Sabtu, 07 Maret 2015

REVIEW ARAYA HOMESTAY, PILIHAN PENGINAPAN MURAH DI PACITAN


araya homestay pacitan

Bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan ke Pacitan, khususnya dari luar kota, tentu tak cukup jika hanya sehari. Menginap barang sehari sudah harus terencanakan di dalam itinerary kalian agar bisa puas mengeksplorasi kota di bagian paling barat Jawa Timur ini.

cara menuju araya homestay pacitan

Araya Homestay merupakan salah satu homestay yang terletak di sekitar wilayah Pantai Teleng Ria. Menginap di lokasi ini sangat disarankan karena lokasinya yang cukup dekat dengan Terminal Pacitan. Bagi kalian yang menggunakan moda transportasi bus, walaupun mungkin lokasi yang ingin kalian tuju lumayan jauh dari titik ini, menginap di dekat Pantai Teleng Ria masih sangat direkomendasikan. Jika kalian pulang menggunakan bus terakhir yang berangkat malam, jarak homestay yang dekat tentu akan sangat menguntungkan.

Baca juga:
REVIEW PANTAI TELENG RIA PACITAN: PANTAI UNTUK MELIHAT SUNRISE DI PUSAT KOTA PACITAN

Untuk menuju Araya Homestay, kalian bisa menggunakan jasa tukang ojek yang memang banyak stand-by di sekitar Terminal Pacitan. Tarifnya cukup murah, yaitu sekitar IDR 15.000 per motor (per Oktober 2014). Dari Terminal Pacitan ke Araya Homestay hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.

lokasi araya homestay pacitan

Pertama kali tiba di homestay ini, kesan yang kami dapat adalah suasana yang homey. Desain bangunannya didominasi exposed brick wall dengan warna coklat muda yang hangat.

Fasilitas kamar yang disewakan ada dua yaitu kamar standar (6 kamar) dengan harga IDR 150.000/kamar/malam dan kamar standar double (3 kamar) dengan harga IDR 200.000/kamar/malam. Homestay ini juga menyewakan satu rumah yang terdiri dari 2 kamar dan 1 ruang tamu dengan tarif IDR 500.000 per malam. Pilihan ini tentu cocok bagi kalian yang traveling bersama keluarga atau dengan rombongan yang banyak. Enaknya, homestay ini juga menyediakan persewaan mobil dan motor. Jadi, jika tidak membawa kendaraan sendiri, kalian bisa memanfaatkan fasilitas ini (harga per Juli 2016).

sewa motor di pacitan

Homestay ini memiliki dapur kecil dengan lemari kaca berisikan mi instan dan minuman instan yang bisa kalian ambil dengan membayar pada tempat yang tersedia (kalian bisa mengambil walaupun tanpa penjaga, jadi kalian memang dituntut untuk jujur ya, hehehe).

Yang menurut kami paling menyenangkan dari homestay ini adalah suasananya yang sepi. Meskipun ada juga beberapa bule yang menginap di sini waktu kami menginap di sana, tapi suasananya tidak seramai seperti salah satu homestay di sekitar situ. Jadi, bagi kalian yang tidak menyukai suasana ramai dan party hura-hura ala bule, homestay ini recommended banget.

Homestay ini juga menyewakan surfboard dan pelatih lho. Dan kalian yang membawa surfboard bisa menyewa motor yang sudah dimodifikasi untuk tempat menaruh surfboard, seperti yang banyak ditemukan di Bali.

Baca juga:
PERJALANAN TAK TERENCANA KE PULAU BALI 4 HARI 3 MALAM (4D3N): HARI PERTAMA (14 FEBRUARI 2014)

Penjaganya juga ramah dan menyenangkan. Kami yang harusnya check-in pukul 12.00, juga ternyata sudah boleh masuk pukul 07.00. Entah karena saat itu low season atau mungkin memang early check-in sudah menjadi bagian dari fasilitas di homestay ini.

Pemilik rumah ini adalah sepasang suami istri Muslim asli daerah tersebut. Mereka juga super ramah. Oh ya, bagi kalian yang mau menginap di sini, pemilik rumah ini sangat ketat lho dalam menerapkan peraturan. Jadi, jika penginapnya lelaki dan perempuan, mereka harus menunjukkan surat nikah. Hal ini berlaku juga jika penginapnya adalah bule dan pribumi (jika penginapnya bule dan bule, sepertinya peraturan ini tidak berlaku).

Parkirnya cukup luas. Mobil juga masih bisa masuk, meskipun mungkin dengan jumlah terbatas.

Pada artikel kali ini, kami hanya akan me-review kamar standar yang kami sewa saat itu. Kamar standar tersebut memiliki ruangan yang cukup nyaman dengan lebar yang standar. Tapi jika hanya untuk satu atau dua orang saja, juga tidak terlalu sempit. Tempat tidurnya juga cukup lebar.

pengalaman menginap di araya homestay pacitan

Oh ya, di dalam kamar ini hanya terdapat satu colokan. Jadi, ada baiknya kalian membawa steker tambahan dari rumah agar bisa menggunakan colokan tanpa rebutan. Hehehe. Di dalam kamar tersebut juga terdapat cermin dan wastafel dari tanah liat.

tarif menginap di araya homestay pacitan

Kamar mandinya berada di pojok ruangan. Menurut kami, kamar mandi ini lumayan sempit. Tapi masih tetap bisa kok kalau kalian mau mandi walaupun mungkin tidak akan senyaman mandi di rumah. Hahaha.

fasilitas di araya homestay pacitan

penginapan murah di pacitan

Setiap kamar memiliki pintu dan jendela yang langsung menghadap ke luar. Jadi, sambil leyeh-leyeh, kalian bisa menikmati angin dari luar. Tapi tenang, kamarnya juga dilengkapi dengan kipas angin (yang seingat kami, tidak kami gunakan karena Pacitan cukup sejuk saat kami berkunjung). Di depan masing-masing kamar pada bagian terasnya, terdapat dua kursi dan satu meja. Dan, terdapat pembatas teras antar masing-masing kamar.

rekomendasi penginapan murah di pacitan

Oh ya, poin menarik lain dari homestay ini adalah lokasinya yang dekat dengan Pantai Teleng Ria. Jadi, selain akan sangat memudahkan kalian yang ingin mengunjungi pantai ini, atau mungkin juga untuk mengejar sunrise di pagi hari, kalian juga bisa menikmati suara debur ombaknya di malam hari sambil kongkow di teras depan kamar.

hotel di dekat pantai teleng ria pacitan

Selain Pantai Teleng Ria, objek wisata lain yang dekat adalah Pantai Pancer Dorr dan Rumah Kediaman SBY (bagi yang sekedar ingin foto-foto). Sementara, untuk objek-objek wisata lain seperti Pantai Klayar dan Pantai Srau bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20-30 menit dari tempat ini.

destinasi wisata dekat araya homestay pacitan

Fasilitas Araya Homestay Pacitan


- Kamar mandi dalam
- Teras
- Parkir
- Dapur kecil

Kelebihan


- Dekat dengan Terminal Pacitan
- Harga lumayan terjangkau
- Tempat nyaman
- Penjaga dan pemilik ramah
- Tidak penuh dengan bule yang cenderung ramai
- Kemungkinan bisa early check-in jika kalian datang sebelum waktu check-in
Bisa sewa motor/mobil

Kekurangan


- Parkir kurang luas jika untuk beberapa mobil
- Kamar mandi sempit
- Hanya ada satu colokan di kamar

Waktu Operasional


Check-in: 12:00
Resepsionis/penjaga: tidak 24 jam

Destinasi Terdekat


- Pantai Teleng Ria
- Pantai Pancer Dorr
- Rumah Kediaman SBY

Cara Menuju Araya Homestay Pacitan


a. Dari Terminal Pacitan

- Naik ojek dari Terminal Pacitan turun di depan homestay

Peta Lokasi Araya Homestay Pacitan

Alamat Araya Homestay Pacitan


Jl. Teleng Ria II, Sidoharjo, Kec. Pacitan
Telp. 0812-5201-2388



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PACITAN 2 HARI 3 MALAM (2D3N): HARI KEDUA (18 OKTOBER 2014)

REVIEW BARU DUA BEACH HOTEL, BANYUWANGI: PENGINAPAN PINGGIR LAUT SUPER MURAH DI BANGSRING


Tidak ada komentar:

Posting Komentar