Minggu, 23 Agustus 2015

CARA MEMESAN TIKET PESAWAT DI TRAVELOKA


Pada saat merencanakan perjalanan pertama kami ke luar negeri, kami memutuskan untuk memesan tiket pesawat Surabaya – Changi melalui Traveloka. Sangat disarankan untuk membeli melalui aplikasi Traveloka karena harganya lebih murah daripada melalui browser. Aplikasi ini bisa diunduh gratis pada App Store atau Play Store di smartphone kalian.

Pertama-tama, masuk ke aplikasi Traveloka lalu pilih menu ‘Pesawat’. Isi data yang dibutuhkan seperti Kota Asal, Kota Tujuan, Tanggal Berangkat, dan keterangan lainnya. Setelah itu klik ‘Cari Tiket’.

cara pesan tiket traveloka

Pada halaman selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan penerbangan sesuai dengan tanggal dan kota yang kalian masukkan tadi. Kalian tinggal pilih penerbangan yang sesuai dengan keinginan, jam, dan budget. Di halaman ini, ada dua opsi menu yang tersedia, yaitu ‘Urutkan’ dan ‘Filter’. Pada menu ‘Urutkan’, terdapat 4 pilihan, yaitu harga termurah, waktu berangkat, waktu tiba, dan durasi. Sementara untuk ‘Filter’, kalian bisa melakukan filter penerbangan dengan lebih detail, misal penerbangan tanpa transit. Gunakan yang sesuai dengan kebutuhan kalian.


cara membeli tiket di traveloka

Setelah memilih penerbangan yang diinginkan, kalian harus mengisi data pemesan dan data penumpang. Setelah semua diisi, bisa klik ‘Lanjut Ke Pembayaran’.

cara pemesanan tiket di traveloka

Setelah itu, akan muncul review pembayaran. Klik ‘Lanjut Ke Pembayaran’ lagi.

cara membeli tiket traveloka

Ada beberapa alternatif pembayaran yang bisa kalian pilih. Sesuaikan juga dengan batas waktu pembayaran yang dicantumkan ya, karena untuk masing-masing jenis pembayaran, sisa waktunya juga berbeda-beda. Biasanya untuk pembayaran transfer lewat internet banking, ada batas waktunya. Artinya, di waktu-waktu tertentu, misalnya di malam hari, ya kalian harus pergi ke mesin ATM.

cara memesan tiket pesawat traveloka

Perhatikan baik-baik syarat dan ketentuan yang ada pada masing-masing jenis pembayaran yang telah kalian pilih. Setelah semuanya oke, klik ‘Bayar Sekarang’.

cara pemesanan tiket traveloka

Update per tanggal 30 April 2016:

Setelah melakukan pembayaran, kalian tak perlu lagi melakukan langkah apapun karena Traveloka sudah melakukan update pada sistemnya. Jadi, begitu pembayaran berhasil dilakukan, kalian otomatis akan menerima email berupa tiket elektronik dan tanda terima. Semakin mudah, kan?


Setelah melakukan pembayaran, kalian bisa klik ‘Saya Sudah Bayar’.

cara pemesanan tiket traveloka

Waktu pemrosesan pembayaran kalian maksimal 10 menit. Kalian bisa menutup aplikasi dan mengecek status penerbitan e-ticket kalian di menu ‘Pemesanan Saya’ setiap saat. Tapi jika pemrosesan belum terdeteksi, kalian diharuskan mengunggah bukti pembayaran.

cara pesan tiket traveloka

Setelah tiket diterbitkan, kalian akan mendapatkan SMS dan email e-ticket kalian. Selamat ya karena kalian sudah memiliki tiket untuk terbang ke kota tujuan.

Nah, setelah tiket sudah di tangan, kalian bisa lanjut untuk memesan hotel untuk menginap selama kalian di tempat tujuan.

Baca juga:
CARA MEMESAN HOTEL DI TRAVELOKA

Di bagian kiri atas halaman depan Traveloka terdapat tanda garis tiga untuk melihat menu-menu lain. Menu 'Pemesanan Saya' dapat kalian gunakan untuk mengecek status pembayaran kalian. Jadi kalian tidak harus cemas menunggu karena di situ kalian bisa mengetahui apakah status pemesanan kalian masih dalam proses atau telah selesai. Sementara menu 'E-Ticket/Voucher Hotel' dapat kalian gunakan untuk melihat e-ticket/voucher hotel yang telah berhasil kalian pesan. Selain itu terdapat juga beberapa menu lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar