Selasa, 13 Maret 2018

CARA MENUJU SENTOSA ISLAND DARI DARATAN UTAMA SINGAPURA (SINGAPORE)

Singapura adalah suatu negara yang terdiri dari daratan utama (mainlaind), yaitu Pulau Ujong, dan beberapa pulau di sekelilingnya. Setelah Pulau Ujong, Pulau Sentosa (Sentosa Island) merupakan pulau terbesar dan paling banyak dikunjungi. Warga Indonesia yang traveling ke Singapura juga seringkali mampir ke Pulau Sentosa karena memang di sini banyak destinasi yang bisa dikunjungi, seperti Universal Studios, Sentosa Merlion, dan Madame Tussaud Singapore.

Baca juga:
REVIEW SENTOSA ISLAND SINGAPORE: DARI UNIVERSAL STUDIOS, SENTOSA MERLION, HINGGA PANTAI PALAWAN

Sentosa Island Singapore

Jika kalian baru pertama kali traveling ke Sentosa Island, kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menuju ke Pulau Sentosa dari daratan utama Singapura. Pada artikel berikut ini, akan dikupas tuntas berbagai cara yang bisa kalian tempuh untuk bisa traveling ke Sentosa Island, lengkap dengan estimasi biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk menuju Sentosa Island dari VivoCity Shopping Mall di daratan utama.

Yang perlu dicatat, dalam artikel ini, kami mengasumsikan bahwa kalian telah berada di area VivoCity Shopping Mall.

1. Berjalan Kaki Ke Sentosa Island Lewat Sentosa Boardwalk


Alternatif berjalan kaki melalui Sentosa Boardwalk untuk menuju Pulau Sentosa adalah alternatif termurah. Biayanya hanya SGD 1 dan masih akan gratis sampai 31 Desember 2018 (per 8 Maret 2018). Cukup menggiurkan, kan? Jika kalian memiliki budget terbatas, tentu ini bisa jadi opsi menarik.

Boardwalk ke Sentosa Island

Jadi, begitu kalian tiba di VivoCity Shopping Mall, kalian bisa berjalan menuju waterfront dari mall tersebut dan Sentosa Boardwalk berada tak jauh dari situ. Cara menemukan tempat ini cukup mudah karena ada petunjuk arah di beberapa tempat. Kalian bisa sekalian bernarsis ria terlebih dahulu di waterfront tersebut dengan pemandangan teluk dan Sentosa Island yang sudah terlihat, serta jalur cable car di kejauhan.

VivoCity Waterfront Promenade Singapura

Sentosa Boardwalk ini dibuka secara resmi pada tahun 2011. Lantainya terbuat dari papan-papan kayu. Selain itu, ada juga travelator dua arah yang akan sangat membantu bagi kalian yang malas atau lelah berjalan kaki. Sentosa Boardwalk ini memiliki atap sehingga kalian tidak perlu takut kehujanan jika musim hujan tiba.

cara menuju sentosa island lewat sentosa boardwalk

Sentosa Boardwalk merupakan satu-satunya boardwalk di Asia Tenggara yang menawarkan tema kebun. Jadi, di sepanjang perjalanan, kalian bisa menikmati keindahan lanksap tropis asli Singapura. Selain itu, kalian juga bisa menikmati pemandangan teluk yang indah di kejauhan.

Panjang Sentosa Boardwalk ini adalah 670 meter, menghubungkan waterfront VivoCity dengan waterfront Resort World Sentosa (RWS). Dengan berjalan santai, kalian mungkin akan menghabiskan waktu sekitar 15 menit dan jika berjalan cepat, kalian bahkan bisa menempuhnya hanya dalam waktu 5 menit.

dimana lokasi sentosa boardwalk
Penanda jarak di Sentosa Boardwalk

Pada waktu jam sibuk, Sentosa Boardwalk bisa menjadi alternatif karena artinya kalian tidak harus antri untuk naik kendaraan umum. Dan selain itu, dari pintu keluar Sentosa Boardwalk, ada beberapa destinasi yang lokasinya dekat, seperti Trick Eye Museum, S.E.A. Aquarium, The Crane Dance, dan Adventure Cove Waterpark.

2. Naik Monorel ke Sentosa Island dengan Sentosa Express


Sentosa Express adalah monorel yang akan membawa kalian menuju ke Sentosa Island. Sentosa Express memiliki empat stasiun, yang tiga di antaranya berada di kawasan Sentosa dan hanya satu stasiun yang berada di daratan utama.

Baca juga:
TIPS TRAVELING KE SENTOSA ISLAND SINGAPURA (SINGAPORE): KELILING PULAU SENTOSA DENGAN KENDARAAN UMUM GRATIS

cara naik sentosa express

bagaimana cara naik sentosa express

Begitu kalian berada di VivoCity Shopping Mall di daratan utama, kalian perlu berjalan menuju ke Stasiun Monorel Sentosa yang berada di Lobby L, Level 3 VivoCity. Untuk bisa naik Sentosa Express dari VivoCity menuju Sentosa, kalian harus membeli tiket seharga SGD 4. Kalian bisa menggunakan kartu EZ-Link untuk membeli tiket. Namun, sayangnya, Singapore Tourist Pass (STP) tidak bisa digunakan untuk perjalanan menggunakan Sentosa Express ini.

monorel sentosa island
Suasana dari atas Sentosa Express

Sebelum memutuskan untuk menggunakan moda transportasi ini, ada baiknya kalian mengetahui jadwal Sentosa Express. Baik dari Stasiun Monorel Sentosa ataupun Stasiun Monorel Beach (stasiun paling ujung di Sentosa), kereta pertama berangkat pada pukul 07.00 dan kereta terakhir berangkat pada pukul 00.00. Frekuensi kereta di jam sibuk adalah sekitar 3 menit. Sementara itu, waktu tempuh dari satu stasiun ke stasiun berikutnya adalah sekitar delapan menit.

lokasi stasiun monorel sentosa
Stasiun Monorel Beach, stasiun monorel paling ujung
di Pulau Sentosa

Selanjutnya, dari Stasiun Monorel Sentosa, kalian bisa berhenti di stasiun manapun, sesuai dengan tujuan kalian.

3. Menuju Sentosa Island Sambil Menikmati Pemandangan dari Ketinggian dengan Cable Car


Opsi terakhir ini bisa dibilang adalah cara paling mahal untuk menuju ke Sentosa Island. Namun, jika budget kalian cukup, rasanya tak ada salahnya mencoba Cable Car untuk menuju ke Pulau Sentosa karena dari atas kalian akan bisa menikmati pemandangan yang luar biasa, meliputi pemandangan pelabuhan dan teluknya, pemandangan gedung-gedung Singapura di daratan utama, dan pemandangan Sentosa Island termasuk Universal Studios dan Resort World Sentosa.

Untuk bisa naik cable car ini, dari VivoCity Shopping Mall kamu harus mencari HarbourFront Centre, kemudian dengan menggunakan petunjuk arah, carilah lokasi Stasiun Cable Car HarbourFront yang berada di Harbourfront Tower II.

Ada dua cable car yang ada di wilayah Sentosa: yaitu Mount Faber Line dan Sentosa Line. Untuk perjalanan menuju ke Sentosa, yang akan kalian naiki adalah Mount Faber Line karena Sentosa Line hanya beroperasi di dalam wilayah Sentosa Island.

Tiket yang harus kalian bayar memang cukup mahal, yaitu SGD 29 untuk dewasa dan SGD 18 untuk anak-anak.

Cable Car (Mount Faber Line) beroperasi setiap hari, dengan cable car pertama berangkat pukul 08.45 dan cable car terakhir berangkat pukul 21.30. Perjalanan dari Stasiun Cable Car HarbourFront menuju Stasiun Cable Car Sentosa memakan waktu kurang lebih 8 menit.

Kecuali kalian memang memiliki alokasi dana berlebih dan ingin merasakan sensasi naik cable car melintasi teluk, cara ini kurang kami rekomendasikan. Jika kalian hanya ingin merasakan sensasi naik cable car, kalian bisa memilih cable car satunya, yaitu Sentosa Line yang hanya bergerak di wilayah Sentosa Island, karena tiketnya lebih murah, yaitu SGD 13 untuk dewasa dan SGD 8 untuk anak-anak.



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KEDUA (18 AGUSTUS 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar