Minggu, 25 Oktober 2015

CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)


Yang diperlukan ketika akan naik Mass Rapid Transit (MRT) tentu adalah kartu untuk masuk ke dalam peron, entah itu kartu EZ-Link, Singapore Tourist Pass (STP), atau Standard Ticket yang bisa dibeli di beberapa vending machine yang tersedia di setiap stasiun MRT.

Baca juga:
SINGAPORE TOURIST PASS (STP): KARTU MRT UNTUK TRAVELING MURAH DI SINGAPURA
STANDARD TICKET, KARTU MRT SEKALI PAKAI YANG BISA DIISI ULANG

Tiket MRT Singapura
Singapore Tourist Pass (STP)

vending machine Tiket MRT Singapura
Vending machine untuk membeli Standard Ticket Mass Rapid Transit (MRT)

Cara Membeli Standard Ticket MRT di Singapura


1. Pergi ke vending machine, lalu pilih “Buy Standard Ticket”. Seringkali, tanpa memilih, sudah ada tampilan “Buy Standard Ticket” langsung di layar. Selanjutnya, kalian tinggal memilih stasiun yang akan kalian tuju. Ada dua opsi untuk memilih stasiun tujuan, yang bisa kalian pilih berdasarkan preferensi dan kebutuhan:
- Map: berisi peta sederhana dari semua jalur MRT di Singapura. Kalian tinggal menekan pada lingkaran di samping nama stasiun yang akan kalian tuju.
- Station name: berisi daftar nama stasiun menurut abjad. Kalian tinggal menekan pada nama stasiun yang akan kalian tuju.

2. Setelah memilih tujuan, tarif akan muncul. Pilih “single trip” atau “return trip” sesuai dengan kebutuhan.

3. Pilih berapa jumlah tiket yang ingin kalian beli.

4. Masukkan uang sesuai atau lebih dari total tarif.

5. Ambil tiket dan kembalian jika ada. Setelah itu, tiket langsung bisa digunakan untuk naik MRT di Singapura.

Cara Isi Ulang (Reload) Standard Ticket MRT di Singapura


1. Letakkan tiket pada tempat pemindai tiket yang berada di bawah lubang tempat keluar tiket. Cirinya, ada tulisan “Please place here”.

2. Setelah tiket diletakkan, proses selanjutnya sama dengan ketika membeli pertama kali, yaitu kalian harus memilih stasiun tujuan. Bedanya, di sini kalian hanya bisa melakukan transaksi satu per satu. Jadi, kalau ada banyak kartu yang harus di-reload, ya harus sabar. Hehehe.

3. Selanjutnya, tiket akan diproses oleh mesin. Ketika selesai, akan ada pemberitahuan di layar dan lampu di tempat peletakan kartu akan menyala. Tekan OK dan kartu kalian bisa diambil dan langsung digunakan lagi. 

4. Proses isi ulang ini bisa dilakukan hingga 5 kali pada kartu yang sama.

Cara Membeli EZ-Link Card dan Singapore Tourist Pass (STP)


1. Pergi ke TransitLink Ticket Office yang ada di beberapa stasiun MRT tertentu. Informasikan kepada petugas mengenai kartu yang ingin kalian beli. Hal ini tentu bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan berapa lama kalian akan berada di Singapura.

2. Bayarkan uang kepada petugas sesuai dengan harga kartu yang kalian pilih.

3. Kartu siap digunakan sesuai dengan syarat dan ketentuannya masing-masing.

Cara Naik Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura


Setelah mempunyai tiket, baik Standard Ticket, EZ-Link, ataupun Singapore Tourist Pass (STP), kalian bisa masuk ke dalam peron. Untuk masuk (dan juga keluar dari) peron stasiun Mass Rapid Transit (MRT), kita harus melewati semacam pagar pembatas. Di pagar ini, kalian bisa melihat tanda panah hijau dan panah merah. Panah hijau artinya kalian bisa masuk lewat jalur tersebut, sementara panah merah artinya kalian tidak bisa lewat karena jalur itu merupakan jalur untuk penumpang dari arah berlawanan. Satu lagi pintu pagar yang agak lebar, dengan gambar kursi roda, adalah jalur yang diperuntukkan bagi mereka yang menggunakan kursi roda. Sebisa mungkin jangan melewati jalur ini untuk menghormati mereka yang membutuhkan.

MRT Singapura

Pada pagar dengan panah berwarna hijau, kalian bisa menempelkan kartu pada mesin pemindai. Ingat, mesin pemindai ini adalah yang berbentuk lingkaran, dengan tanda panah di samping, bukan yang berbentuk kotak. Yang berbentuk kotak adalah layar yang menunjukkan informasi mengenai kartu kalian, misalnya sampai tanggal berapa masa berlaku kartu atau berapa nominal uang yang akan dipotong.

Setelah terdengar bunyi ‘tit’, pintu pagar akan terbuka. Setelah itu, kalian bisa melewatinya begitu lampu hijau telah menyala. Dan jika terjadi eror, tenang saja, karena di dekat setiap pintu ini akan ada petugas. Jadi, bila kartu eror karena suatu hal, akan ada petugas yang bertugas me-reset kartu kalian dan kartu akan kembali bisa digunakan seperti semula.

Kalian tidak perlu memindai kartu lagi jika berganti peron yang masih berada di wilayah stasiun Mass Rapid Transit (MRT) yang sama. Jadi, nominal kartu baru akan dipotong begitu kalian memindai kartu pada saat keluar dari pagar.

Mass Rapid Transit (MRT) dari Changi Airport


Naik Mass Rapid Transit (MRT) dari Changi Airport sedikit berbeda dengan kebanyakan jalur MRT lainnya. MRT dari Changi Airport ini semacam MRT shuttle, dan hanya ada tiga pemberhentian: Changi, Expo, dan Tanah Merah. Setelah itu, dari Stasiun MRT Tanah Merah, kita bisa oper ke MRT East West Line, untuk bisa menuju ke pemberhentian-pemberhentian selanjutnya.

Naik Mass Rapid Transit (MRT) berdasarkan Jurusan


Per 24 September 2015, ada 5 jalur Mass Rapid Transit (MRT) yang tersedia, dan 2 lainnya masih dalam pembangunan.

peta MRT Singapura
Sumber: www.transitlink.com.sg

Untuk naik Mass Rapid Transit (MRT), yang perlu diperhatikan adalah line (jurusan) serta tujuan akhir dari MRT yang bersangkutan. Misalnya, untuk MRT North East Line, akan ada dua tujuan akhir, yaitu Harbourfront dan Punggol. Sebagai contoh, jika kalian berada di stasiun MRT Chinatown, untuk menuju stasiun MRT Farrer Park, kalian harus naik MRT North East Line (jalur berwarna ungu pada peta) jurusan Punggol.

peta jalur MRT Singapura

Line (jurusan) serta tujuan akhir dari Mass Rapid Transit (MRT) yang bersangkutan ditulis dengan jelas di pintu peron. Jadi, sangat tidak rawan nyasar atau salah naik MRT.

cara naik MRT Singapura
MRT North East Line jurusan Punggol

Membawa peta juga akan sangat memudahkan. Selain itu, di dalam Mass Rapid Transit (MRT) juga terdapat petunjuk tulisan dan suara jika MRT telah sampai atau akan sampai di suatu stasiun MRT.

Yang perlu diperhatikan adalah stasiun Mass Rapid Transit (MRT) interchange, yaitu stasiun tempat kalian bisa oper ke MRT jurusan yang lain. Sebagai contoh, jika kalian berada di Harbourfront dan ingin ke Woodlands, yang harus kalian lakukan adalah naik MRT North East Line (jalur berwarna ungu pada peta) jurusan Punggol dan turun di stasiun MRT Interchange Dhoby Ghaut. Dari stasiun MRT Dhoby Ghaut, kalian oper ke MRT North South Line (jalur berwarna merah pada peta) jurusan Jurong East dan turun di stasiun MRT Woodlands.

rute MRT Singapura

Stasiun dan Frekuensi Mass Rapid Transit (MRT)


Stasiun Mass Rapid Transit (MRT) di Singapura sangat bersih dan aman. Untuk beberapa stasiun MRT, kalian mungkin harus naik turun beberapa eskalator untuk berpindah dari satu peron ke peron lainnya. Jangan khawatir tersesat karena segala petunjuk arah dilengkapi dengan line dari MRT beserta dengan tujuan akhirnya. Namun, sebelum menaiki eskalator, pastikan kalian membaca petunjuk yang ada di masing-masing jalur eskalator karena ada eskalator yang naik atau turun satu lantai atau langsung dua lantai sekaligus.

Di setiap peron terdapat batas-batas berwarna merah, di mana penumpang yang akan masuk harus berdiri. Ada jalur berwarna hijau yang dikhususkan bagi penumpang yang akan keluar. Warga Singapura termasuk tertib untuk hal ini, kecuali untuk jam-jam padat seperti ketika jam pulang kantor atau ketika mendekati jam 12 malam.

MRT di Singapura

Dan jika kalian ketinggalan satu Mass Rapid Transit (MRT), jangan khawatir karena biasanya MRT akan datang setiap 3 hingga 8 menit sekali. Kalian bisa mengecek jadwal kedatangan MRT selanjutnya melalui prediksi waktu kedatangan yang ada di LCD di atas atau dekat pintu peron. Namun, MRT di Singapura tidak beroperasi 24 jam. Jadi, jika tidak ingin terpaksa naik taksi yang tentu saja lebih mahal, kalian harus sudah pulang sebelum jam 12 malam ya….

Peraturan dan Denda di Mass Rapid Transit (MRT)


Seperti kita tahu, Singapura adalah negara yang memiliki banyak peraturan dan akan memberi denda kepada setiap pelanggarnya. Di Mass Rapid Transit (MRT) pun ada peraturan yang harus dipatuhi, seperti aturan dilarang membawa durian, dilarang makan dan minum, dilarang merokok, dan dilarang membawa benda yang mudah terbakar, yang telah dicantumkan di masing-masing ruang MRT beserta dengan dendanya masing-masing.

Selain itu, pengguna Mass Rapid Transit (MRT) juga harus mengutamakan duduk untuk mereka yang membutuhkan, antara lain manula, ibu hamil, difabel, atau perempuan yang membawa anak.

pengalaman naik mrt singapura



Artikel terkait:

CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI PERTAMA (17 AGUSTUS 2015)

TRAVELING SINGAPURA (SINGAPORE) – MALAYSIA MELALUI DARAT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar