Stasiun JB Sentral.

Untuk lebih lengkapnya, baca juga artikel kami berikut:

Hapus
  19. saya rencana ke KL lalau ke legoland di Johor, dan mampir di Singapore, gmn perjalanan yg efisien kak ? belum pernah ke LN. THANKS

1. 1. Menuju Johor Bahru
      Jika mencari cara yang paling efisien, kami menyarankan kamu menggunakan bus dari Terminal Bersepadu Selatan jurusan Johor Bahru. Namun karena kami sendiri belum pernah mencobanya, kami tidak bisa memberikan keterangan lebih lanjut.

Namun jika menginginkan transportasi kereta, pertama-tama kamu harus naik ETS dari KL Sentral menuju ke Gemas, setelah itu oper Shuttle Train dari Gemas menuju ke Johor Bahru. Proses ini sebenarnya tidak begitu ribet, hanya saja waktu menunggu kereta berikutnyalah yang membuat perjalanan dengan kereta menjadi kurang efisien.

Untuk lebih lengkapnya bisa kamu baca artikel-artikel kami berikut:

2. Menuju Singapura
      Dari JB Sentral, kami bisa lanjut menggunakan Shuttle Train menuju Woodlands Train Checkpoint, Singapura. Perjalanannya cukup singkat, yaitu hanya sekitar 5 menit.

Untuk lebih lengkapnya, cek laman kami berikut:

Jika memilih naik bus, kamu bisa naik bus dari Terminal Larkin dan turun di Woodlands Checkpoint, Singapura.

Hapus
  20. Maaf saya mau tanya. Setelah saya baca2 utk menggunakan kereta dr KL-Singapore sepertinya agak ribet dan sedikit mahal. Bagaimana kalau menggunakan bus? Mana yg prefer bus atau kereta api? Trims

Balasan
    1. Sejak perubahan rute tanggal 19 Mei 2016, perjalanan Kuala Lumpur - Singapura memang menjadi sangat ribet. Meskipun kami belum pernah mencoba, tapi kami sangat merekomendasikan kamu untuk naik bus saja.

Hapus
  21. Salam kenal...saya blm pernah ke LN, dan berencana ke malaysia akhir tahun ini sekalian ke singapura...dan pingin naik sleeper train...bisakah di info utk sekarang apa sudah ada sleeper train yg langsung dr Kl sentral ke singapura....soalnya bawa anak kecil...kalo harus oper2 kyknya ribet ya.....
    Trims tanggapannya....

Balasan
    1. Sayang sekali tidak ada, karena justru sebaliknya, kereta lama yang langsung dari Kuala Lumpur ke Singapura sekarang diganti menjadi 3 kereta berbeda, seperti telah kami bahas pada artikel-artikel kami. Agar tidak ribet, kamu bisa memilih opsi naik bus saja.

Meskipun kami belum pernah mencoba rute dari Kuala Lumpur ke Singapura dengan bus, berdasarkan pengalaman kami naik bus dari Melaka ke Kuala Lumpur, bus di Malaysia sangat aman dan nyaman. Namun jika naik bus, waktu tempuhnya tentu sangat dipengaruhi oleh kondisi jalan.

Hapus
  22. Kak mau tanya ,kalo dari KL mau ke legoland selain naik bus, bisa naik kereta?, Naiknya dari mana?

Balasan
    1. Bisa. Jika menginginkan naik kereta, kamu harus oper 2x.

Pertama, kamu naik Electric Train Service (ETS) jurusan Gemas dari Stasiun ETS KL Sentral turun di Stasiun Gemas. Untuk jadwal & tarif lengkapnya bisa kamu lihat di sini:

Selanjutnya, kamu oper dengan naik Shuttle Train jurusan JB Sentral dari Stasiun Gemas turun di Stasiun JB Sentral. Untuk jadwal & tarif lengkapnya bisa kamu lihat di sini:

Dengan menggunakan kereta, kamu mungkin saja akan mengalami waktu menunggu yang lama. Untuk lebih jelasnya kamu pelajari dulu jadwal-jadwal kereta dari 2 link yang telah kami berikan tersebut.

Selanjutnya, dari Stasiun JB Sentral kamu bisa naik Causeway Link Bus LM1 jurusan Gelang Patah turun di Legoland (titik penurunan adalah di Mall of Medini) dengan biaya tidak lebih dari MYR 5,4.

Semoga jawaban kami membantu. Terima kasih sudah mampir.

Hapus
  23. Ask... Apakah immigration check authority di simgapura sudah berlaku online ya ?
    Kalo sdah, gmana cara daftarnya ?
    Thanks

1. Mohon maaf, kami belum mendapatkan informasi mengenai itu. 🙏🙏

Hapus
  24. Jdi mksdny sleeping train inii g lgsg dr kl senter k singapore kak? Ap ribet kl utk pemula?
    Cz sy ad rncna k kl-sin akhr bln ini backpacker sm anak" n 2 3 rncna mw cbain sleeping train..

Balasan
    1. Iya, tidak bisa langsung. Bahkan sejak 19 Mei 2016, kereta dari KL Sentral yang bisa langsung ke Johor Bahru (daerah perbatasan Malaysia - Singapura) sudah berhenti beroperasi yang digantikan oleh 2 jenis kereta yang menghubungkan KL Sentra - Gemas dan Gemas - Johor Bahru.

Dengan sistem baru ini, kami sangat tidak merekomendasikannya untuk perjalanan KL Sentral - Singapura karena akan sangat ribet, apalagi bagi pemula dan yang membawa anak kecil. Selain kita harus oper 3x (KL Sentral - Gemas, Gemas - Johor Bahru, Johor Bahru - Singapura), jadwal antar keretanya pun sangat tidak sinkron sehingga waktu kita bisa terbuang sia-sia hanya untuk menunggu kereta berikutnya. Waktu tunggunya bahkan bisa lebih dari 2 jam.