Jumat, 16 Maret 2018

REVIEW BATU CAVES: KUIL DEWA MURUGAN DI SELANGOR MALAYSIA

Batu Caves merupakan salah satu tempat wisata populer di Malaysia. Jika kalian baru pertama kali ke Malaysia, ada baiknya kalian tidak melewatkan tempat yang satu ini. Selain karena tempatnya yang menurut kami memang menarik, perjalanan ke sana pun bisa ditempuh dengan cukup singkat dan mudah. Bahkan, jika kalian ke sini dengan naik komuter, kalian cukup berjalan sekitar 5 menit dari stasiun pemberhentian ke area Batu Caves ini.

Terminal Bersepadu Selatan (TBS) Malaysia
Platform 2

Keretapi Tanah Melayu (KTM)
Bagian dalam Keretapi Tanah Melayu (KTM)

Terletak di Distrik Gombak, Negara Bagian Selangor atau sekitar 17 kilometer dari Kuala Lumpur, Batu Caves sebenarnya merupakan batu kapur yang tersusun dari rangkaian gua-gua. Namanya diambil dari sungai yang mengalir melewati bukit itu, yaitu Sungai Batu. Yang pertama kali memperkenalkan tempat ini sebagai tempat pemujaan adalah seorang pedagang bernama K. Thamboosamy Pillai. Dia membangun sebuah kuil yang didedikasikannya untuk Dewa Murugan dengan gaya Arsitektur Dravida. Pada mulanya, dia terinspirasi oleh bentuk mulut gua yang menurutnya mirip sekali dengan kepala tombak dari surga yang disebut ‘vel’. Tempat ini kini menjadi salah satu tempat pemujaan paling populer bagi penganut agama Hindu di luar India.



Sejak tahun 1982, salah satu festival agama Hindu bernama Thaipusam yang digelar di Malaysia pun dipusatkan di tempat ini. Festival ini dirayakan pada bulan Tamil, yaitu sekitar akhir Januari atau awal Februari. Pada perayaan ini, para pemuja akan menusuk-nusuk tubuh mereka sebagai bentuk dari penebusan.

Pada tahun 1920 dibuatlah tangga kayu dengan anak tangga sejumlah 272 dari dasar bukit menuju ke pintu masuk kompleks kuil yang berada sekitar 100 meter di atas permukaan tanah, yang pada akhirnya diganti dengan tangga beton sampai sekarang.

Kompleks Batu Caves memiliki tiga gua utama dan yang paling besar bernama Gua Kuil (Temple Cave). Gua ini bertinggi 100 meter dan langit-langitnya dihiasi ukiran-ukiran tentang agama Hindu. Untuk mencapai gua ini, pengunjung harus terlebih dahulu mendaki ke-272 anak tangga tersebut. Kita harus berhati-hati karena tangganya memang cukup curam. Dan harus sedikit bersabar ya, karena pasti akan terasa cukup melelahkan bagi yang tidak biasa berolahraga.

Sementara itu, dua gua lain terletak di dasar bukit, yaitu Gua Museum (Museum Cave) dan Gua Galeri Seni (Art Gallery Cave). Keduanya banyak berisikan lukisan dan patung Hindu. Pada tahun 2008 dilakukan pemugaran pada kompleks ini dan dibuka dengan nama Vila Gua (Cave Villa).

Di dasar bukit di bagian kiri tangga, terdapat Gua Ramayana. Menuju ke gua ini, bisa kita temui sebuah kuil yang didedikasikan untuk Dewa Hanuman, di mana di depannya terdapat Patung Hanuman berketinggian 15 meter.

Batu Caves Malaysia
Patung Hanuman

Pada tahun 2006, diresmikanlah sebuah patung Dewa Murugan, yang dibangun hampir tepat di depan tangga menuju Gua Kuil (Temple Cave). Pembangunan patung berwarna emas ini membutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Dewa Murugan sendiri merupakan dewa Hindu yang dipuja oleh bangsa Tamil dari India. Dengan ketinggian 42,7 meter, patung ini menjadi patung tertinggi di Malaysia. Patung ini dibuat dari 1550 meter kubik beton, 350 ton batangan besi, dan cat berwarna emas sebanyak 300 liter. Dalam pembuatannya, ada 15 pemahat dari India yang dilibatkan. Patung ini merupakan salah satu bagian paling ikonik dari kompleks ini, selain anak tangga dan gua-guanya itu sendiri.

Batu Caves Selangor
Patung Dewa Murugan

Batu Caves Selangor Malaysia

Karena eksplorasi yang menguras tenaga ini, ada baiknya sebelum berkunjung kalian makan terlebih dahulu sehingga kalian bisa fit saat harus mendaki anak tangga berjumlah 272 itu. Karena saat siang hari suasananya sangat panas, menurut kami sebaiknya kalian ke sana saat pagi atau menjelang sore hari, misal sekitar pukul tiga. Kami dulu ke sana memang sekitar pukul tiga dan suasananya sangat pas dan nyaman.

Selain itu, karena kompleks ini merupakan kuil pemujaan bagi agama Hindu, sebaiknya saat berkunjung ke sana kita menggunakan baju yang sopan demi menghormati mereka.

Kendaraan Menuju Batu Caves Malaysia

Di halaman kompleks Batu Caves ini tersebar banyak sekali burung dara. Mereka hidup liar dan terbang bebas ke sana kemari, dari satu titik ke titik yang lain. Dan memang sepertinya sengaja disediakan tali temali yang bergelantungan di atas sebagai tempat mereka nangkring. Jadi kalian harus berhati-hati ya, jangan sampai duduk sembarangan karena kotoran burung ini memang berserakan di mana-mana. Dan lagi, saat berjalan atau berfoto, pastikan tidak ada burung yang sedang nangkring di atas kalian.

Cara Menuju Batu Caves Malaysia

Tiket


Gratis

Waktu Operasional


Setiap hari: 07.00 – 21.00


Destinasi Terdekat

- Taman Metropolitan Batu


Cara Menuju Batu Caves Selangor Malaysia

a. Dari KLIA/KLIA2


- Naik KLIA Ekspres atau KLIA Transit dari KLIA/KLIA2 turun di KL Sentral
- Naik KTM Pel Klang - Batu Caves jurusan Batu Caves dari Stasiun Komuter KL Sentral turun di Stasiun Komuter Batu Caves
- Jalan kaki ke Batu Caves sekitar 500 meter (5 menit)

b. Dari Terminal Bersepadu Selatan


- Naik KLIA Transit dari Stasiun KLIA Transit Terminal Bersepadu Selatan turun di KL Sentral
- Naik KTM Pel Klang - Batu Caves jurusan Batu Caves dari Stasiun Komuter KL Sentral turun di Stasiun Komuter Batu Caves
- Jalan kaki ke Batu Caves sekitar 500 meter (5 menit)

Peta Lokasi Batu Caves Selangor Malaysia

Alamat Batu Caves Selangor Malaysia

Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KETIGA (19 AGUSTUS 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar