Senin, 02 April 2018

REVIEW PANTAI TELENG RIA PACITAN: PANTAI UNTUK MELIHAT SUNRISE DI PUSAT KOTA PACITAN

Pantai Teleng Ria merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Pacitan. Letaknya yang berada di pusat kota, membuat pantai ini menjadi salah satu pantai yang paling dekat dengan berbagai fasilitas. Lokasinya yang dekat dengan Terminal Bus Pacitan juga membuat pantai ini mudah sekali dituju. Tentu ini bisa jadi angin segar bagi kalian yang ke Pacitan dengan menggunakan bus. Selain itu, bagi kalian yang ingin membeli tiket bus untuk pulang ke daerah masing-masing, lokasi kantor-kantor bus tersebut masih cukup dekat dengan Pantai Teleng Ria.

Di sekitar Pantai Teleng Ria, banyak sekali penginapan yang bisa kalian pilih, dengan beberapa pilihan harga yang rata-rata masih bersahabat dengan kantong kita. Salah satunya adalah Araya Homestay, tempat kami menginap saat berkunjung ke Pacitan di tahun 2014 silam.

Baca juga:
REVIEW ARAYA HOMESTAY, PILIHAN PENGINAPAN MURAH DI PACITAN

Bisa dibilang, Pantai Teleng Ria ini merupakan pantai di Pacitan yang paling banyak dikunjungi, khususnya oleh wisatawan lokal. Namun, bukan berarti tidak ada bule yang kesini. Ada beberapa turis asing yang mampir ke sini untuk belajar surfing, meskipun tentu saja Pantai Watu Karung tetap menjadi idola para bule dan surfer di Pacitan.

Jika kalian ingin melihat sunrise di Pacitan, kalian bisa melihatnya dari Pantai Teleng Ria ini. Pantai ini memiliki pasir putih yang memanjang sepanjang 3 kilometer dan menghadap langsung ke Laut Selatan. Horizon pantai berada di sisi timur, yang artinya kalian bisa melihat sunrise dengan mudah.

Menikmati sunrise di Pantai Teleng Ria

Menikmati matahari terbit di Pantai Teleng Ria

Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Pacitan, ombak Pantai Teleng Ria masih tergolong aman. Jadi, kalian masih bisa bermain air di sini, walaupun tentu masih harus tetap hati-hati. Dan bagi kalian yang narsis, pantai ini menawarkan pemandangan yang instagrammable dengan latar belakang Gunung Limo yang indah.

Pantai ini juga sangat family-friendly alias ramah terhadap keluarga, karena selain pesona pantai itu sendiri, telah banyak fasilitas lain yang dibangun di area pantai, antara lain restoran, kampung air, kolam renang, arena surfing, lapangan bola, sirkuit balap, bahkan live music di akhir pekan. Tiket masuk Pantai Teleng Ria juga cukup terjangkau, yaitu IDR 15.000 per orang.

Keseluruhan area pantai mencapai luasan kurang lebih 39 hektar. Ada area yang luas untuk parkir mobil atau kendaraan lainnya. Dan bagi kalian yang ke sini bersama keluarga, kalian bisa memanfaatkan deretan pohon cemara untuk sekedar menggelar tikar dan berpiknik atau makan bersama. Dengan angin pantai yang sepoi, tentu ini bisa jadi momen tak terlupakan. Namun, jika kalian tidak membawa bekal, ada beberapa lapak penjual seafood tak jauh dari cemara tersebut kok.

Selain untuk beristirahat dan berteduh, area cemara ini bisa kalian jadikan spot berfoto. Dan hasilnya, dijamin akan membuat foto instagram kalian tambah oke.

Oh ya, selain di dalam kompleks pantai, di luar area pantai juga masih banyak warung makan yang harganya cukup terjangkau.

Jika kalian berjalan terus ke arah barat dari pantai tersebut, kalian akan menemukan jembatan dan muara sungai tak jauh dari situ. Di sini, kalian bisa menikmati Pantai Teleng Ria dari sisi yang lain. Dengan siraman matahari pagi, jika mengambil foto di sini kalian bisa mendapatkan foto siluet yang indah.

Cara menuju Pantai Teleng Ria
Muara sungai di dekat Pantai Teleng Ria

menikmati keindahan Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria Pacitan

Jalan menuju Pantai Teleng Ria Pacitan

Dan, bagi kalian yang ingin membeli ikan, Pantai Teleng Ria ini juga merupakan Tempat Pelelangan Ikan. Kalian bisa membeli ikan segar dengan harga lebih murah. Namun, jangan lupa menawar ya!

Tiket Masuk


Senin – Sabtu: IDR 10.000
Minggu dan Hari Libur: IDR 15.000
Parkir kendaraan: IDR 5.000

Waktu Operasional


24 jam

Destinasi Terdekat


- Pantai Pancer Dorr
- Rumah Kediaman SBY

Cara Menuju Pantai Teleng Ria Pacitan


a. Dari Terminal Pacitan


- Naik ojek dari Terminal Pacitan turun di depan pintu masuk Pantai Teleng Ria

Peta Lokasi Pantai Teleng Ria Pacitan

Alamat Pantai Teleng Ria Pacitan


Jalan WR. Supratman, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH PACITAN 2 HARI 3 MALAM (2D3N): HARI KETIGA (19 OKTOBER 2014)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar