Rabu, 26 Juli 2017

CARA MENITIPKAN BARANG/TAS DI LEFT BAGGAGE CHANGI AIRPORT

Jika kalian harus transit di Singapura dalam waktu yang cukup lama, tentu kalian juga ingin keluar dari dalam bandara dan menikmati Singapura barang beberapa saat. Masalahnya, kadang kita membawa bawaan yang lumayan banyak, entah itu berupa tas, carrier, koper, atau bawaan lainnya. Tentu ini bisa merepotkan ketika akan melakukan perjalanan, apalagi jika waktu transit kalian tidak sangat panjang.

cara menitipkan barang di changi airport

Kabar baiknya, Changi Airport ini sangat paham akan kebutuhan kita. Sebagai salah satu bandara yang tersibuk dan sering dijadikan tempat transit, Changi Airport melengkapi diri dengan banyak fasilitas, salah satunya adalah fasilitas Left Baggage. Tentu ini akan sangat membantu, khususnya kita yang membawa banyak barang dan ingin keluar bandara dengan lebih nyaman. Bahkan, kalian yang hanya sekadar ingin mengeksplorasi atau belanja di bandara tanpa direpotkan barang bawaan juga bisa memanfaatkan fasilitas ini lho. Layanan ini beroperasi 24 jam sehari.

Langkah-Langkah Menitipkan Tas di Left Baggage Changi Airport


1. Cari letak Left Baggage terdekat dengan lokasimu saat itu

Itu artinya, kalian harus menyesuaikan dengan lokasi terminal kalian. Di Changi terdapat 4 terminal dan Left Baggage ini ada di tiap-tiap terminalnya kok. Ada papan petunjuk yang dengan jelas menunjukkan lokasinya. Namun, jika kebingungan, ada baiknya kalian langsung bertanya ke petugas informasi.

2. Serahkan tas kalian untuk ditimbang dan dicatat

Begitu menemukan kantor Left Baggage, kalian tinggal menyerahkan tas kalian pada petugas. Jika tas kalian dimensinya kecil dan tidak terlihat berat, seperti tas tangan misalnya, mungkin tas kalian akan langsung masuk kategori tertentu tanpa harus ditimbang. Namun, untuk tas yang besar seperti carrier atau koper, petugas kemungkinan akan menimbangnya untuk kemudian menentukan tas kalian masuk kategori apa.

cara menitipkan tas di bandara changi

3. Bayar jasa penitipan tas

Begitu ketahuan kategorinya, kalian juga akan tahu berapa uang yang harus kalian bayarkan. Petugas akan meminta paspor (kalau berkelompok, hanya akan diminta salah satu), mencatat, dan mentotal biayanya. Kalian akan mendapatkan nota setelah pembayaran. Nota ini bisa digunakan untuk mengambil tas nantinya. Namun, jika hilang, paspor kalian—yang tadi dicatat oleh petugas—bisa juga digunakan sebagai pengganti nota.

Baca juga:
CARA DAN TIPS MUDAH MEMBUAT PASPOR VIA ONLINE

Biaya Penitipan di Left Baggage Changi Airport


Kategori
Biaya (tiap 24 jam)
Loose items (Barang-barang yang kecil dan terpisah-pisah)
SGD 4
Tas kecil (di bawah 10 kg)
SGD 8
Tas besar (di atas 10 kg)
SGD 12
Odd items (Barang-barang dengan dimensi/ukuran/bentuk yang tidak biasa)
SGD 12

Lokasi-Lokasi Konter Left Baggage di Changi Airport


Konter Left Baggage terdapat di semua terminal di Changi Airport. Tempat ini mudah ditemukan karena ada petunjuk arah yang jelas. Namun, bagi kalian yang kesulitan untuk menemukan lokasi Left Baggage tersebut, bisa bertanya pada bagian Informasi.

Berikut ini adalah lokasi-lokasi konter Left Baggage tersebut:

1. Terminal 1


Level 3, Public Area

Departure Transit Lounge, Level 2, Transit Area

Telp. +65 6214 0318

2. Terminal 2


Arrival Hall North, Level 1, Public Area

Telp. +65 6214 1683

Departure Transit Lounge, Level 2, Transit Area

Telp. +65 6214 0448

3. Terminal 3


Level 1, Public Area

Telp. +65 6242 8936

Departure Transit Lounge, Transit Area

Telp: +65 6214 0672


4. Terminal 4 


Level 1, Public Area

Level 2M, Departure Transit Lounge, Transit Area



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KEENAM (20 AGUSTUS 2016)

CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)


2 komentar:

  1. Halo, sangat bermanfaat sekali infonya. Kak, saya juga ada rencana mau ke Singapura September mendatang. Transit sekitar 8 jam. Nah saya rencananya mau titip di Arrival Hall terminal 2. Nah nanti pas saya mau balik ke airport berarti saya harus ke arrival hall dulu kan? Dari departure hall ke arrivall hall-nya jauh nggak ya? thank you sebelumnya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami kurang ingat pasti lokasi arrival dan departure hall di Terminal 2 Changi Airport. Sepertinya cukup dekat, sekitar 10-15 menit. Namun, untuk amannya, sediakan paling tidak 30 menit waktu ekstra agar tidak terburu-buru.

      Hapus