Minggu, 29 April 2018

REVIEW KUALA LUMPUR CITY CENTRE (KLCC) PARK: MENIKMATI KEMEGAHAN PETRONAS TWIN TOWERS DAN KEINDAHAN AIR MANCUR MENARI LAKE SYMPHONY

Petronas Twin Towers
Petronas Twin Towers

Terus terang, meskipun destinasi ini sangat mainstream di mata beberapa traveler, kami tetap merasa bahwa KLCC Park dengan Menara Kembar Petronas-nya tetap merupakan destinasi utama saat traveling ke Malaysia, khususnya bagi yang masih pertama kali datang ke negeri ini. Dengan datang ke KLCC Park, kita akan mendapatkan pemandangan dari salah satu bangunan paling ikonik di dunia. Petronas Twin Tower juga sempat menjadi bangunan tertinggi di dunia pada tahun 1998 hingga 2004 lho. Namun, meskipun sudah terkalahkan sebagai bangunan tertinggi, hingga kini Menara Kembar Petronas tetap menjadi menara kembar tertinggi di dunia. Dan tentu ini bisa jadi alasan kuat bagi kalian untuk berkunjung ke sini.

Yang paling menyenangkan dari mengunjungi KLCC Park ini tentu karena lokasinya yang mudah dijangkau dan dilewati GoKL yang merupakan alternatif transportasi gratis di Kuala Lumpur. Selain itu, masih ada alternatif transportasi lainnya juga yang bisa kalian manfaatkan untuk menuju KLCC Park, seperti LRT atau monorel. Dan menyenangkannya lagi, untuk masuk ke taman ini, kalian tidak perlu membayar sepeser pun alias gratis.

KLCC Park berada di Jalan Ampang, di Kuala Lumpur City Centre, dekat dengan Suria KLCC Mall. Keberadaan taman ini memang didesain untuk menikmati kemegahan Petronas Twin Towers yang bisa dibilang merupakan atraksi utama yang menarik turis untuk datang ke sini. Dan membicarakan mengenai menikmati Petronas Towers, kami menyarankan untuk mengunjunginya di dua waktu yang berbeda, siang dan malam, karena seperti halnya Marina Bay atau Gardens by the Bay, Menara Petronas dan sekelilingnya menawarkan pemandangan yang benar-benar berbeda saat siang dan malam.

Saat malam hari, kalian bisa melihat Petronas Tower begitu megah dengan cahaya yang memancar dari keseluruhan arsitekturnya. Menara ini tampak bercahaya dan menjulang membelah langit malam. Suasana berlampu dari bangunan di sekelilingnya juga membuat malam hari semakin semarak.

Petronas Twin Towers
Petronas Twin Towers di malam hari

KLCC Park
KLCC Park dengan Suria KLCC di kejauhan

Dan selain itu, menikmati dancing fountain di Lake Symphony yang berada di area KLCC Park tentu menjadi hiburan tersendiri bagi kalian yang mengunjungi Petronas di malam hari. Danau ini adalah danau buatan yang berada tepat di depan Mal Suria KLCC. Pada jam-jam tertentu, yaitu pukul 20.00, 21.00 dan 22.00, kalian bisa menikmati air mancur menari yang diiringi lantunan musik orkestra dan dihiasi permainan cahaya (light show). Sungguh, pemandangannya sangat menakjubkan. Jadi, usahakan kalian tidak terlewat menikmati air mancur menari dengan lightshow dan orkestra ini karena di setiap sesinya, pertunjukan ini hanya berlangsung selama kurang lebih 5 menit.

Air mancur menari di KLCC Park
Air mancur menari di KLCC Park

Menikmati KLCC Lake Symphony Water Fountain Show

Sebenarnya, jadwal operasi air mancur ini cukup lama, yaitu dari pukul 12.00 sampai pukul 14.00 dan dari pukul 18.00 sampai pukul 23.00. Jadi, kalian yang datang di siang hari tetap bisa melihat keindahan air mancur ini walaupun tanpa orkestra dan light show tersebut.

Di siang hari, kalian juga bisa menikmati keindahan hehijauan dari area di sekelilingnya. Kalian bisa melihat perpaduan pepohonan dan belukar yang menyatu dengan karya seni buatan manusia. Pada siang hari, Menara Petronas tampak berbeda dengan di malam hari. Kalian akan bisa menikmati detail dari arsitekur bangunannya yang menggabungkan kaca dan stainless steel yang membuat bangunan tampak berkilau seperti besi yang kokoh. Namun, jika kalian datang di siang hari pada saat weekday, kalian akan mendapati banyak karyawan atau pekerja di area tersebut (khususnya di area depan dan bukan di dekat taman) karena memang area ini adalah daerah perkantoran dan pusat bisnis.

Jika kalian ingin mendapatkan pemandangan sempurna dari gedung ini, kalian bisa mengambil foto dari sekitar pemberhentian GoKL atau agak sedikit menjauh dari gedung. Dari area taman, kalian juga bisa mendapatkan foto Petronas yang sempurna dengan cukup mudah. Kami yang waktu siang hari mengambil foto dari lokasi yang agak dekat dengan gedung malah mengalami kesulitan dan harus rela tiduran di lantai agar bisa mendapatkan foto bangunan utuh sampai ke puncak. Hahaha.

Oh ya, jika kalian ber-budget lebih dan memiliki waktu yang cukup senggang, kalian bisa manfaatkan untuk naik ke Menara Petronas tersebut, tepatnya di Observation Deck dan Skybridge  (jembatan yang menghubungkan kedua menara kembar tersebut). Untuk dewasa, uang yang harus kalian keluarkan untuk membeli tiket adalah MYR 85 atau sekitar IDR 300.000. Dan seringkali, kalian harus mengantri untuk bisa membeli tiket tersebut, khususnya saat peak season. Bahkan ada yang bilang, mereka harus mengantri 3 jam. Dan waktu untuk menikmati pemandangan Kuala Lumpur dari Skybridge tersebut hanya 10 menit saja. Beberapa turis mengeluhkan bahwa ini terlalu singkat, apalagi jika dibandingkan dengan waktu mengantri yang sangat lama. Maka dari itu, kami tegaskan, jika waktu kalian tidak sangat senggang, sebaiknya tidak usah naik ke Skybridge.

Tiket Masuk


- Taman dan Dancing Fountain
Gratis

- Petronas Twin Towers
Dewasa (13 -  60 tahun): MYR 85
Anak-anak (3 - 12 tahun): MYR 35
Lansia (61 tahun atau lebih): MYR 45
Bayi (di bawah 3 tahun): Gratis

Waktu Operasional


- Taman
Setiap hari, 07.00 -  22.00

- Lake Symphony Dancing Fountain
Hari kerja: 12.00 - 14.00 dan 18.00 - 23.00
Akhir pekan dan hari libur: 10.00 - 00.00

- Petronas Twin Towers
Senin: Tutup
Selasa - Minggu: 09.00 - 21.00 (Hari Jumat, tutup pada pukul 13.00 - 14.30)
Idul Fitri dan Idul Adha: Tutup

Destinasi Terdekat


- KL Tower

Cara Menuju KLCC Park


a.  Dari KLIA


- Naik KLIA Ekspres jurusan KL Sentral dari Stasiun ERL KLIA turun di KL Sentral atau naik SkyBus dari KLIA turun di KL Sentral
- ‎Naik LRT Kelana Jaya jurusan Gombak dari Stasiun LRT KL Sentral turun di Stasiun LRT KLCC
- ‎Jalan ke KLCC Park sekitar 650 meter (11 menit)

b. Dari Terminal Bersepadu Selatan


- Naik KLIA Transit dari Stasiun KLIA Transit Terminal Bersepadu Selatan turun di KL Sentral
- ‎Naik LRT Kelana Jaya jurusan Gombak dari Stasiun LRT KL Sentral turun di Stasiun LRT KLCC
- ‎Jalan ke KLCC Park sekitar 650 meter (11 menit)

Peta Lokasi KLCC Park

Alamat KLCC Park


Jalan Ampang, Kuala Lumpur City Centre, Kuala Lumpur, Malaysia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar