Sabtu, 12 September 2015

SINGAPORE TOURIST PASS (STP): KARTU MRT UNTUK TRAVELING MURAH DI SINGAPURA


Singapore Tourist Pass (STP) merupakan kartu EZ-Link dengan keistimewaan tertentu. Jika kartu EZ-Link biasa lebih diperuntukkan bagi mereka yang memang tinggal di sana, kartu ini diperuntukkan khusus bagi turis. Kartu ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menjelajahi Singapura dengan menggunakan sarana Mass Rapid Transit (MRT), bus, serta Light Rapid Transit (LRT), terutama bagi para budget traveler karena STP bisa digunakan untuk naik tiga jenis kendaraan tersebut sepuasnya dalam periode waktu tertentu, yaitu satu, dua, maupun tiga hari. Bagi yang berencana menghabiskan perjalanan di sana dengan tiga jenis kendaraan tersebut, kartu STP memberikan harga yang jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan kartu EZ-Link biasa, apalagi jika dibandingkan dengan membeli tiket menggunakan uang tunai.

Singapore Tourist Pass (STP)

Detail harga yang ditawarkan bisa dilihat pada tabel di bawah ini:

TIPE
HARGA
DEPOSIT
TOTAL
1 hari
SGD 10
SGD 10
SGD 20
2 hari
SGD 16
SGD 26
3 hari
SGD 20
SGD 30
(Data per 12 September 2015, Sumber: www.thesingaporetouristpass.com.sg)

Harga yang harus kita bayar di tempat pembelian kartu adalah harga ‘Total’ pada tabel di atas. Pembelian kartu ini hanya bisa dilakukan di TransitLink Ticket Office tertentu pada stasiun-stasiun Mass Rapid Transit (MRT) berikut:

*Jika kalian menggunakan ponsel, gunakan mode "screen rotation" atau "rotasi layar" untuk melihat tabel dengan sempurna.
TransitLink Ticket Office
Jam Operasional
Ang Mo Kio
Setiap Hari: 08.00 – 21.00
Bayfront
Senin – Jumat: Tutup
Hari Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional: 12.00 – 15.45, 16.45 – 20.00
Bugis
Setiap Hari: 10.00 – 21.00
City Hall
Setiap Hari: 09.00 – 21.00
Changi Airport
Setiap Hari: 08.00 – 16.00, 17.00 – 21.00
Chinatown
Setiap Hari: 08.00 – 16.00, 17.00 – 21.00
Farrer Park
Setiap Hari: 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Harbourfront
Setiap Hari: 08.00 – 16.00, 17.00 – 21.00
Jurong East
Setiap Hari: 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Lavender
Setiap Hari: 12.00 – 15.45, 16.45 – 19.30
Libur Nasional: Tutup
Orchard
Setiap Hari: 08.00 – 21.00
Raffles Place
Senin – Jumat: 08.00 – 21.00
Sabtu: 08.00 – 17.00
Minggu dan Libur Nasional: Tutup
Somerset (Concession Card Replacement Office)
Setiap Hari: 10.00  – 14.00, 15.00 – 18.00

Libur Nasional: Tutup
Woodlands
Setiap Hari: 08.00 – 21.00
(Data per 12 September 2015, Sumber: www.thesingaporetouristpass.com.sg)

loket tiket MRT
TransitLink Ticket Office di Changi Airport


Sementara itu, ‘Deposit’ yang dimaksud pada tabel harga di atas merupakan dana yang bisa kita tarik kembali saat kita mengembalikan kartu Singapore Tourist Pass (STP) tersebut tidak lebih dari lima hari setelah tanggal pembelian. Kalian tidak perlu khawatir harus repot-repot mendatangi stasiun Mass Rapid Transit (MRT) tertentu untuk mengembalikan kartu ini karena kartu ini bisa dikembalikan dan ditukarkan dengan deposit SGD 10 di semua TransitLink Ticket Office di tiap-tiap stasiun MRT atau di SMRT Passenger Service Centre di Changi Airport yang beroperasi dari jam 5.30 pagi hingga tengah malam setiap harinya. Ingat, maksimal lima hari kerja setelah pembelian, ya? Lebih dari itu, deposit SGD 10 kalian akan hangus. Tapi kalau kalian tidak mengembalikannya pun tidak masalah. Kartu ini akan berfungsi seperti kartu EZ-Link biasa setelah masa tersebut.

loket tiket MRT di Stasiun MRT Woodlands
TransitLink Ticket Office di Stasiun MRT Woodlands

Cara pemakaian Singapore Tourist Pass (STP) ini pun sangatlah gampang. Seperti EZ-Link biasa, kalian hanya perlu menempelkan kartu tersebut pada pintu masuk berpalang yang ada di tiap-tiap stasiun Mass Rapid Transit (MRT). Pintu masuk ya, bukan pintu keluar. Pintu masuk biasanya berlampu warna hijau gambar panah. Ada kalanya kartu ini macet karena suatu hal. Tenang saja, di dekat pintu masuk selalu ada petugas yang berjaga untuk membantu kalian membenarkan fungsi dari kartu kalian

Baca juga:
CARA NAIK MASS RAPID TRANSIT (MRT) DI SINGAPURA (SINGAPORE)

Kalau memakai kartu Singapore Tourist Pass (STP) ini, kalian juga tidak perlu khawatir salah masuk ke peron tertentu karena kartu bisa dipakai sepuasnya. Kalau salah masuk peron ya tinggal keluar lagi dan segera cari peron yang benar. Coba kalau kalian memakai kartu EZ-Link. Kalau salah masuk, ya saldo kalian akan berkurang. Sayang banget, kan?

Selain itu, memakai kartu juga sangat disarankan karena akan menghemat waktu. Coba bayangkan kalau tiap naik Mass Rapid Transit (MRT) kalian harus membeli tiket di mesin penjualan. Iya kalau pas nggak rame; kalau harus mengantri bagaimana? Bisa dibayangkan berapa waktu kita yang akan terbuang hanya untuk membeli tiket MRT.

Begitu pula saat naik bus. Di bus di Singapura, kalau kalian menggunakan uang tunai, kalian harus membayarnya di muka. Dan sebaiknya menggunakan uang pas karena memang tidak akan ada kembalian. Dengan memakai kartu ini, kalian hanya butuh meletakkan kartu pada mesin pemindai yang ada di dalam bus, dan tak perlu sibuk mencari uang receh. Simpel, kan?

Baca juga:
CARA LENGKAP DAN JELAS NAIK BUS DI SINGAPURA (SINGAPORE)

Nah, sekarang tergantung kalian. Tipe traveler yang manakah kalian? Kalau kalian lebih nyaman menggunakan taksi untuk mengelilingi Singapura, tentu saja kartu ini sangat tidak cocok.  Selamat mencoba!



Artikel terkait:

STANDARD TICKET, KARTU MRT SEKALI PAKAI YANG BISA DIISI ULANG

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI PERTAMA (17 AGUSTUS 2015)

REVIEW MARINA BAY SINGAPURA (SINGAPORE): MELIHAT MERLION DAN MARINA BAY SANDS DARI DEKAT


6 komentar:

  1. Kalau traveling ber 4 org, beli STP cukup 1 atau beli 4 ya ?
    Terus itu pemakaiannya unlimited ya ? Tergantung hari atau gimana ?
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pemakaian serentak, misalkan empat orang harus bersama-sama masuk ke satu pintu, masing-masing harus punya satu kartu STP karena STP sekali dipindai di pintu masuk, baru akan bisa digunakan lagi jika sudah dipindai di pintu keluar.

      Sebenarnya mungkin masih bisa satu kartu digunakan untuk berempat. Namun, mungkin itu akan dianggap ilegal dan ada kemungkinan kartu akan error.

      Pemakaian STP tersebut unlimited, dengan beberapa pilihan paket: 1 hari, 2 hari, 3 hari. Itu artinya, misal kalian membeli paket 1 hari, kalian bisa naik MRT, LRT, dan bus sepuasnya selama satu hari yang sama (tidak dihitung per 24 jam).

      Hapus
  2. Kalo untuk anak2 kartu stp nya bisa jadi satu sama ortu nya gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing-masing anak harus mempunyai kartu STP sendiri, dan itupun dengan harga normal karena hingga saat ini belum tersedia STP dengan harga khusus untuk anak-anak.

      Hapus
  3. kak, mohon info, kalo mau ambil deposit STP di changi tempatnya apakah sama dengan tempat kita membeli STP tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tempatnya sama. Yang harus kamu perhatikan adalah jam bukanya. Di data kami per 12 September 2015, loket di Changi buka sampai pukul 21.00 waktu setempat. Untuk mendapat info terupdate kamu bisa langsung mengunjungi website mereka di thesingaporetouristpass.com.sg.

      Hapus