Minggu, 23 Agustus 2015

CARA MEMESAN HOTEL DI TRAVELOKA


Untuk memesan hotel di Traveloka, sebenarnya hampir sama dengan memesan pesawat. Sangat disarankan untuk membeli melalui aplikasi Traveloka karena harganya lebih murah daripada melalui browser. Aplikasi ini bisa diunduh gratis pada App Store dan Play Store smartphone kalian.

Baca juga:
CARA MEMESAN TIKET PESAWAT DI TRAVELOKA 

Setelah masuk aplikasi Traveloka, pilih menu ‘Hotel’. Isi data yang dibutuhkan seperti tujuan, tanggal check-in, durasi, jumlah orang, dan jumlah kamar, lalu klik ‘Cari Hotel’.

cara pesan hotel traveloka

Pada halaman selanjutnya, terdapat dua pilihan menu, yaitu ‘Urutkan’ dan ‘Filter’. Pada menu ‘Urutkan’, terdapat pilihan popularitas tertinggi, harga termurah, harga termahal, dan rating tertinggi. Sementara pada menu ‘Filter’, kalian bisa memilih hotel sesuai dengan bintang dan range harga per malam. Gunakan menu ini sesuai dengan kebutuhan kalian.

cara pemesanan hotel di traveloka

Setelah itu, pilihlah hotel yang sekiranya sesuai dengan keinginan dan budget kalian. Pada halaman selanjutnya, kalian akan dihadapkan pada beberapa menu seperti umum, detail, review, dan foto untuk mengetahui seperti apa sih kualitas hotel tersebut. Halaman review biasanya sangat membantu karena berisi testimoni dari mereka-mereka yang telah terlebih dahulu menginap di situ. Foto malah sebenarnya kurang membantu karena cenderung berisi foto dari kamar dan ruangan berkualitas terbaik dari hotel tersebut. Setelah itu, klik ‘Lihat Kamar’ untuk melihat pilihan jenis kamar yang tersedia di hotel tersebut.

cara memesan hotel traveloka

Klik ‘Pesan’ pada jenis kamar yang kalian inginkan.

cara pemesanan hotel traveloka

Setelah itu, isi data yang dibutuhkan. Di situ juga ada kotak yang harus dicentang jika nama tamu sama dengan nama pemesan. Setelah semua data diisi, klik ‘Lanjutkan’.

pesan hotel traveloka

Pada halaman selanjutnya, akan muncul review dari pesanan kalian. Periksa baik-baik apakah semuanya sudah sesuai dengan yang kalian inginkan. Setelah semua oke, kalian bisa klik ‘Lanjutkan’.

memesan hotel di traveloka

Nah, kini tinggal proses pembayarannya. Ada beberapa opsi pembayaran yang tersedia. Pilih yang menurut kalian paling mudah dan sesuai dengan kondisi kalian. Dan ingat, sesuaikan juga dengan sisa waktu yang diberikan, karena masing-masing jenis pembayaran memiliki sisa waktu yang berbeda-beda. Biasanya untuk pembayaran transfer lewat internet banking, ada batas waktunya. Artinya, di waktu-waktu tertentu, misalnya di malam hari, ya kalian harus pergi ke mesin ATM.

pemesanan hotel di traveloka

Setelah kalian memilih jenis pembayaran yang sesuai, Klik ‘Bayar Sekarang’. Perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan yang ada pada masing-masing jenis pembayaran yang kalian pilih. Setelah semuanya oke, klik ‘Bayar Sekarang’.

pemesanan hotel lewat traveloka

Update per tanggal 30 April 2016:

Setelah melakukan pembayaran, kalian tak perlu lagi melakukan langkah apapun karena Traveloka sudah melakukan update pada sistemnya. Jadi, begitu pembayaran berhasil dilakukan, kalian otomatis akan menerima email berupa tiket elektronik dan tanda terima. Semakin mudah, kan?

Apabila kalian sudah melakukan pembayaran, kalian bisa klik ‘Saya Sudah Bayar’.



pesan hotel lewat traveloka

Waktu pemrosesan pembayaran kalian maksimal 10 menit. Kalian bisa menutup aplikasi dan mengecek status penerbitan e-ticket kalian di menu ‘Pemesanan Saya’ setiap saat. Tapi jika pemrosesan belum terdeteksi, kalian diharuskan mengunggah bukti pembayaran.

pesan hotel melalui traveloka
Setelah voucher hotel diterbitkan, kalian akan mendapatkan SMS dan email voucher kalian. Nah, sekarang kalian sudah tak perlu khawatir lagi mau tidur dimana nanti ketika telah sampai di kota tujuan.


Di bagian kiri atas halaman depan Traveloka terdapat tanda garis tiga untuk melihat menu-menu lain. Menu 'Pemesanan Saya' dapat kalian gunakan untuk mengecek status pembayaran kalian. Jadi kalian tidak harus cemas menunggu karena di situ kalian bisa mengetahui apakah status pemesanan kalian masih dalam proses atau telah selesai. Sementara menu 'E-Ticket/Voucher Hotel' dapat kalian gunakan untuk melihat e-ticket/voucher hotel yang telah berhasil kalian pesan. Selain itu, terdapat juga beberapa menu lain.

cara pesan hotel melalui traveloka

cara pemesanan hotel melalui traveloka



Artikel terkait:

CARA DAN TIPS CHECK-IN HOTEL DENGAN VOUCHER ONLINE TRAVELOKA

REVIEW PATONG STUDIO APARTMENTS: HOSTEL SUPER MURAH DENGAN FASILITAS SUPER KOMPLET DI PHUKET

REVIEW MASCOT HOSTEL: PENGINAPAN MURAH DI BANGKOK

REVIEW FERNLOFT CITY HOSTEL LITTLE INDIA, SINGAPURA (SINGAPORE)


218 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ka sekarang kan check in sama check out ditentuin dimesin bukan terserah kita, biar sesuai sama yg kita inginkan gmana ka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah yang dimaksud mesin di sini browser? Untuk mengatur tanggal check out ataupun check in, cukup klik pada bagian tanggalnya lalu bisa diubah sesuai dengan keinginan.

      Ada juga pilihan menginap berapa malam, yang bisa membantu kapan tanggal check out-nya..

      Hal ini sama baik di aplikasi maupun di browser. Semoga membantu.

      Hapus
    2. Di traveloka tertera check in jam 14.00 tp actualnya kita sampai hotel jam 19.00 .apakah masih bisa ?

      Hapus
    3. Bisa kok. Proses check-in tetap akan berjalan normal. Dan karena kamu datang sekitar pukul 19.00, kami rasa kamu tidak perlu konfirmasi ke pihak hotel karena pada jam segitu, resepsionis di hotel kecil sekalipun biasanya masih aktif.

      Hapus
  3. maaf, saya baru pertama kali menggunakan Traveloka jadi saya kurang paham..

    setelah saya sampai di hotel yg saya pesan, apa yg harus saya lakukan pada petugas hotel? apakah saya harus memperlihatkan voucher yg saya terima dari Traveloka untuk bukti bahwa saya telah memesan dan membayar kamar tersebut? atau bagaimana? saya minta tutorialnya ka apa saja yg harus di lakukan setelah menerima voucher hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah membayar, kita akan mendapatkan email berupa voucher hotel dan receipt. Kami sarankan agar masnya mencetak kedua benda ini. Siapa tau pada saat dibutuhkan HP mas sedang trouble atau lowbat.
      Sebenarnya ketika sampai di hotel, masnya hanya harus menunjukkan vouchernya. Dan petugas hotel akan segera mengecek melalui sistem mereka untuk mengetahui kebenaran data itu. Tapi dalam kondisi khusus dimana mungkin saja terjadi ketidakcocokan antara data mereka dengan data milik Traveloka, mereka bisa saja meminta receipt juga sebagai bukti bahwa masnya telah melakukan pembayaran.
      Sudah deh. Proses check-in selesai. Gampang kan mas?

      Hapus
    2. Receipt ituu tanda bukti transfer yaa kak?

      Hapus
    3. Benar mbak shinta. Receipt adl tanda bukti transfer.

      Terima kasih sudah mampir. Kunjungi juga laman kami yang lain:

      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/2015/08/cara-memesan-tiket-pesawat-di-traveloka.html?m=1

      Hapus
    4. Min, receipt dan voucher di cetak arti nya di print gitu kah ?

      Pake kertas A4 ?

      Hapus
    5. Benar, maksud dicetak adalah di-print di kertas, tapi tidak harus A4. Terserah kamu. Dan menge-print di kertas ini bukan suatu keharusan. Kamu bisa cukup menunjukkan datamu yang tersimpan di ponsel. Ini hanya tips dari kami sebagai back-up data kamu seandainya saat di resepsionis koneksi internetmu sedang jelek atau ponselmu mati.

      Semoga membantu.

      Hapus
    6. Kalau emailnya di Screeen shoot aja bisa kan nunjukin hasil SS-an itu?

      Hapus
    7. @Kavie: Hanya menunjukkan screenshot email pun tidak masalah karena kami membawa print-out pun hanya untuk berjaga-jaga.

      Hapus
  4. Untuk proses check out hotel jika tidak ada deposit yg diperlukan oleh hotel bagaimana prosedurnya? Apa langsung pergi saja dari hotel tsb atau konfirmasi dulu ke resepsionis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama-tama, kamu harus pastikan di awal kebiasaan dari hotel tempatmu menginap. Di hotel yang agak besar, biasanya ada resepsionis yang berjaga 24 jam. Selama ada resepsionis, lebih baik beritahu mereka saat kamu mau check-out meskipun tidak ada deposit.
      Tapi di penginapan yang lebih kecil biasanya resepsionis hanya berjaga sampai pada jam tertentu. Selama pintu keluar tidak dikunci sih tidak masalah. Kamu bisa check out kapanpun dengan cukup meninggalkan kunci di meja resepsionis atau meninggalkan kunci tergantung di pintu. Tapi di beberapa penginapan, resepsionis meninggalakan penginapan pada jam tertentu dan mengunci pintu keluar. Jadi untuk kasus seperti ini, mau tidak mau, kamu tidak bisa bebas check out begitu saja. Kamu harus pastikan check out-mu sebelum si resepsionis pergi dan menginci pintu keluar.
      Semoga informasi ini membantu. Terima kasih sudah mampir di blog kami.

      Hapus
  5. jika kita check in menggunakan voucher traveloka , itu artinya kita sudah membayar full uang sewa di awal , apakah pihak hotel akan meminta uang deposit lagi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pembayaran hotel dilakukan secara lunas di awal karena yang tercantum di traveloka memang harga full. Untuk deposit, di beberapa tempat memang kemungkinan ada. Dan itu biasanya untuk kunci kamar, kunci pintu luar hotel, atau beberapa fasilitas hotel yang tidak standar. Jika kunci sudah dikembalikan atau fasilitas tidak tergunakan, deposit bisa diambil kembali.

      Hapus
    2. biasanya berapa jumlah uang deposit yang diminta oleh pihak hotel ?

      Hapus
    3. Beda-beda untuk tiap hotel. Tapi kalau cuma untuk kunci biasanya berkisar antara 50.000-100.000 rupiah.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa cek artikel kami yang lain ya.

      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/2016/02/colokan-listrik-di-singapura-dan-malaysia.html?m=1

      Hapus
    4. apa ada uang deposit seharga 1malam sewa kamar ?

      Hapus
    5. Bisa jadi, bahkan mungkin lebih jika hotel yang kamu pesan sangat murah. Contohnya, waktu kami ke Phuket, kami membayar hostel sebesar IDR 40.000 tapi depositnya (untuk kunci) sebesar THB 150 (sekitar IDR 56.000). 😅 Namun, untuk harga hotel yang mahal, depositnya kemungkinan juga tidak akan semahal itu.

      Hapus
  6. Permisi, saya kebetulan hendak booking hotel via traveloka untuk pertama kalinya. Yg ingin saya tanyakan apakah saat saya dtg ke resepsionis untuk check in akan diminta untuk mengisi formulir dan data KTP?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Kita akan dimintai data diri berupa KTP untuk di dalam negeri atau passport untuk di luar negeri. Tapi biasanya kita tidak diminta untuk mengisi formulir apapun. Data diri tersebut hanya dipinjam untuk dicocokkan dengan data pada voucher hotel sekaligus difotokopi sebagai file mereka. Untuk pemesanan berkelompok, biasanya cukup diwakili oleh satu orang saja.

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Sempatkan untuk mampir di laman kami yang lain ya.

      Hapus
    2. Kalo gada ktp gimana ? Soalnya ktp saya belum jadi jadi nih dari disdukcapil, apa bisa pakai sim? Atau surat keterangan ktp?

      Hapus
    3. Jika KTP belum jadi, bisa menggunakan kartu identitas lain seperti SIM, kartu pelajar/mahasiswa atau paspor. Untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa print receipt pembayarannya.

      Terima kasih sudah mampir ya... :)

      Hapus
  7. Gimana kali kita check in dan check out di hari dan tgl yg sama.. gimana hitungan biaya nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun kamu check-in dan check-out di waktu yang sama, kamu akan tetap dikenai tarif full untuk satu hari.


      Terima kasih sudah mampir. Berikut ada sedikit review tentang beberapa hotel yang pernah kami kunjungi:

      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/search/label/Review?m=1

      Hapus
  8. Bagaimana jika saya memesan hotel yg kamarnya untuk 2 tamu? Soalnya saya ingin mengisi nama saya dan teman saya untuk bukti yg diserahkan ke kantor. Soalnya di traveloka sepertinya hanya bisa mengisi satu nama saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar. Meskipun memesan kamar yang bisa untuk dua orang, traveloka hanya meminta data satu nama, yaitu nama pemesan. Untuk alternatif bukti ke kantor, kamu bisa minta tolong ke resepsionis untuk membuatkan bukti, misalnya seperti tanda terima, yang menyatakan bahwa ada dua nama yang menginap di kamar tersebut.

      Terima kasih sudah mampir ke blog kami. Sempatkan untuk mampir ke postingan lainnya ya.

      Hapus
  9. Kak saya mau pakai traveloka, disitu tertulis jam cek in nya pukul 13.00 klo saya cek in jam 8 pagi apa bs ya klo pake traveloka ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam check-in tidak ditentukan oleh traveloka, melainkan merupakan aturan dari masing-masing hotel, dan tiap hotel berbeda-beda.

      Jika menginginkan check-in di luar jam check-in yang ditentukan, pastikan ada fasilitas "early check-in" di hotel tersebut. Cara mengetahuinya, pada halaman traveloka, pilih hotel yang kamu inginkan, pilih menu 'detail', lalu geser ke bawah sampai menemukan kata 'fasilitas'.

      Kalau ada, berarti kamu bisa melakukan check-in awal.

      Kalau tidak ada, berarti ada kemungkinan kamu tidak akan diperbolehkan untuk check-in awal. Untuk kasus ini, ada beberapa hotel yang saat low season menjadi lebih longgar aturannya. Jadi di low season masih ada kemungkinan mereka tetap akan memperbolehkan early check-in, tapi pada saat high season kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan faslitias ini.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca artikel kami yang lain ya. Banyak tips2 dan cara yang bisa mempermudah kamu traveling lho.

      Hapus
  10. kak saya mau tanya. . . . kalo misalnya saya boking kamar hotel lewat traveloka trus disitukan ada tulisan tamu 2 orang. . . tp saya datang sendiri. . .trus kalo tiba2 ada temen saya yg main ke hotel itu gmna kak. . . . apa harus lapor ke resepsionis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu memesan kamar yang bisa untuk dua orang, mungkin tak perlu lapor jika ada satu teman yang ingin main atau bahkan ikut menginap. Jika lebih dari satu teman dan mereka perlu menginap, kamu baru perlu lapor karena harga orang ketiga ini belum ter-cover dalam harga hotel.

      Khususnya di penginapan atau hostel kecil, jika kamu check-in sendiri dan akan ada teman berkunjung, kami sarankan untuk melapor saja, lebih karena alasan keamanan.

      Jangan lupa baca artikel-artikel kami lainnya ya...

      Hapus
  11. Ka kalo check out nya sebelum jam yang di tentukan tetep full payment ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu memesan hotel via traveloka, kamu harus tetap bayar full meskipun check-out lebih awal. Namun, jika kamu memesan langsung ke hotelnya, khususnya hotel kecil, beberapa hal kadang masih bisa dinego, antara lain harga yang lebih murah karena low season, diskon karena pesan banyak kamar, kamar yang harusnya untuk dua orang jadi dipakai tiga orang, dan tidak membayar penuh karena check-out lebih awal.

      Terima kasih karena sudah mampir ke blog kami. Jangan lupa baca artikel kami lainnya ya.

      Hapus
  12. Ka mau tanya... Kalo ada keterangan 5 kamar tersisa, itu maksudnya apa yaa? Lalu Kalo ga ada keterangan itu apakah berarti kamar sidah penuh apa masih bisa d book?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti sisa kamar di kelas yang kamu cari untuk hotel tersebut hanya sisa 5 kamar. Tapi keadaan ini masih bisa berubah-ubah. Kalau jumlah kamar kurang, kamu bisa mencoba cek di jam berbeda. Siapa tahu ada yang booking-nya cancel.

      Justru kalau tidak ada tulisan berarti sisa kamar masih banyak.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca laman kami yang lain. :)

      Hapus
  13. Ka...saya kemarin booking hotel di traveloka utk di singapura tdk mencantumkan nama lengkap hanya nama depan. Apa voucher pemesanan tetap bisa dipakai saat check in? Nama pd passport full name. Kmrn sy beli lg harga promo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya itu tergantung hotelnya. Di hotel yang strict, kemungkinan ditolak masih tetap ada.

      Selain voucher, kami sarankan kamu juga mempersiapkan bukti bayar (receipt), siapa tahu pihak hotel membutuhkan bukti tambahan sebagai kompensasi dari ketidaklengkapan namamu.

      Semoga semuanya lancar ya dan semoga perjalananmu menyenangkan.

      Kami punya banyak cara dan tips tentang Singapura lho. Jadi, jangan lupa baca artikel kami lainnya ya.

      Hapus
  14. Kak. Kalo kita pesan hotel dari traveloka. Untuk tambahab tamu, apakah harus melapor k resepsionis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu memesan kamar yang bisa untuk dua orang, mungkin tak perlu lapor jika ada satu teman yang ingin main atau bahkan ikut menginap. Jika lebih dari satu teman dan mereka perlu menginap, kamu baru perlu lapor karena harga orang ketiga ini belum ter-cover dalam harga hotel. Apalagi jika tambahannya lebih dari 1 orang, kamu pasti akan butuh extra bed. Jadi mending lapor kan?

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa kunjungi laman kami yang lain ya. ;)

      Hapus
  15. mau tanya kalau masih belum punya ktp usia waktu check in apakah bisa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa saja. Pasti kamu akan ditanyai identitasmu yang lain, misalnya Kartu Pelajar.

      Hapus
  16. Kalau saya bawa anak 4 tahun, jumlah tamu diisi 2 atau 3 orang, tlg minta infonya, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelum melakukan booking, pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan peraturan dari hotel yang ingin kamu pesan. Kamu bisa melihatnya di bagian "Kebijakan" di Traveloka. Tapi sangat kami anjurkan untuk bertanya langsung ke pihak hotel by phone. Hal-hal yang harus ditanyakan adalah:

      - Apakah diperbolehkan membawa bayi?
      Perlu diketahui, ada beberapa hotel yang melarang membawa bayi/anak di bawah usia tertentu.

      - Jika diperbolehkan, apakah anak dikenai harga penuh?
      Secara umum, anak di bawah usia 12 tahun biasanya tidak dikenai harga penuh dan hanya masuk sebagai biaya tambahan. Untuk kasus seperti ini, kamu bisa menuliskan cukup 2 nama tamu saja dan charge untuk anak bisa dibayar di hotel.
      Tapi jika anak dikenai biaya penuh, kamu tetap harus mengisi data untuk 3 orang.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  17. Klo kita check in terlambat dr jam yg trcantum di traveloka, diperbolehkan ga? Atw ada kmungkinan diisi sma org lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamar kamu tidak akan diisi orang lain. Tapi yang harus kamu lakukan adalah memastikan apakah resepsionisnya berjaga 24 jam. Jika tidak 24 jam, kamu disarankan untuk menelepon hotel tersebut terlebih dahulu dan menginfokan jam berapa akan datang agar petugasnya bisa membukakan pintu dan mengurus proses check-in untuk kamu.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca artikel kami lainnya ya. 😊

      Hapus
  18. kalau saat saya memesan saya tidak sengaja memakai nama saya tapi saat check in yang check in ayah saya, itu bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nama tamu yang kamu isi adalah nama kamu, normalnya pihak hotel akan menolak jika ternyata yang datang adalah orang lain (dalam kasus ini ayah kamu). Tapi fungsi Traveloka memang hanya terbatas pada pemesanan. Di luar itu, jika ada kejadian khusus seperti ini, entah bisa dinego atau tidak, adalah murni kewenangan dari pihak hotel.

      Kalau menurut kami sih agak riskan untuk dipaksakan. Apalagi kalau di hotel yang besar yang aturannya saklek. Terlebih lagi kalau di luar negeri, kemungkinan besar akan ditolak.

      Hapus
    2. Ka saya jg mau tanya saat booking check in hotel atas nama saya. Tapi nama lengkap saya hanya satu suku kata namun saat e-voucher terbit nama lengkap saya jd 2 suku kata (pengulangan nama lengkap saya). Gmn kira2 apa saya bisa tetap check in?

      Hapus
    3. Kemungkinan besar bisa, asalkan kamu membawa kartu identitas yang sesuai. Dan untuk jaga-jaga, kamu bisa membawa print-out receipt pembayaran.

      Hapus
  19. Min maksudnya 'kebijakan hotel belum tersedia' apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya adalah Traveloka belum memiliki informasi mengenai kebijakan hotel tersebut. Dalam kasus seperti ini, jika kamu ingin tahu kebijakan hotel tersebut, kamu bisa menghubungi langsung pihak hotel by phone.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga informasi dari kami membantu.

      Hapus
  20. kak klo nm tiket tamu yg ada ditiket traveloka beda sm yg pesan gimna ? tetap diterima pihak hotelnya kan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk pemesanan hotel secara online melalui Traveloka, ada dua nama yang harus diisi. Yang pertama adalah "nama pemesan", yang kedua adalah "nama tamu". Dan nama pemesan tidak harus sama dengan nama tamu. Jadi untuk kasus ini, tidak bakal ada masalah. :)

      Masalah baru akan timbul kalau nama tamu pada pemesanan online berbeda dengan tamu yang datang ke hotel. Dalam kasus seperti ini, ada kemungkinan pihak hotel akan menolak, terutama jika hotelnya besar dan aturannya strict.

      Terima kasih sudah mampir. Baca juga cara check-in-nya di sini ya:
      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.com/2017/05/cara-dan-tips-check-in-hotel-dengan.html

      Hapus
  21. kak saat mau pesan kamar hotel untuk 2 orang..di room overview tertulis 1 double bed or 2 single bed..sementara kita mau 1 bed untuk 2 orang..apakah pada saat kita check in di hotel bisa jadi dapat kamar yg 2 single bed?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memesan melalui Traveloka, memang kita tidak bisa banyak menentukan pilihan. Untuk kasus seperti ini, semuanya tergantung ketersediaan. Kalau saat kamu check-in double bed-nya masih tersedia, kamu bisa memilih itu. Tapi kalau ternyata, yang tersedia hanya single bed, ya kamu tidak punya pilihan lain. Jadi semuanya untung-untungan. Siapa cepat dia dapat.

      Kalau kamu ingin bisa menentukan pilihan lebih bebas, kamu bisa pesan by phone langsung ke pihak hotel.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga jawaban kami membantu. Jangan lupa baca artikel-artikel kami yang lain ya. :)

      Hapus
  22. Ka aku mau tanya, kalau kita mau booking kamar tapi tidak tersedia sisa kamarnya. Apakah kamar di hotel tersebut sudah full?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru sebaliknya, jika tidak ada keterangan tentang sisa kamar, berarti kamar kosongnya masih tersedia banyak. Jika kamar habis, Traveloka akan menampilkan keterangan "kamar tidak tersedia".

      Semoga membantu. Jangan lupa baca juga postingan tentang cara check-in hotelnya ya. Dijamin lengkap. :)

      Hapus
  23. Ka, m nanya.
    Kan kita d traveloka klo m booking kamar kan cuma ada tanggal check in sama out..nah utk jam check in nya sendiri gimana ya kan d applikasi tidak d cantumkan utk jam check innya. Apakah bebas m check in selama d tanggal yg sama. Mksh sbkmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu membuka website Traveloka melalui ponsel, jam check-in dan check-out memang tidak tercantum. Kamu harus membuka webnya melalui komputer. Memang ini kekurangan Traveloka yang sepertinya belum mereka sadari.

      Jika kamu sudah memilih hotelnya, kamu bisa menemukan jam check-in dan check-out-nya di halaman bagian bawah sendiri, di bawah review, tepatnya di bagian "Keterangan".

      Tapi jika tidak memungkinkan untuk membuka komputer, dari pengamatan kami, jam check-in dan check-out rata-rata berkisar antara jam 11.00 -14.00.

      Jika menginginkan check-in di luar jam check-in yang ditentukan, pastikan ada fasilitas "early check-in" di hotel tersebut. Cara mengetahuinya, pada halaman traveloka, pilih hotel yang kamu inginkan, pilih menu 'detail', lalu geser ke bawah sampai menemukan kata 'fasilitas'.

      Kalau ada, berarti kamu bisa melakukan check-in awal.

      Kalau tidak ada, berarti ada kemungkinan kamu tidak akan diperbolehkan untuk check-in awal. Untuk kasus ini, ada beberapa hotel yang saat low season menjadi lebih longgar aturannya. Jadi di low season masih ada kemungkinan mereka tetap akan memperbolehkan early check-in, tapi pada saat high season kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan faslitias ini.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  24. kak mau tanya, kalo saya pesan tiket pesawat+hotel. untuk 3 orang atau lebih di traveloka gimana caranya ya? dan pembayarannya disatuin atau ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengisian jumlah orang dilakukan di halaman pertama, sebelum memencet tombol "Cari". Untuk hotel, jumlahnya bisa ditambahkan di kolom "Tamu", sementara di pesawat pada kolom "Penumpang".

      Untuk lebih lengkapnya baca juga:
      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/2015/08/cara-memesan-tiket-pesawat-di-traveloka.html


      Untuk menghemat waktu, pembayaran untuk ketiga pesanan bisa dijadikan satu.

      Hapus
  25. kak mau tanya di menu fasilitas utama maksdnya resepsionis 24 jam itu berarti kita bisa early check in kah ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan. Itu artinya petugas resepsionisnya berjaga 24 jam. Jadi misalkan jam check-in mu seharusnya jam 12 siang tapi kamu datang di atas jam itu, bahkan saat malam hari, kamu akan tetap dilayani.

      Di beberapa hotel, terutama hotel kecil, biasanya di atas jam tertentu sudah tidak ada petugas resepsionis yang berjaga. Dan bahkan ada yang pintu luarnya dikunci. Sehingga tentu saja kamu tidak akan bisa check-in.

      Untuk kasus dimana resepsionis tidak berjaga 24 jam, ada baiknya kamu memberitahukan jam kedatanganmu via telepon terlebih dahulu, sehingga petugas akan menunggu kedatanganmu dan kamu tetap bisa check-in.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca juga cara check-in-nya ya.

      Hapus
  26. Mohon dibantu. Saya mau nginap di Istanbul 16 September 2017, apakah aman jika saya booking hotel via traveloka pd tgl 14 sep 2017? Mengingat jika booking dari sekarang takut jdwl tiba di turkinya berubah.
    Jika saya bayar dg e-banking bri saat di turki, bearti hrs transfer via atm, apakah biaya yg hrs dibayar ke BRI akan bertambah dengan biaya transfer Indonesia - Turki? Atau bayar sesuai angka di biaya traveloka? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beli tiketnya mepet kemungkinan untuk mendapatkan harga yang miring lumayan sedikit, meskipun tidak tertutup sama sekali. Tapi kalau harga bukan merupakan pertimbangan utamamu, membeli mepet pun rasanya tidak bakal menjadi masalah.

      Namun sekarang sudah banyak hotel di Traveloka yang melayani refund sebelum tanggal tertentu (beberapa hari sebelum hari H). Kalau kamu takut mepet, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Tapi kamu harus pilih hotel yang memang melayani refund. Ada keterangannya kok di masing-masing hotel.

      Kalau membayar menggunakan internet banking dimanapun bayarnya, asalkan ada koneksi internet, tidak masalah. Proses akan berjalan sama seperti di Indonesia. Jumlah yang dipotong tetap sesuai dengan yang tertera di Traveloka (plus biaya transfer jika Bank yang digunakan berbeda).

      Tapi kalau menggunakan ATM di luar negeri untuk transfer, sepertinya kartu debit dari bank-bank di Indonesia masih belum bisa digunakan. Sejauh ini yang pernah kami lakukan hanyalah tarik tunai menggunakan ATM di negara lain. Mungkin untuk lebih pastinya bisa kamu tanyakan langsung ke Customer Service BRI.

      Hapus
  27. Mau tanya, kalo mesan 2 kamar dengan waktu lama penginapan berbeda gimana?
    Contohnya :
    1 kamar untuk 3 malam.
    1 lagi untuk 2 malam.

    Sementara di traveloka di samakan waktunya, tolong pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang untuk pemesanan hotel hanya ada 1 pilihan pengisian jumlah hari. Untuk kasus seperti punyamu, mau tidak mau kamu harus memesan 2 kali.

      Alternatif pertama, kamu pesan 2 kamar untuk 2 malam (hari kesatu & kedua), pemesanan kedua 1 kamar untuk 1 malam (hari ketiga).

      Alternatif kedua, kamu bisa memecah pesananmu sesuai jumlah hari. Pemesanan pertama 1 kamar untuk 3 malam, pemesanan kedua 1 kamar untuk 2 malam.

      Sebenarnya jika sedang low season kamu bisa saja melakukan perpanjangan di tempat. Artinya, kamu pesan online 2 kamar untuk 2 malam, sementara saat di hotel kamu harus bilang ke petugasnya bahwa salah satu kamar akan diperpanjang 1 malam. Tapi untuk kasus seperti ini, ada risiko kamu kehabisan kamar, apalagi saat high season.

      Terima kasih. Semoga membantu. Jangan lupa baca artikel kami yang lain ya. ;)

      Hapus
  28. Kak mau tanya bagaimana kalo check in nya saat malam hari? Padahal jam check in nya yg tertera di voucher siang hari. Apakah tetap bisa check in saat malam hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang perlu diperhatikan adalah apakah hotel yang kamu pesan memiliki layanan resepsionis 24 jam atau tidak. Jika iya, tentu datang di jam berapapun, kamu akan tetap dilayani. Jika tidak, kamu perlu mengkonfirmasi dulu ke pihak hotel karena beberapa hotel kecil khususnya, pintunya sudah dikunci pada jam-jam tertentu. Jadi, kamu perlu menginfokan jam kedatanganmu agar petugasnya bisa membukakan pintu dan mengurus proses check-in buat kamu.

      Terima kasih sudah mampir di blog kami. Jangan lupa baca artikel lainnya ya. :)

      Hapus
  29. Kak mau tanya , saya mau pesan hotel trus cek in jam 6 pagi cek out jam 6 sore ,
    Bagaimana cara mengatur nya ?
    Karena di aplikasi hanya tertera cek in jam 14 dan cek out jam 12
    Bagaimana agar saya bisa cek in jam 6 pagi ka ?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk early check-in maupun late check-out, yang wajar biasanya antara 1-2 jam, tergantung kebijaksanaan hotel. Dengan jadwal seperti punyamu, mau tidak mau kamu harus memesan hotel untuk dua hari karena jarak waktu check-in dan check-out-mu terlalu jauh dari jadwal asli mereka. Kalau budgetmu hanya untuk satu hari, satu-satunya yang bisa kamu manfaatkan adalah sekadar titip tas.
      Kejadian akan lain kalau kamu memesan kamar di hotel kecil by phone alias tidak melalui Traveloka. Dengan cara seperti ini, kamu bisa saja menego pihak hotel untuk memenuhi kebutuhanmu.

      Hapus
  30. Sy blum pernah pake aplikasi utk pesan hotel. sy berencana ke KL dengan 2 anak sy (9 & 14 tahun), jd 3 orang. Bisakah kami masuk dalam 1 kamar? sy bingung pesannya, ada yg tertulus 1 guest 1 room..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak. Caranya, kamu isi jumlah kamar 1 dan jumlah tamu 3. Nanti akan muncul pilihan hotel yang menawarkan kamar2 yang muat untuk 3 orang.

      Di banyak hotel, kita bisa cukup memesan kamar untuk 2 orang, sementara 1 orang lainnya bisa dipesankan kasur tambahan. Biasanya dengan memakai cara seperti ini jatuhnya akan lebih murah. Sayangnya, kadang informasi tentang bisa tidaknya meminta extra bed tidak tercantum di Traveloka. Di Traveloka hanya dijelaskan bahwa mungkin saja permintaan extra bed akan ditolak jika tidak ada permintaan di awal. Jadi cara yang ini memang agak sedikit riskan.

      Semoga jawaban kami membantu. Jangan lupa mampir ke laman kami yang lain ya. :)

      Hapus
  31. misalkan kita sudah memesan/membayar hotel di Traveloka. tapi saya tidak mempunyai KTP tetapi saya mempunyai Kartu pelajar?. bisa Ga buat check in nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung jenis hotelnya. Kalau hotelnya bintang 1, 2, melati, losmen, guesthouse, dan semacamnya... kemungkinan mereka masih akan mau menerima apapun kartu identitasmu asalkan sesuai dengan nama pemesan yang ada di Traveloka. Untuk lebih amannya, persiapkan juga bukti bayar (receipt) dari Traveloka.

      Tapi untuk hotel bintang 3 ke atas, sepertinya mereka akan lebih saklek dan meminta kartu identitas yang diakui secara nasional, yaitu KTP.

      Mohon maaf karena kami juga tidak punya kepastian akan hal ini. Semua tergantung ke peraturan masing-masing hotel dan caramu bernegosiasi. Semoga berhasil ya.

      Hapus
  32. Kak mau tanya, kalo disana tertera check in jam 14.00 berarti harua check in jam segitu ya? Gak bisa lebih awal? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu menginginkan check-in di luar jam check-in yang ditentukan, pastikan ada fasilitas "early check-in" di hotel tersebut. Cara mengetahuinya, pada halaman traveloka, pilih hotel yang kamu inginkan, pilih menu 'detail', lalu geser ke bawah sampai menemukan kata 'fasilitas'.

      Kalau ada, berarti kamu bisa melakukan check-in awal. Kalau tidak ada, berarti ada kemungkinan kamu tidak akan diperbolehkan untuk check-in awal.

      Untuk kasus seperti ini, ada beberapa hotel yang saat low season menjadi lebih longgar aturannya. Jadi di low season masih ada kemungkinan mereka tetap akan memperbolehkan early check-in. Tapi pada saat high season, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkan fasilitas ini.

      Namun meskipun ada fasilitas early check-in sekalipun, ada batas waktu yang harus kamu perhatikan. Biasanya pihak hotel hanya akan memberi toleransi antara 1-2 jam. Lebih dari itu, mereka kemungkinan besar akan menolak.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa baca artikel kami yang lain ya. Banyak tips2 dan cara yang bisa mempermudah kamu traveling lho.

      Hapus
  33. kak aku mau tanya nih soalnya pertama kalinya,yang deposit itu maksudnya gimana,karna saya baca2 untuk jasa atau layanan lainya yang sifatnya sebagai tambahan,jadi dapatkah kita untuk tidak membayar deposit dengan meyakinkan bahwa tidak akan mengunakan jasa atau layanan tambahan tersebut?
    lalu deposit yang kk maksud di atas yang untuk kunci itu bagaimana? karena deposit kan akan di kembalikan sesuai yang kita lakukan semasa di hotel.
    mohon penjelasanya kk soalnya nubi banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk deposit yang berkaitan dengan jasa, membayar atau tidaknya tergantung kebijaksanaan hotel masing-masing. Kalau kamu bersikeras meyakinkan, mungkin saja pihak hotel akan memberikan kelonggaran dengan tidak menarik deposit tapi untuk hal ini kami tidak bisa menjamin.

      Beberapa hotel/penginapan mewajibkan kita untuk membayar deposit kunci sebagai jaminan bahwa kunci itu akan dikembalikan lagi ke hotel dan tidak dibawa pulang. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena deposit seperti ini pasti akan dikembalikan 100 persen ketika kamu mengembalikan kunci.

      Terima kasih sudah mampir. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya ya. Banyak hal menarik dan sangat membantu untuk pemula lho. :)

      Hapus
    2. oh gitu makasih ya penjelasannya.
      tapi saya ingin tanya lagi masih masalah deposit ini,bila da orang yang tidak tahu tentang deposit ini yang memesan dari online seperti traveloka ini yang di sangkanya udah semua terbayarkan termasuk pajak karena aplikasi nya mengatakan begitu akan tetapi dia tidak tahu akan deposit ini dan ketika akan menginap bagaimana bila dia tidak bisa memberikan jaminan deposit ini katakan saja uangnya tidak cukup karena paspasan jadi ceritanya bakalan bagaimana?
      saya ingin sekali mencoba ini akan tetapi ga berani karena takutnya ga bisa nginep dan hangus voucher.

      Hapus
    3. Kalau penginapan kecil mungkin masih tetap bisa dinego. Tapi pasti akan ada konsekuensi yang kamu dapat. Sebagai contoh, deposit yang sering diberlakukan di penginapan kecil biasanya untuk kunci luar. Jika kamu bersikeras tidak bisa membayar deposit, konsekuensinya adalah kamu tidak akan bebas keluar masuk hotel.

      Kalau penginapan besar, kemungkinan akan sulit karena biasanya petugasnya sudah mempunyai aturan standar yang wajib dilakukan.

      Btw, selamat mencoba. Kalau berhasil, jangan lupa share ke kami. ; )

      Hapus
  34. saya sudah memesan hotel dan jam check in nya 15:00 tapi jam kedatangan saya 16:45 apakah masih bisa check in? dan apakah tidak bermasalah? lalu apakah bisa dirubah jam check in nya sesuai jam kedatangan saya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok. Karena perbedaan waktunya masih dekat, kami rasa tidak perlu konfirmasi terlebih dahulu. Kecuali jika kamu datangnya di jam-jam mendekati malam hari, terlebih dahulu kamu harus memastikan apakah resepsionisnya 24 jam atau tidak. Jika iya, tidak masalah datang jam berapapun karena kami juga sering seperti itu. Tapi kalau ternyata tidak 24 jam, kamu harus menghubungi pihak hotel terlebih dahulu agar ada petugas yang berjaga untuk melayani proses check-in-mu nanti.

      Hapus
  35. gan mau nanya , jika mau chek in tapi gak punya ktp , make kartu pelajar bisa kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Tapi kamu harus memastikan bahwa nama pemesanan sesuai dengan nama di kartu pelajar tersebut karena bakal digunakan sebagai tanda pengenal saat check-in.

      Hapus
  36. Ka saya sudah melakukan reservasi hotel dan sudah melakukan pembayaran, sedangkan saya menginap bersama pacar saya. Apakan ketika cek in akan ditanyai menginap dengan siapa? Atau akan ada masalah lainnya.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di hotel-hotel besar, biasanya tidak akan ditanyakan kita akan menginap dengan siapa. Petugas hanya akan melihat jumlah tamu dari data pemesanan. Selebihnya, petugas hotel tidak akan terlalu memperhatikan siapa saja yang akan menginap di dalamnya, selama jumlah penginap masih sesuai dengan data.

      Namun di penginapan-penginapan kecil, siapa-siapa yang bakal menginap menjadi lebih terperhatikan. Kalau kamu memesan kamar untuk satu orang saja, akan mudah ketahuan kalau kamu memasukkan tamu tambahan.

      Dan misalpun kamu memesan untuk dua orang sekalipun, ada beberapa hotel yang meminta bukti buku nikah jika yang menginap dalam satu kamar adalah cowok dan cewek.

      Jadi saran kami, karena kalian masih pacaran, mending kalian memesan dua kamar biar lebih aman dan sopan.:)

      Terima kasih sudah mampir. Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  37. Kak mau tanya,aku udh melakukan pembayaran lwt traveloka, saat check in kalo aku kasih resi nya ktp boleh ga ya? Karena ktp ku belum jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika KTP belum jadi, bisa menggunakan kartu identitas lain seperti SIM, kartu pelajar/mahasiswa atau paspor. Untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa print receipt pembayarannya.

      Terima kasih sudah mampir ya... :)

      Hapus
    2. Kalau untuk deposit appartement biasanya sekitar berapa ya kak?

      Hapus
    3. Sama halnya dengan deposit hotel, tergantung kebijakan masing-masing. Kalau sudah punya incaran apartemen, bisa langsung ditanyakan sebelum memesan.

      Hapus
  38. Kak mau tanya, di traveloka kan jam check in tertera jam 2 siang. Tpi saya mau check in dari jam 5 pagi. Apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan tidak bisa karena jarak waktumu dengan jadwal check-in asli dari mereka terlampau jauh. Namun, saran kami, datang saja ke hotelnya dan tanyakan langsung. Jika sedang low season, mungkin kamu masih bisa diijinkan early check-in. Tapi jika tidak, kamu bisa titip tas saja.

      Oh ya, karena kamu datang sangat pagi, pastikan hotelnya buka 24 jam. Kalau resepsionisnya tidak buka 24 jam, mau tidak mau kamu harus telepon hotel tersebut terlebih dahulu dan menginfokan jam kedatanganmu agar resepsionisnya bisa melayani proses check-inmu.

      Semoga jawabannya membantu ya... :)

      Hapus
  39. kak mau nanya dong, kalau misalnya saya check in hari jumat, tapi saya melakukan transaksi hari kamis, apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Bahkan di hari yang sama pun bisa.

      Terima kasih sudah mampir. Kunjungi laman-laman kami yang lain ya... ;)

      Hapus
  40. Apakah kita bisa check in pake resi ktp ? Karna ktp EL saya blm keluar ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika KTP belum jadi, bisa menggunakan kartu identitas lain seperti SIM, kartu pelajar/mahasiswa atau paspor. Untuk berjaga-jaga, kamu juga bisa print receipt pembayarannya.

      Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa mampir ke laman-laman kami yang lain ya. ;)

      Hapus
    2. Apakah itu berlaku untuk apartemen ?

      Hapus
    3. Tetap berlaku. Tapi karena mungkin saja ada perbedaan kebijakan dari tiap apartemen, bisa kamu sertakan resimu sebagai back-up.

      Terima kasih. Semoga membantu. :)

      Hapus
  41. mau nanya nih kannsayabpesan kamar yg twin bed di traveloka karna adanya cuman yg itu, tp saya pengen request utk ganti single bed gmna ya caranya? apakah waktu memesan di traveloka nya dituliskan di keterangan atau waktu nanti check in saja ngomong langsung ke resepsionis nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu sudah terlanjur memesan, cara yang bisa kamu lakukan adalah downgrade dari twin menjadi single langsung di resepsionis. Itupun tergantung ketersediaan di hotelnya ya. Dan itupun biasanya uangmu tetap tidak bisa kembali meskipun sebenarnya harga kamar barumu lebih murah. Biasanya mereka akan menggantinya dalam bentuk lain. Misal, dari tidak mendapat sarapan menjadi ada sarapan. Tapi lagi-lagi, semua kembali ke kebijakan hotel masing-masing.

      Hapus
  42. Kak mau nanya saya baru beli tiket ke Bali waktu check in jam 14:00 siang papi saya masih di pesawat pada waktu itu dan sampai di balinya jam 19:00 malam. Apakah masih bisa check in lewat jam 7 malam???

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tapi saya ^^ [bukan *papi]

      Hapus
    2. Bisa.
      Namun, untuk hotel kecil yang kemungkinan tidak buka 24 jam, jika kamu khawatir sampai di hotel lebih malam lagi, kamu bisa memberitahukan terlebih dahulu kepada pihak hotel melalui telepon. Tapi jika kamu memang yakin datang sekitar jam 7 malam kami rasa tidak telepon pun tidak masalah karena semua hotel pasti masih buka di jam itu.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga membantu. Horas.

      Hapus
  43. Kak, kalo saya booking satu kamar hostel yang keterangannya satu tamu/ satu kamar, ternyata setelah nyampek disana, sy bawa satu teman, kira2 diperbolehkan atau tdk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di hotel biasa, kemungkinan besar kamu akan diperbolehkan untuk membawa teman yang di luar pesanan karena kebanyakan hotel menyediakan fasilitas extra bed untuk tambahan orang, tentunya dengan charge di bawah harga 1 kamar hotel.

      Tapi berbeda dengan hostel. Kalau kamu memesan 1 kamar di hostel dengan 1 kamar untuk 1 orang, itu artinya, kamu telah memesan 1 single bed saja. Bukan kamarnya. Karena kalau di hostel, kamu akan tidur beramai-ramai dengan orang-orang lain dalam satu ruangan. Jadi kalaupun mau menambahkan extra bed, bakal ditaruh di mana? Jadi menurut kami, kemungkinan besar tidak akan bisa.

      Hapus
  44. min saya mau tnya... sy sudah pesan hotel di vietnam dan tertera jam check in adalah pukul 14.00 namun estimasi saya sampai di hotel tersebut adalah pukul 18.00 . apa saya masih bisa check in ?? lalu apakah saya harus konfirmasi terlebih dahulu ?? mohon bantuan penjelasan dari anda. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu masih tetap bisa check-in kok, bahkan meskipun tanpa konfirmasi terlebih dahulu karena biasanya pada sekitar pukul 18.00 resepsionis hotel pasti masih aktif. Konfirmasi dibutuhkan jika kamu datang sangat malam di hotel yang resepsionisnya tidak berjaga 24 jam agar mereka bisa bersiap untuk mengurus proses check-in-mu.

      Terima kasih sudah mampir ya... :)

      Hapus
  45. Bagaimana jika kita ingin check in lalau diminta ktp,tetapi belum mempunyai ktp??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu bisa menggunakan kartu identitas lain seperti kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Pastikan, namanya sesuai dengan nama pemesan. Untuk jaga-jaga, bawa juga print-out receipt pembayaran.

      Terima kasih sudah mampir ya...

      Hapus
  46. kak saya mau tanya . kn saya mau check in 2 orng sama temen saya .pas di pengisian identitas kn ada tulisan Guest’s full name itu yg dimasukan nama saya apa nama temen saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terserah. Bisa kamu atau temanmu. Karena sistem di Traveloka memang seperti itu, berapapun jumlah tamu, hanya akan diminta satu nama untuk mewakili. Yang penting nama tersebut harus sesuai dengan yg ada di identitas ya... karena bakal digunakan saat check-in.

      Tapi kalau nama pemesannya kamu, mending nama tamu yang ditulis namamu. Karena kalau nama pemesan dan nama tamu sama, kamu tinggal mencentang kotak di atas kolom nama tamu.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga membantu.

      Hapus
  47. Gan wkatu check in kan jam 2..
    Apa masih bisa jika saya datang terlambat lebih dari jam 2

    BalasHapus
  48. Fast respon ya gan ..
    Dannn tambahan.. kalo saya menginap 2 tamu tapi saya datang sndiri d karenakan 1 nya lagi msh d perjalanan.. apakah tamu yang 1 itu akan d tanya pihal hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak masalah kok kamu datang terlambat dua jam dari jam seharusnya. Kamu kan sudah bayar dan pasti tempatmu tidak akan diberikan ke pihak lain.

      Kemungkinan besar, hotel tidak akan menanyakan mengenai teman kamu yang belum datang itu karena data yang digunakan untuk check-in biasanya cuma 1 nama penginap saja. Begitu kamu menyerahkan kartu identitas dan mereka mencatatnya, beres.

      Khususnya di hotel kecil, kamu tinggal menginfokan bahwa nanti akan ada teman yang menyusul dan itu lebih ke faktor keamanan saja.

      Hapus
  49. Kak mau tanya,kan saya sama temen saya pesen hotel di traveloka,nah saya yang berumur 18 gapunya aplikasi traveloka,kebetulan temen saya punya. Tapi temen saya umur nya 17 tahun. Nah kan berarti daftar nama nya di hotel itu nama temen saya identitas nya temen saya,tapi di kebijakan hotel itu ada keterangan kalo harus berumur du atas 18 tahun. Kalo misal saya ngasih ktp saya bagaimana? Kan itu saya datang nya tetep berdua sama temen saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ada kebijakan dari hotel harus berumur minimal 18 tahun, pasti pihak hotel akan meminta KTP dari masing-masing tamu, dan bukannya diwakili oleh satu orang saja.

      Jadi saran kami, ada baiknya kalian memilih hotel lain yang tidak mensyaratkan batas usia.

      Hapus
  50. Kl sy udah pesen dan membayar hotel di traveloka, sudah sy baca kebijakan dan deskrip hotel TDK DITULIS kebijakan harus menunjukan surat nikah dll saat perempuan dan pria check in, tp ketika sy sampai di hotel dgn pria, apakah boleh? Jika tidak boleh apakah voucher sy hangus gt aja? Tqu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di hotel besar, kemungkinan tidak apa-apa. Namun, di hotel kecil, khusus untuk masalah ini, biasanya lebih strict.

      Karena kita berada di Indonesia, kami menyarankan untuk menghindari hal itu.

      Hapus
  51. saya memesan 1 kamar max 2 orang. kalau teman saya ikut menginap apakah harus lapor resepsionis? bagaimana dgn breakfast besoknya? dan juga apakah diformulirnya dituliskan siapa teman yang akan menginap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan aturan standar, untuk kamar dengan max tamu 2 orang, sarapannya juga akan tersedia untuk 2 orang meskipun kamu memesan untuk 1 orang. Karena harga 1 orang tadi telah include meskipun tamunya hanya 1. Saat check-in, petugas hanya akan menanyai identitas 1 tamu. Selanjutnya, temanmu bisa masuk tanpa harus melapor ke petugas.

      Namun kondisi-kondisi khusus bisa saja terjadi di penginapan-penginapan kecil semacam homestay. Ada kemungkinan mereka akan menanyakan berapa jumlah tamu dan meminta semua identitas tamu. Karena tidak seperti di hotel besar yang makanannya melimpah, biasanya di penginapan-penginapan kecil hanya dihidangkan sesuai jumlah tamu pada hari itu.

      Hapus
  52. Saya pernah iseng mencoba mencari kamar untuk 8 orang, namun setelah saya membuka salah satu hotel yang menjadi hasil dr pencariannya , dikatakan bahwa kamar tersebut maksimal 6 orang , apakah kamar trsbt dapat saya gunakan untuk 8 orang ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada 2 kemungkinan yang menurut kami paling masuk akal.

      Yang pertama adalah maksimal untuk 6 orang tapi bisa menambah extra bed. Karena kemungkinan yang bisa menyediakan ruang selebar itu adalah homestay. Dan secara aturan, homestay memang tidak sesaklek hotel. Untuk memastikan, lihat keterangan tentang fasilitas extra bed, atau hubungi langsung pihak penginapan.

      Kemungkinan kedua adalah maksimal memang untuk 6 orang, tapi Traveloka menampilkan pilihan yang paling mendekati yang kamu cari.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  53. Min kalo udah bayar semua di TF pas sampe hotel bayar ini itu lagi ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biaya yang tercantum di traveloka adalah harga net alias sudah tidak ada tambahan biaya lain-lain. Namun , di beberapa tempat memang kemungkinan pada saat check-in akan dimintai sejumlah uang deposit. Itu biasanya untuk kunci kamar, kunci pintu luar hotel, atau beberapa fasilitas hotel yang tidak standar. Jika kunci sudah dikembalikan atau fasilitas tidak tergunakan, deposit bisa diambil kembali.

      Hapus
  54. Berapa biasa nya yg diminta uang deposit dari pihak hotel nya ,untuk hotel bintang 2-3 seharga 150-200/malam brapa yg akan di minta atau uang jaminan deposit dari pihak hotel ,apabila menghinap lebih dari 1malam apakah uang deposit di kali lipatkan dari harga yang di tentukan uang deposit dari harga peralam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk hotel bintang 2-3, kemungkinan deposit itu hanya untuk kunci dan bukan untuk penambahan fasilitas. Jadi, biayanya sangat murah, yaitu hanya sekitar IDR 50.000-100.000. Dan itu pun akan dikembalikan ketika kamu mengembalikan kunci. Semoga jawaban kami membantu. :)

      Hapus
  55. Min cek in hotel make identitas fotocopy kartu keluarga (KK) apakah bisa? ,karena umur belum 17 kartu pelajar ga punya gmna min apakahh bisa min haya pake indentitas Foto KOPI KK ,Dan itu tentu nya nama pemesan, nama tamu sama yang ada di Daftar kartu keluarga dan bisa menujkan bukti pembayaran saat boking hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar bisa pakai kartu keluarga karena kami sendiri belum pernah mencoba. Namun, untuk lebih amannya, bawalah print-out bukti pembayaran.

      Jika kamu bepergian dengan teman atau keluarga, lebih disarankan kamu menggunakan kartu identitas mereka saja sebagai data tamu.

      Semoga jawaban kami membantu :)

      Hapus
  56. Min kalo pesen hotel lewat traveloka, nanti pas check in pasti diminta KTP atau ada hotel yg gak minta? Kalo semisal diminta identitas diri, yg diminta punya pemesan saja atau semua pengunjung kamar tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian besar hotel meminta KTP atau kartu identitas lain (seperti kartu pelajar) dari salah satu tamu saja, yaitu yang terdaftar sebagai tamu di pemesanan di Traveloka. Namun, ada satu dua hotel yang meminta kartu identitas semua tamu.

      Terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  57. Min kalo pesen kamar buat 1 orang... Tapi ada temen maen tapi tidak ikut menginap apa harus laporan ke pihak recepsionis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak usah lapor kami rasa tidak masalah. Tapi kalau di hotel kecil yang ada penjaganya, masih ada kemungkinan mereka hafal wajah para tamunya, sehingga mungkin saja kamu akan ditanyai maksud kedatanganmu ke sana.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  58. Min mau tanya kalau semisal di hotel yang saya pesan waktu check in pukul 14.00 tapi saya bisanya check in lebih dari jam 14.00,apa itu tidak masalah, atau gimana? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu tetap bisa check-in di atas jam 14.00 kok. Jika perbedaan waktunya masih dekat, kami rasa tidak perlu konfirmasi terlebih dahulu. Kecuali jika kamu datangnya di jam-jam mendekati malam hari, terlebih dahulu kamu harus memastikan apakah resepsionisnya berjaga 24 jam atau tidak. Jika iya, tidak masalah datang jam berapapun karena kami juga sering seperti itu. Tapi kalau ternyata tidak 24 jam, kamu harus menghubungi pihak hotel terlebih dahulu agar ada petugas yang berjaga untuk melayani proses check-in-mu nanti.

      Terima kasih sudah mampir ya... :)

      Hapus
  59. Min, mau tanyaa ni . Saya mau pesan 2tamu 1 kamar . Saya bersama teman saya, cmn tmn saya ga ikut nginap cumaan mau main aja min. Tapi bila teman saya beda gender gimana min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan semacam ini, sebenarnya jawabannya tergantung pada jenis hotelnya. Kalau hotel besar, siapapun yang kamu bawa masuk ke kamar biasanya tidak terlalu diperhatikan. Sementara di hotel kecil, peraturannya biasanya lebih strict. Misal, semua tamu yang datang harus lapor, atau bahkan mensyaratkan gender harus sama walaupun hanya sekadar berkunjung.

      Semoga jawaban kami membantu ya... :)

      Hapus
  60. Kak mau tanya, untuk memastikan nama kita tercantum di hotel sbg pemesan apakh kita harus telf pihak hotelnya? Maklum br pertama pakai traveloka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu dilakukan pengecekan karena transaksi di Traveloka bisa dipastikan 90% aman. Meskipun pernah ada kejadian ketidak-match-an data, tapi itu kejadian yang sangat jarang terjadi dan bisa diantisipasi dengan menyimpan/mencetak bukti pembayaran (receipt). Tapi kalau kamu tetap khawatir, memastikan ke pihak hotelnya pun tidak ada salahnya.

      Hapus
    2. Min klo pesan hotel lewat traveloka sama datang langsung biasanya selisihnya brapa persen..??

      Hapus
    3. Harga kamarnya bisa saja lebih murah melalui pemesanan online, tapi bisa juga lebih murah ketika memesan langsung di hotel. Tergantung situasi dan kondisi juga sih. Kebetulan kami pernah mengalami keduanya.

      Ketika di Bangkok, kami memesan tempat tidur di Mascot Hostel melalui Traveloka dengan harga IDR 83.000. Pada saat tiba di hostel, kami tahu bahwa harga per orangnya ternyata adalah THB 160 yang jika dirupiahkan adalah sekitar IDR 70.000. Namun, kami tidak menyesal karena perbedaan harganya tidak signifikan.

      Di lain cerita, ketika akan menginap di suatu hotel di dalam negeri, kami berencana memesan kamar secara langsung. Namun, ketika membandingkan harga kamar di aplikasi online yang ternyata lebih murah, kami akhirnya memesan secara online tepat di depan mbak resepsionisnya. :)

      Jika kamu malas memesan jauh-jauh hari secara online, ada baiknya kamu meniru pengalaman kami yang kedua: datang ke hotel, tanya harga, bandingkan dengan harga online, dan pilih opsi yang lebih murah.

      Namun, sebenarnya memesan secara online seperti melalui Traveloka memiliki banyak keuntungan. Kamu bisa memesan jauh-jauh hari sehingga tidak rawan kehabisan kamar. Biasanya perbedaan harga di peak days dan hari-hari biasa juga tidak sangat jauh sehingga kamu lebih aman dari monopoli si pemilik hotel. Dan yang pasti, ada banyak diskon dan promo yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di pemesanan langsung.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
    4. Min kalo pesan di traveloka dan tertulis max 2 orang tapi yang menginap lebih dari 3 orang tanpa lapor ke resepsionis biasanya berapa dendanya ? Dan jika menginap 3 malam apakah selama 3 hari ada petugas kebersihan yg membersihkan kamar ?

      Hapus
    5. Kalau di hotel besar, jika ada tambahan penginap, kemungkinan besar tidak akan ketahuan. Kalau di hotel kecil, kemungkinan ketahuan dan dilarang itu akan sangat tinggi karena kehadiran orang lain pasti akan sangat terlihat. Lebih baik kamu bilang terus terang dan membayar extra bed. Kalau masalah denda, kami kurang tahu karena itu tergantung dari masing-masing hotel. Namun, kalau ketahuan pasti ada konsekuensi yang akan kamu dapat.

      Mengenai petugas kebersihan, itu juga berbeda-beda di tiap hotel. Kalau hotel besar jelas ada dan masuk kamar. Kalau hotel kecil, ada kemungkinan hanya beberapa hari sekali datang. Itu pun jarang masuk ke dalam kamar. Biasanya hanya membersihkan kamar mandi dan bagian luar kamar.

      Semoga jawaban kami membantu. :)

      Hapus
  61. Min mau tanya bagai mana kita tau hotel yang kita booking itu masih tersedia apa tidaknya ? Bagai mna jika kita sudah bayar ternyata saat kita checkin kamar tersebut yang kita sudah booking online sudah full terisi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama transaksi itu masih tersedia pada pilihan di Traveloka, berarti kamarnya masih tersedia. Jika kamar tinggal tersisa sedikit, pihak Traveloka bahkan akan memberitahu kita dengan menuliskan banyaknya kamar yang masih tersisa.

      Transaksi di Traveloka bisa dipastikan 90% aman. Jika ada transaksi yang ternyata bermasalah, itu hanya satu dua kali terjadi. Namun itupun bisa diurus. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kejadian yang kamu takutkan itu sangat jarang terjadi, meskipun kemungkinannya masih tetap ada.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  62. Kak jika ingin memperpanjang penginapan hotel di traveloka bagaimana caranya?soapnya sy sudah pesan untuk semalem d hotel tsb, tetapi sy ingin perpanjang semalam lagi. Agar tdk perlu cek out & cek in kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu ingin memperpanjang tanpa check in dua kali, mau tidak mau kamu harus ngomong langsung ke petugas resepsionisnya di hari kamu check in. Jika kamar tersedia, kamu bisa langsung tambah hari di kamar yang sama. Tapi jika kamar tidak tersedia, mungkin saja kamu akan ditolak atau dialihkan ke ruangan lain (bisa dengan kelas yang sama ataupun berbeda).

      Namun jika kamu memilih tetap membeli lewat Traveloka, kemungkinan besar kamu akan diminta chek in lagi karena untuk mendapatkan kamar yang sama kemungkinannya sangat kecil.

      Hapus
  63. Min mau tanya , saya dan teman saya sudah booking hotel di hotel bintang4 , pemesan atas nama teman saya , namun teman saya tersebut berhalangan ikut serta pd saat check-in , bisakah saya check in sendiri dengan membawa KTP teman saya beserta voucher yg di email ?? mungkinkah ditolak karna nama pemesan beda dengan nama tamu yg datang check in walaupun sudah membawa KTP si pemesan ?? oiya , apakah hotel bintang4 juga meminta uang deposit ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal itu sangat tergantung dengan kebijakan hotel masing-masing. Lebih amannya kamu konfirmasi dulu ke pihak hotel mengenai kondisimu tersebut.

      Mengenai deposit, kemungkinan besar ada tapi jumlahnya tergantung masing-masing hotel. Sekalian kamu bisa menanyakan hal ini ketika kamu mengkonfirmasi soal temanmu yang tidak bisa ikut tadi.

      Semoga jawaban kami membantu ya.

      Hapus
  64. Seneng banget bacain komentarnya...jadi banyak info yg d dapat...
    Thanks ya Akak Twins.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kami juga seneng kalau informasinya bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa cek artikel kami lainnya ya... :)

      Hapus
  65. Ka mau nanya, kalau misal nginep di hotelnya 2 hari. Hari pertama udah ditempatikan trus besok paginya mau keluar jalan2, apakah kunci kamarnya nanti di kasih ke resepsioni atau di bawa aja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di hotel besar, kamu titipkan maupun tidak, tetap akan ada petugas yang masuk ke kamarmu untuk bersih-bersih. Jadi jika kamu khawatir dengan keamanan kuncimu, memang lebih baik kamu menitipkannya saja di resepsionis.

      Sementara kalau di penginapan kecil, kami kurang menyarankan karena sistemnya tidak seperti di hotel besar. Kalau kamu yakin dengan barang-barang yang kamu tinggalkan di dalam kamar, nggak masalah sih kamu menitipkannya di resepsionis. Namun kami tetap menyarankan kamu membawa semua barang-barang berhargamu.

      Terima kasih sudah mampir. Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  66. Kak mau tanya, misalnya kita pesan hotel dan pembayaran sudah lunas tapi nama tamu dengan nama paspor itu berbeda? Apakah ada masalah pada saat check in?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbedanya bagaimana? Hanya salah tulis atau beda orang?

      Kalau hanya salah tulis, kemungkinan untuk ditoleransi masih besar. Kamu jelaskan saja ke petugas resepsionisnya. Sertakan juga receipt (bukti bayar) kamu sebagai bukti tambahan.

      Namun kalau berbeda orang sepertinya akan sulit. Misal yang terdaftar sebagai nama tamu adalah si A dan yang datang ternyata si B, kemungkinan besar petugas resepsionisnya akan menolak.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  67. Mau tanya please bantu jawab, jadi aku mau pesen hotel via traveloka tapi di daftarnya bilang type deluxe itu model kasurnya 2 single bed, di coba si ubah terus tanggalnya masih tetap 2 single bad ,sedangkan dari pihak hotel type deluxe ada juga yg 1 double bed. Saya kalo tetap pesan di traveloka dengan type itu saat check in bisa rubah type kasurnya apa tidak yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kamu sudah menanyakan ke pihak hotel mengenai ketersediaan double bad dan ternyata ada, masih ada kemungkinan kamu bisa mendapatkannya ketika sampai di hotel, khususnya jika sedang low-season karena berdasarkan pengalaman, kami juga pernah mendapatkan jenis kamar dari pihak hotel yang berbeda dengan apa yang kami pesan di Traveloka. Namun, karena kamu memesan lewat Traveloka, secara sistem kamu otomatis akan mendapatkan 2 single bed. Menurut kami, kamu tetap akan bisa berganti tipe double bed selama tipe tersebut masih tersedia. Untuk lebih pastinya, lebih baik kamu tanyakan lagi perihal ini ke pihak hotel.

      Hapus
  68. Kak saya mau tanya, kan saya pesen hotel di traveloka dan saya mengajukan permintaan khusus untuk checkin sama checkoutnya dan telah direspon pihak hotelnya, apakah saya harus menghubungi pihak hotelnya untuk memberikan konfirmasi bahwa saya menyanggupi biaya tambahan yang diberikan?
    Tolong bantu jawab ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut kami, kamu tidak perlu konfirmasi karena adanya respon dari pihak hotel sudah menunjukkan bahwa permintaan khusus itu disetujui. Namun, jika kamu merasa kurang lega, kamu bisa menelepon pihak hotelnya. Hehe. Semoga jawaban kami membantu ya.

      Hapus
  69. Halo kak, kalau saya booking hotel di Traveloka, tulisannya 2 guests / room. Tapi kalau saya datang 3 orang, apa bisa? Soalnya kalo booking yg buat 3 orang agak mahal hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, di hotel besar ada peraturan tentang extra bed. Namun, seandainya kamu menggunakan kamar untuk tiga orang kemungkinan tidak akan ketahuan meskipun tanpa ijin. Dengan ketentuan jika harga termasuk sarapan, orang ketiga tidak boleh ikut makan karena meskipun kadang tidak dicek, tentu saja hal itu akan merugikan hotel. Hehehe.

      Sementara di hotel kecil, kemungkinan akan ketahuan jika kamu menggunakan kamar untuk 3 orang karena penginap cenderung tidak banyak jadi resepsionis cenderung hafal dengan para penginap. Kami sarankan kamu menanyakan by phone bagaimana jika kamar digunakan untuk 3 orang karena justru biasanya hotel kecil membolehkan.

      Hapus
  70. Di hotel bintang 3 atau hotel yang sekelasnya menginap bersama teman beda gender apakah bermasalah ? *Mksud saya pacar 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di hotel kecil atau homestay, peraturannya biasanya lebih strict, misalnya mensyaratkan surat nikah untuk penginap yang berbeda gender. Sementara, kalau di hotel berbintang, siapapun yang menginap biasanya tidak terlalu diperhatikan. Namun, kami menyarankan kalian tetap menyewa dua kamar karena belum menikah. Hehehe.

      Semoga jawaban kami membantu ya... :)

      Hapus
  71. kak kalau bayar pas di hotelnya gimana? apa bisa pesen dulu di traveloka byrnya nati pas udah di hotel (awam)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang, traveloka sudah menyediakan pilihan "Bayar di hotel". Namun, pilihan ini sepertinya hanya tersedia di aplikasi yang sudah update terbaru. Jika membuka lewat browser atau aplikasi yang belum ter-update, opsi ini tidak muncul.

      Jadi, pada saat mencari hotel, pada bagian atas aplikasi atau di bagian filter, kamu bisa menemukan pilihan "Bayar di tempat". Dengan mengklik fitur ini, traveloka akan menampilkan penginapan-penginapan yang menyediakan fasilitas tersebut. Di keterangan masing-masing hotel, juga ada keterangan "Bayar di hotel tersedia." Dengan memilih fitur ini artinya kamu bisa memesan kamar terlebih dahulu di traveloka tapi membayar langsung di hotel.

      Semoga jawaban kami membantu ya.

      Hapus
  72. ka mau nanya,kan diatas disebutkan kalau di hotel besar,ketika kita hendak bepergian,mau dititipkan atau tidak kunci kita maka petugas kebersihan akan tetap masuk ke kamar kita,
    berarti sama bisa juga ya selagi kita tidur siang/malem,petugas kebersihan bisa leluasa masuk ke kamar kita?
    jadi apakah kita harus tetap mengamankan barang2 kita selagi tidur karena hawatir barang kita kenapa2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aturan standar di hotel besar alias hotel berbintang, memang di pagi hari petugas kebersihan akan masuk ke kamar kita untuk membersihkan dan merapikan kamar kita, baik kita ada di tempat maupun tidak. Selain di waktu itu, setahu kami petugas dilarang masuk ke kamar kita. Jadi misalpun ada yang masuk di luar jam itu, itu oknum.

      Memang untuk hal ini menurut kami pun agak sedikit aneh. Petugas yang masuk tersebut tentunya sangat merusak privasi, tapi nyatanya, itu adalah hal lumrah di hotel besar. Berdasarkan berita, memang pernah terjadi beberapa kasus pembobolan kamar di hotel-hotel besar.

      Jadi sepertinya, memang masing-masing tamu harus punya cara dan tempat sendiri untuk mengamakan barang-barang berharganya. Terutama, saat tamu keluar kamar.

      Sebagai tambahan, berdasarkan pengalaman kami, ada beberapa hotel bintang 3 ke atas yang menyediakan semacam lemari pengaman kecil dengan kunci kombinasi yang bisa kita atur sendiri. Ini tentu akan menambah kenyamanan kita dalam menyimpan barang.

      Hapus
  73. mas mau tanya nih saya orang awam, di smartphone saya install traveloka daftar sesuai dengan ktp saya, waktu pemesanan nama tamu, saya pakai nama saya asli,

    masalahnya kalau saya bayar lewat atm/mobile banking/internet banking tapi pakai rekening orang tua saya gimana mas ?? soalnya gak punya rekening bank/kartu kredit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah mentransfer dengan rekening atas nama orang lain karena Traveloka menerapkan sistem nomor unik untuk jumlah pembayaran. Jadi kamu benar-benar harus mentransfer sesuai dengan angka yang diberikan oleh Traveloka hingga digit terakhir.

      Biasanya pemrosesan pembayaran akan memakan waktu maksimal 10 menit. Jika setelah 10 menit pemrosesan belum terdeteksi, kamu bisa meng-upload bukti transfermu.

      Hapus
  74. Kak mau nanya pas waktu memesan kan disuruh isi data,yg email itu email apa yg di isikan?maap baru pakek ginian kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Email apapun bisa. Tapi pastikan emailnya masih aktif dan kamu harus ingat password-nya juga karena email ini nantinya akan digunakan untuk mengirim receipt pembayaran dan voucher hotel, tiket pesawat, tiket kereta, atau apapun yang kamu pesan.

      Hapus
  75. kak kalo aku pesen kamar apartemen untuk sehari di traveloka, saya pas dpt e-ticket langsung check in ke bagian resepsionis apartemen atau bagaimana? Saya gatau unit apartemennya kan lantai berapa terus unit yg mana karena saya tdk mendapatkan no telp org yg mau sewain apartemen tsb kak. Tolong info nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami belum pernah memesan kamar apartemen melalui Traveloka. Namun, karena dipesan melalui Traveloka, kemungkinan cara-caranya kurang lebih akan sama. Setelah mendapatkan e-voucher, kamu mungkin bisa menggunakannya untuk check-in melalui resepsionis dan setelah itu akan ditunjukkan secara jelas kamu berada di lantai dan unit berapa.

      Dan di e-voucher ini, biasanya akan disertakan nomor telepon dari tempat yang kamu pesan. Jadi, jika kamu masih galau, kamu bisa memastikan semuanya dengan menghubungi nomor yang tercantum di e-voucher tersebut.

      Hapus
  76. Maaf mau tanya..
    Kalau misalkan kita pesan 1 kamar untuk 2 org.. tp di isi bertiga dengan anak umur 7th apa harus tambah extra bed? Atau tidak perlu
    Atau lebih baik dr awal pesan kamar yg untuk 3 org?
    Soalnya perbedaan harga agak lumayan..
    Dan yg nambah jg cuma anak usia 7thn...
    Tolong infonya ya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya anak usia 5 tahun ke bawah masih dibebaskan biaya. Untuk usia 5-11 tahun, kemungkinan besar ada biaya tambahan. Namun, peraturannya tetap berbeda-beda di tiap hotel. Ada yang mewajibkan extra bed dan ada juga yang tidak mewajibkan extra bed dengan tambahan biaya untuk sarapan. Biaya tambahan ini pun berbeda-beda di tiap hotel. Karena biasanya di Traveloka tidak disertakan nomor telepon hotel, mungkin bisa dipastikan saat check-in atau saat sudah mendapatkan e-voucher karena biasanya di situ tertera nomor telepon hotel.

      Hapus
  77. Mau nanya aku da pesan hotel da bayar pakai CC trs aku selang 1 hari ada urusan mendadak. Jika kita gak jadi chek in pas hari yg kita pilih. kita da dapat vocher hotel jika kita batal chek in. Itu uang otomatis di kembalikan gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu batal check-in pada hari yang kamu pilih, uang tentu saja tidak otomatis dikembalikan. Kamu harus mengikuti prosedur refund yang telah ditetapkan oleh Traveloka. Singkatnya, kamu bisa login, pilih menu Pesanan Saya, klik tombol Detail pada pesanan yang ingin kamu refund. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti prosesnya.

      Refund voucher hotel maksimal terproses dalam 30 hari kerja tergantung pihak hotel. Sementara itu, uang bisa ditransfer ke rekening kamu dalam dua hari kerja, tergantung pihak bank.

      Namun, yang perlu digarisbawahi, setiap hotel memiliki kebijakan masing-masing. Ada yang memberikan fasilitas pembatalan gratis tapi ada juga yang tidak melayani refund. Dan yang melayani refund pun juga biasanya memberikan ketentuan bahwa pembatalan selambat-lambatnya harus dilakukan sebelum H minus sekian hari. Coba kamu cek dulu mengenai kebijakan dari hotel dan jenis kamar yang kamu pesan.

      Hapus
  78. Kak, mau nanya..maaf soalnya baru pertama kali pake traveloka. Kan aku mau mesan kamar hotel d traveloka trnyta tulisannya dstu ada sisa 5 kamar tersedia, brrti kan itu masih ada kan... Tapi pas aku cek di lain aplikasi misal sja d booking.com kmr itu sudah tidak tersedia lagi/kamar sdh full,pdhl tgl check in nya sama. Gimana ya itu? Mohon penjelasannya ka soalny yg saya takutkan misal sy sdh mesan d traveloka dan pas sdh mau check in mlh ga ad kamar lg yg tersedia pdhl udh bayar. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami tidak tahu pasti alasannya, tapi kami menebak bahwa mungkin saja masing-masing website pemesanan hotel online mempunyai jatah yang berbeda-beda dari pihak hotelnya. Artinya, satu website tidak terkait dengan website lain. Namun, ini hanya sebatas dugaan kami karena kami memang tidak tahu proses internal mereka.

      Selain itu, transaksi di Traveloka bisa dipastikan 90% aman. Jika ada transaksi yang ternyata bermasalah, itu hanya satu dua kali terjadi. Namun itupun bisa diurus. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kejadian yang kamu takutkan itu sangat jarang terjadi, meskipun kemungkinannya masih tetap ada.

      Semoga jawaban kami membantu.

      Hapus
  79. Assalamualaikum Mimi, saya newbie bgt pake Traveloka dan gaptek kalo masalah oemespeme begini takut salah. Pertanyaan saya (jangan diketawain ya semuanya) apakah bisa kita pesan kamar hotel di bulan berikutnya ex: saya pesan tanggal 12 Maret dan baru digunakan tanggal 27 April. Maksudnya disini tu apakah ada rentang hari yang dikhususkan seperti pemesan tiket kereta api untuk pemesanannya ga bisa jauh jauh hari Alisa biasanya seminggu sebelum keberangkatan gitu ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam...
      Bisa mas. Selama hotelnya sudah nongol di aplikasi Traveloka berarti sudah bisa dipesan. Ini juga berlaku untuk tiket pesawat terbang, dll.

      Kami biasanya malah 3-4 bulan sebelumnya sudah melakukan pembelian karena takut kehabisan atau harga naik.

      Hapus
  80. Hai kak.
    Aku mau tanya.
    Setiap hotel pasti bisa extra bed kah?
    Jika di hotel tersebut hanya ada 1 kamar 2 orang. Dan akan menginap untuk 4 orang. Nah, menurut kk lebih baik extra bed untuk 2 orang ato pesan 2 kamar?

    Makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak semua hotel menyediakan layanan extra bed. Biasanya ada keterangan di Traveloka, tapi mungkin untuk lebih pastinya bisa kamu tanyakan ke pihak hotel terlebih dahulu.

      Selain itu, sejauh yang kami tahu, extra bed memang hanya untuk penambahan satu orang saja. Jadi untuk kasus kalian, kami lebih menyarankan kalian menyewa dua kamar.

      Hapus
    2. Terima kasih atas jawaban nya kak😊

      Hapus
  81. Kak mau tanya apakah kita bisa chek in jam 11 siang terus chek out nya jam 6 sore?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar check-in hotel biasanya jam 14.00. Jika kamar tersedia, kemungkinan kamu bisa check-in jam 11.00 (early check-in). Dan standar check-out hotel biasanya jam 12.00. Jadi, kamu bebas check-out kapan pun sebelum jam itu. Namun, untuk hotel-hotel kecil, sebaiknya kamu konfirmasikan jam check-outmu sebelumnya dengan resepsionis karena biasanya mereka tidak berjaga 24 jam.

      Hapus
  82. Mau nanya , kalo pesanan di traveloka atas nama Rama Deni syarputra dan nama di KTP Deni Rama syarputra itu masalah atau tidak ya ? Cm nama di balik saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan besar tidak akan masalah. Tapi tetap kami sarankan untuk membawa receipt (tanda bukti pembayaran) untuk berjaga-jaga.

      Hapus
  83. Saya sudah sering boking hotel pakai traveloka, biasanya harga yg saya dapat memang lebih murah di traveloka dibanding boking ke hotel langsung.
    Tapi ini sy nginep di daerah puncak baru pertama kali udah terlanjur boking di traveloka (385k), ternyata murahan dihotelnya (300k). Apa karna lg libur lebaran x yah.
    Next sebelum pesen lewat traveloka, telvon tanya harga ke hotelnya dulu deh, biar tahu siapa yg paling murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena selisih hari pemesanan, Kak. Saat di Traveloka, booking-nya kan pasti sudah beberapa hari sebelumnya (sehari sebelumnya/lebih), yang pasti selisih hari dengan hari H saat pemesanan langsung di hotel.

      Tapi sarannya sangat bagus. Menanyakan harga terlebih dahulu ke hotelnya sebelum memesan memang akan lebih membantu kita untuk menemukan harga terbaik. Terima kasih masukannya untuk kami dan teman-teman semuanya, Kak. 🙏🙏

      Hapus
  84. Kak mau nanya.. jika saya cek in untuk jam 8 pagi dan ceck out jam 12 malam bisa gk ya? Untuk hotel besar. Dan itungan sehari di hotel itu 24 jam setelah cek in atau dihitung pergantian hari sampai jam 12 malam ya kak? Maaf saya baru pertama kali pesan di hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya waktu check-in hotel adalah pukul 14.00 dan waktu check-outnya pukul 12.00. Dan hotel besar biasanya juga lebih strict dalam hal peraturan.

      Jika kamu ingin check-in pukul 8 pagi dan check-out pukul 12 malam, kemungkinan besar kamu harus pesan kamar untuk dua malam. Early check-in masih mungkin jika selisih waktu check-inmu hanya 1-2 jam saja.

      Hapus
  85. Kak mau nanya. Kan di traveloka tertulis chek in nya jam 2 siang tapi kita setengah jam sebelum jam 2 sudah berada di hotel apa bisa untuk chek in langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kamu datang setengah jam sebelum waktu check-in, justru malah pas karena proses check-in di resepsionis biasanya memakan waktu antara 10-30 menit.

      Hapus
  86. Ka, saya mau bertanya.
    Saya berencana berangkat ke solo di tgl 11 jam 9.00 pagi, dan sampai di solo tgl 12 jam 1.40 dini hari pagi.

    Jika saya memesan hotel yang menerima 24 hours reception pada jam 2.00 pagi, pesan nya saya di tanggal 11 atau 12 ?

    Jika di tanggal 11, apa untuk check out jadi di tgl 12 jam 12 siang?

    Mohon bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu harus memesan hotel untuk tanggal 11. Dengan kondisi ini, kamu bisa check-out di tanggal 12 maksimal pukul 12.00.

      Hapus