Senin, 14 Agustus 2017

CARA LENGKAP DAN MUDAH TARIK TUNAI DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DEBIT INDONESIA DI MESIN ATM DI LUAR NEGERI

Berencana pergi ke luar negeri tapi malas/takut membawa uang cash terlalu banyak sementara di sisi lain tidak punya kartu kredit? Tenang. Gunakan saja kartu debit yang kamu punyai. Berbagai bank di Indonesia telah bekerja sama dengan perusahaan-perusaahaan layanan keuangan internasional dari Amerika Serikat untuk mempermudah transaksi nasabahnya ketika berada di luar negeri. Dua perusahaan layanan keuangan terbesar yang pasti sering kita dengar adalah:

- Visa

cara tarik tunai di luar negeri
Sumber: www.brandsoftheworld.com














- Mastercard

cara tarik tunai dengan atm di luar negeri
Sumber: www.wikipedia.org













Mastercard sendiri sebenarnya digunakan untuk kartu kredit. Sementara untuk kartu debit, perusahaan ini memiliki dua brand yang cukup ternama, yaitu Maestro dan Cirrus.

tips tarik tunai dengan atm di luar negeri
Sumber: www.wikipedia.org









tips tarik tunai di luar negeri
Sumber: www.wikipedia.org









Cara bertransaksinya pun cukup mudah. Di bawah ini telah kami paparkan dengan lengkap dan jelas langkah-langkah tarik tunai dengan menggunakan mesin ATM di luar negeri:

1. Pastikan kartu debitmu mempunyai simbol layanan keuangan seperti gambar-gambar di atas.

2. Cari mesin ATM yang mempunyai logo yang sama dengan logo di kartu debitmu.

3. Masukkan nomor PIN-mu (tetap seperti yang di Indonesia ya).

4. Cek saldo rekeningmu terlebih dahulu. Tidak semua ATM menampilkan saldo rekeningmu dalam mata uang Rupiah. Beberapa ATM menampilkan saldo dalam mata uang negara tempat kamu dan si ATM berada.

5. Masukkan/pilih nominal yang kamu inginkan. Pastikan tidak melebihi saldo ya.

6. Uang akan keluar dalam mata uang negera tempat kamu berada.

7. Oleh bankmu, kamu akan dikenai biaya administrasi dan biaya selisih kurs. Hal ini bisa kamu lihat pada rincian di internet banking yang bisa kamu lihat melalui ponselmu. Di beberapa ATM, ada juga yang mengenakan biaya administrasi ATM. Dalam kasus seperti ini, sebelum meng-OK transaksi kamu akan diperingatkan akan hal ini. Jadi jika kamu memang kurang sreg atau keberatan dengan itu, kamu bisa membatalkan transaksi.


Karena tidak semua bank mempunyai aturan yang sama dalam hal transaksi di luar negeri, ada baiknya kamu bertanya terlebih dahulu kepada Customer Service di bank penerbit kartu debitmu. Siapa tahu ada batasan-batasan khusus yang harus kamu ketahui sebagai pelanggan.

Nah, cukup gampang, kan? Mungkin dengan biaya selisih kurs, pengeluaran kita akan sedikit bertambah, tapi di sisi lain, kita tidak perlu ribet membawa banyak uang dari Indonesia serta terbebas dari pemakaian kartu kredit. Memang segala sesuatu selalu ada kurang lebihnya ya, Guys.



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PHUKET – BANGKOK, THAILAND 6 HARI 6 MALAM (6D6N): HARI KEEMPAT (18 AGUSTUS 2016)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar