Minggu, 04 Juni 2017

REKOMENDASI TEMPAT MAKAN HALAL DAN MURAH DI PHUKET, THAILAND


Seperti telah kami sebutkan dalam beberapa postingan sebelumnya, Phuket merupakan suatu daerah di Thailand yang jumlah komunitas Muslimnya cukup banyak. Salah satu faktornya mungkin karena Phuket terletak di kawasan Thailand bagian selatan, yang memang dekat dengan Malaysia sehingga banyak pengaruh Islam dari negara tersebut. Selain itu, selama kami di Phuket (atau Patong lebih tepatnya), kami juga menjumpai Muslim dari berbagai etnis, seperti Arab dan India.

Karena alasan inilah, mencari makanan halal di Phuket tidak terlalu sulit walaupun juga tidak bisa dikatakan sangat mudah. Berikut ini adalah beberapa tempat makan halal dan murah yang pernah kami coba di daerah Phuket dan sekitarnya.

1. Harisa


Harisa ini merupakan suatu depot kecil yang terletak di Jalan Thanon Ratuthit Songroipi, yang lokasinya hanya beberapa ratus meter dari Patong Studio Apartments, tempat kami menginap waktu kami berkunjung ke Phuket.

Baca juga:
REVIEW PATONG STUDIO APARTMENTS: HOSTEL SUPER MURAH DENGAN FASILITAS SUPER KOMPLET DI PHUKET

rekomendasi tempat makan halal di phuket

rekomendasi tempat makan halal di patong phuket

Makanan yang disajikan cukup beragam. Ada pilihan lauk yang digoreng dan sayur berkuah. Yang saat itu kami coba adalah kari ayam campur rebung yang super pedas serta rendang daging campur pisang muda. Nah, rendang daging campur pisang muda ini sangat layak dicoba meskipun agak aneh (tapi enak kok) karena kan jarang ada pisang muda dimasak jadi sayur kalau di Indonesia.

Beberapa makanannya memang super pedas ya, jadi kalian harus hati-hati. Penjualnya biasanya akan memperingatkan "it's hot". Dan ketika mereka mengatakan itu, biasanya makanannya memang super super pedas.

Saat makan, kami mendapat air putih dan lalapan gratis. Saat itu, para suami juga sempat memesan kopi hitam yang rasanya aneh seperti jamu. Untuk semua makanan yang kami pesan, 4 porsi makanan plus dua gelas kopi, kami membayar total THB 220.


2. Warung-warung makanan halal di dekat Masjid Nurul Islamiyah


Di daerah dimana Muslim menjadi minoritas, salah satu tempat terbaik untuk mencari makanan halal adalah di dekat masjid. Aturan ini pun juga berlaku di Phuket.

masjid di patong, phuket

Di sepanjang Jalan Phra Barami, tepatnya di depan Masjid Nurul Islamiyah, kalian akan menjumpai berderet penjual makanan halal. Yang kami coba saat itu adalah salah satu warung yang ada di seberang masjid. Warung ini tidak memiliki tempat khusus, hanya menebeng di emperan toko seperti halnya di Indonesia.

tempat makan halal di phuket

Nasi yang disediakan ada dua, yaitu nasi putih dan nasi lemak dan yang kedua itu sebenarnya harganya sedikit lebih mahal tapi karena saat itu kami bertampang kere jadinya dikasih harga seperti nasi putih. Wkwkwk.

Pilihan sayur dan lauknya jauh lebih beragam dibandingkan Harisa. Untuk setiap porsi, kami harus membayar THB 70, bebas memilih sayur dan lauk apapun. Ini sebenarnya sedikit lebih mahal daripada di Harisa tapi masih cukup murah dan sesuai budget.

Selain menu utama tadi, kami juga mendapatkan air putih dan sup bening yang super gurih dan enak serta gratis pula.

Selain warung ini, ada banyak pilihan warung lainnya yang tidak kami coba. Di samping kiri masjid sebenarnya ada yang menjual nasi dengan harga lebih murah, yaitu THB 50. Tapi, sayangnya tempat itu tidak menyediakan kursi untuk duduk. Jadi, buat kalian yang mau membungkus makanan dan memakannya di hostel, tempat ini bisa juga dijadikan pilihan.

3. Tempat makan lain di dekat Harisa


Nah, pada hari kedua, sepulang dari Phi Phi Islands, kami rencananya mau makan malam di Harisa lagi. Sayangnya, depot itu tutup. Mungkin memang hanya buka di siang hari, entahlah.

Tapi untungnya, tak jauh dari Harisa ada penjual makanan yang pelayannya berhijab tapi kami lupa apa nama depotnya. Tidak terpampang tulisan Halal tapi saat kami tanyai, mereka mengatakan tempat makan itu halal (atau halan dalam pelafalan Thailand).

Yang dijual di sini adalah makanan-makanan seperti nasi goreng, mi goreng, dan semacam krengsengan kalau di Indonesia.

tempat makan halal di patong phuket

Selain menu utama, seperti sebelumnya, kami juga mendapat air putih dan sup bening gratis. Selain itu, di meja di depan kami tampak sepiring penuh cabe dan bawang putih mentah, yang sepertinya dimaksudkan sebagai lalapan. Tapi kami tidak mencobanya karena ya, masa sih mau makan lalapan bawang putih??!!

tempat makan murah di phuket

tempat makan murah di patong phuket

tempat makan murah dan halal di patong, phuket

Saat itu, kami membayar THB 360 untuk 4 porsi makanan dan 2 gelas kopi hitam yang rasanya juga seperti jamu.

4. Makanan halal di Phuket International Airport

Sebenarnya, ada restoran halal di Bandara Phuket. Sayangnya, saat kami di sana restoran itu sedang tutup, sedangkan tempat makan yang ada di lantai 3 bandara tidak menjual makanan halal.

Restoran di samping restoran halal tadi sebenarnya menjual mi cup instan, tapi hati-hati karena ternyata mi tersebut tidak halal.

Akhirnya setelah bertanya sana-sini dan harus keluar masuk bandara, kami mendapat informasi kalau di minimarket lantai satu, yang bernama PP Minimart, ada makanan halal. Dan memang, begitu sampai di sana, kami dapati mereka menjual nasi kotak, dengan pilihan lauk udang dan telur. Harganya THB 80 per porsi. Lumayan lah, kan lagi di bandara.

tempat makan murah dan halal di phuket airport

tempat makan murah dan halal di bandara phuket

Nah, itu tadi sedikit daftar tempat makan halal di Phuket yang pernah kami coba. Semoga membantu ya. Memang hanya sedikit, karena selama dua hari di sana, kami mengikuti dua tur berbeda (ke Phi Phi Islands dan Phang Nga Bay), yang berlangsung dari pagi sampai sore, yang masing-masing menyediakan makanan halal di dalam paket turnya.



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KEDUA (16 AGUSTUS 2016)

REKOMENDASI TEMPAT MAKAN HALAL DAN MURAH DI BANGKOK, THAILAND


Tidak ada komentar:

Posting Komentar