Kamis, 11 Februari 2016

CARA NAIK BUS GRATIS GOKL (GO KL) DI KUALA LUMPUR


GoKL (Go KL) adalah angkutan publik gratis yang beroperasi di beberapa tempat di Kuala Lumpur. Karena gratis, jika kalian mau naik GoKL, ya tinggal naik saja.

Untuk naik GoKL, pertama-tama kalian harus mencari halte khusus GoKL, yang biasanya memiliki tulisan simbol GoKL. Namun, ada beberapa tempat tertentu yang tidak memiliki halte, seperti Halte GoKL Starhill Gallery Bukit Bintang yang tepat berada di depan pintu masuk Starhill Gallery.

Cara Naik GoKL
Peta Rute GoKL di salah satu halte 

Dari tempat kalian berada, kalian bisa menentukan mana halte GoKL yang terdekat.

Naik GoKL Berdasarkan Jurusan


Cara Naik GoKL di Kuala Lumpur
Sumber: www.gokl.com.my

Per 13 Desember 2015, ada 4 jalur GoKL yang beroperasi, yaitu Green Line, Purple Line, Red Line, dan Blue Line. Setelah menemukan halte terdekat, yang harus diperhatikan selanjutnya adalah jurusan dari GoKL tersebut. Misalnya, jika kalian berada di Bukit Bintang dan ingin ke Pasar Seni, kalian harus naik GoKL Purple Line dari Halte GoKL Bukit Bintang dan turun di Halte GoKL Pasar Seni.

Ada kemungkinan kalian harus oper bus juga. Misalnya, jika kalian berada di KLCC dan ingin ke Pasar Seni, kalian harus naik GoKL Green Line dari Halte GoKL KLCC dan turun di Halte GoKL Bukit Bintang, lalu oper GoKL Purple Line dan turun di Halte GoKL Pasar Seni.

Kalian harus tahu juga bahwa GoKL hanya bergerak satu arah dan tidak akan berbalik, itu artinya jika bus bergerak dari Pasar Seni menuju KL Tower, bus tidak akan berbalik arah dari KL Tower menuju Pasar Seni, tapi mengikuti jalur memutarnya. Sehingga jika kalian ragu, lebih baik kalian berhenti di halte sebelumnya daripada kelewatan. Akan lebih mudah lagi jika kalian membawa peta khusus GoKL jadi kalian bisa memprediksi sampai di mana bus yang kalian tumpangi.

Kelemahan GoKL


Sayangnya, GoKL tidak dilengkapi petunjuk gambar ataupun suara jika bus telah atau akan sampai di tempat tujuan. Jadi, bila belum hafal, kalian harus selalu waspada. Namun, kalian bisa bersyukur karena beberapa tempat strategis yang mungkin kalian datangi menjadi tempat pemberhentian terakhir dari GoKL, seperti KLCC dan Pasar Seni. Beberapa halte lainnya yang masih berhubungan dengan tempat wisata atau fasilitas publik biasanya juga ramai dengan orang yang naik atau turun. Jadi, dari sini, kalian bisa mencoba untuk mempelajari rute GoKL.

Di dalam bus, terdapat tombol yang bisa ditekan begitu akan sampai di halte yang diinginkan. Apabila masih ragu akan turun dimana, ada baiknya kalian bertanya pada orang di dekat kalian. Jangan khawatir karena banyak dari mereka yang berbahasa Melayu.

Selain itu, ketika naik GoKL, ada kemungkinan kalian akan terjebak macet. Kuala Lumpur juga termasuk daerah yang rawan macet. GoKL melintasi daerah-daerah perkantoran, dan selain ditujukan untuk wisatawan, GoKL juga ditujukan untuk para pekerja agar mereka berganti moda transportasi publik sebagai upaya mengurangi macet. Jalur yang dilewati adalah jalur perkantoran, jadi pada jam-jam masuk kantor atau pulang kantor, dijamin bus akan sangat penuh (kemungkinan kalian tidak kebagian tempat duduk dan harus berdiri) dan kemungkinan besar bus akan terjebak macet. Jika dikejar waktu dan tidak ingin terjebak macet, kalian bisa menggunakan moda transportasi lain seperti monorel.



Artikel terkait:

CARA NAIK MONOREL (MONORAIL) & LRT DI MALAYSIA

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KETIGA (19 AGUSTUS 2015)

KLIA EKSPRES (EXPRESS) & KLIA TRANSIT: HARGA, RUTE, DAN JADWAL

CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar