Kamis, 16 Februari 2017

STANDARD TICKET, KARTU MRT SEKALI PAKAI YANG BISA DIISI ULANG


Apa itu Standard Ticket?


apa sih standard ticket itu?
Bagian depan Standard Ticket

cara menggunakan standard ticket untuk naik mrt singapura
Bagian belakang Standard Ticket

Standard Ticket adalah salah satu jenis tiket/kartu yang bisa digunakan untuk naik Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura. Tiket ini bisa dibeli pada general ticketing machine yang ada di setiap stasiun MRT dan kalian bisa membayar untuk single maupun return trip. Namun, untuk return trip, kalian harus menggunakan kartu tersebut pada hari yang sama. Jika tidak digunakan, kalian bisa me-refund uang kalian dalam tiga hari sejak tanggal pembelian. Jika tidak di-refund dalam hari-hari tersebut, uang kalian akan hangus.

Baca juga:
CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)

cara membeli standard ticket untuk naik mrt singapura
Vending machine untuk membeli Standard Ticket

Standard Ticket Bisa Diisi Ulang (Reload)


Berbeda dengan EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass (STP), tiket ini hanya bisa digunakan untuk sekali pemakaian. Artinya, setelah dipakai sekali, tiket ini sudah tidak bisa digunakan. Ini tentu cocok bagi turis yang berencana untuk tak terlalu sering menggunakan Mass Rapid Transit (MRT).

Baca juga:
SINGAPORE TOURIST PASS (STP): KARTU MRT UNTUK TRAVELING MURAH DI SINGAPURA

Namun, tiket yang sama masih bisa diisi ulang (reload) di general ticketing machine hingga lima kali. Jadi, tiket tersebut bisa digunakan hingga enam kali pemakaian, dalam 30 hari setelah pembelian. Bahkan, pada pemakaian ke enam, kalian akan mendapatkan diskon sebesar 10 sen.

cara mengisi ulang (reload) standard ticket untuk naik mrt singapura
Tempat meletakkan kartu yang akan di-reload
Sumber: https://www.flickr.com/photos/varlamov/7007158126

Skema Penggunaan Standard Ticket


Pada awal pembelian tiket, kita akan dikenakan tambahan tarif sebesar 10 sen yang digunakan sebagai deposit tiket. Deposit 10 sen tersebut akan dikembalikan saat kita melakukan perjalanan ketiga dengan kartu yang sama. Alasan provider memberikan kembali deposit pada hari ketiga adalah untuk mendorong penumpang menggunakan kembali tiket yang sudah dibeli tersebut. Sebagai imbalan lainnya dan untuk meminimalkan pemborosan Standard Ticket tersebut, kalian akan diberi diskon 10 sen lagi pada perjalanan ke enam.

Berikut ini adalah contoh skema penggunaan Standard Ticket:

*Jika kalian menggunakan ponsel, gunakan mode "screen rotation" atau "rotasi layar" untuk melihat tabel dengan sempurna.
Perjalanan Pertama
Jika tarif untuk perjalanan pertama adalah SGD 1, penumpang harus membayar SGD 1,10. Harga tersebut meliputi tarif perjalanan sebesar SGD 1 dan deposit sebesar 10 sen.
Perjalanan Kedua
Penumpang membayar jumlah yang sesuai tarif perjalanan untuk perjalanan kedua.
Perjalanan Ketiga
Jika tarif untuk perjalanan ketiga adalah SGD 1, penumpang hanya perlu membayar 90 sen karena deposit sebesar 10 sen akan dikembalikan secara otomatis melalui pengurangan pada tarif perjalanan penumpang pada perjalanan ketiga.
Perjalanan Keempat
Penumpang membayar jumlah yang sesuai tarif perjalanan untuk perjalanan keempat.
Perjalanan Kelima
Penumpang membayar jumlah yang sesuai tarif perjalanan untuk perjalanan kelima.
Perjalanan Keenam
Jika tarif untuk perjalanan keenam adalah SGD 1, penumpang hanya perlu membayar 90 sen karena penumpang mendapatkan diskon sebesar 10 sen pada perjalanan keenam.

Oh ya, Standard Ticket ini tidak harus diserahkan atau dikembalikan kepada petugas lho. Jadi, kalian bisa menyimpannya sebagai suvenir setelah pemakaian.



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI PERTAMA (17 AGUSTUS 2015)

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KEENAM (20 AGUSTUS 2016)

CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)


7 komentar:

  1. Terima kasih, tulisan ini sangat membantu saya yang rencananya bln agustus mau berkunjung ke s'pore. Oh iya, jadi deposit untuk pemakaian/ pembelian kartu pertama itu 10 sen ya bukan 1 SGD? Kalau boleh tau, kira2 berapa biaya naik MRT sekali jalan? Soalnya saya sedang membuat perkiraan biaya selama di sana. Thanks before :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Deposit pertama hanya 10 sen.

      Biaya MRT sekali jalan berbeda-beda tergantung tujuanmu. Untuk lebih jelasnya kamu bisa kunjungi laman ini:
      http://www.transitlink.com.sg/eservice/eguide/rail_idx.php
      Di situ kamu bisa memasukkan nama stasiun keberangkatan dan stasiun tujuanmu. Setelah diklik 'Submit' akan muncul berapa harga dengan menggunakan Standard Ticket dan berapa lama perkiraan waktu tempuh perjalanan tersebut.

      Tapi kalau kamu berencana untuk sering naik MRT dan/atau bus, kami sarankan untuk menggunakan Singapore Tourist Pass (STP) karena jatuhnya akan lebih murah. Selain itu juga lebih simpel. Ingin tahu lebih banyak tentang STP? Kunjungi laman kami berikut ini:
      http://kembarimutjalanjalan.blogspot.co.id/2015/09/singapore-tourist-pass.html?m=1

      Semoga membantu. :)

      Hapus
    2. Rencana awal sih mau pakai STP atau yg sejenis, cuma yg saya pernah baca katanya ga tiap stasiun bisa mengembalikan uang deposit, sementara stasiun akhir saya Nicole Highway yg terdekat dari Golden Mile Complex.

      Hapus
  2. Permisi mau tanya. Saya rencananya ingin jalan jalan singkat sembari menungu transit pesawat saat di Singapura. Flight saya sampai di Singapura pukul 11 malam, kemudian apabila saya keluar dan berencana membeli Standart Ticket, apakah bisa dipakai sampai besoknya? Kalau tidak, berarti saya mengembalikan kartu tersebut atau bagaimana? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standard Ticket adalah kartu MRT sekali pakai. Jadi, setelah dipakai, nilai kartu itu sudah tidak ada. Tapi, kartu yang sama bisa di top-up di vending machine hingga 6 kali, masing-masing ada penghitungan diskonnya yang bisa dibaca selengkapnya di artikel. Kartu tidak perlu dikembalikan jadi bisa kamu koleksi hehehe. Dan seandainya kamu tidak melakukan top-up pun juga tidak masalah karena biaya depositnya sangat kecil, yaitu 10 sen.

      Hapus
  3. Untuk standard ticket, hanya bisa reload sejumlah harga tiket MRT ya?bisa tidak direload misalnya $10, kemudian di tap, kemudian berkurang saldonya sampai 6 kali?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standard Ticket adalah kartu yang bisa digunakan untuk sekali perjalanan. Itu artinya, nominal yang ada di kartu adalah sesuai dengan biaya dari lokasi yang kita tuju. Jadi, kita tidak bisa membeli melebihi jumlah yang sudah ditentukan oleh mesin.

      Kalau kamu ingin membeli dengan nominal lebih yang akan berkurang setiap kali perjalanan, sebaiknya gunakan EZ-Link atau STP.

      Hapus