Rabu, 07 Maret 2018

REVIEW SENTOSA ISLAND SINGAPORE: DARI UNIVERSAL STUDIOS, SENTOSA MERLION, HINGGA PANTAI PALAWAN

Singapura adalah sebuah negara yang terdiri dari daratan utama (mainland) yang memiliki nama administratif Pulau Ujong dan beberapa pulau lainnya. Salah satu pulau yang terbesar setelah Pulau Ujong adalah Pulau Sentosa. Pulau Sentosa juga merupakan pulau paling terkenal dan paling sering dikunjungi di Singapura, dengan total kunjungan per tahun mencapai dua puluh juta orang.

Sentosa Island Singapore

Pulau Sentosa menjadi destinasi wisata favorit di Singapura karena di dalamnya terdapat banyak sekali fasilitas dan hiburan, salah satunya adalah Universal Studios. Selain itu, masih banyak sekali atraksi dan aktivitas menarik yang bisa kalian temukan di Sentosa Island.

Pulau Sentosa sempat mengalami beberapa kali pergantian nama, seperti Pulau Panjang dan Blakang Mati. Pulau tersebut dinamai Sentosa pada tahun 1972, yang bisa dikatakan juga menjadi tahun permulaan pembangunan Sentosa Island.

Bagi kalian yang ingin ke sini dari daratan utama (mainland), ada beberapa cara yang bisa dipilih, yaitu dengan naik Sentosa Express, naik Cable Car, atau berjalan kaki melalui Sentosa Boardwalk.

Baca juga:
CARA MENUJU SENTOSA ISLAND DARI DARATAN UTAMA SINGAPURA

VivoCity Singapura
Petunjuk arah ke Stasiun Monorel Sentosa dan Sentosa Boardwalk
yang ada di VivoCity Shopping Mall

Boardwalk ke Sentosa Island
Boardwalk, salah satu opsi untuk menuju ke Pulau Sentosa

Selama berada di dalam pulau resor tersebut, kalian juga tidak perlu khawatir kesulitan untuk bergerak dari titik satu ke titik lainnya karena juga ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kalian gunakan, yaitu Sentosa Express, Sentosa Bus, dan Beach Tram. Dan yang lebih menyenangkan lagi, semuanya gratis. Itu artinya, kalian bisa keliling Pulau Sentosa tanpa mengeluarkan sepeser uang pun.

Baca juga:
TIPS TRAVELING KE SENTOSA ISLAND SINGAPURA (SINGAPORE): KELILING PULAU SENTOSA DENGAN KENDARAAN UMUM GRATIS

Spot/Atraksi Menarik di Sentosa Island


Ada banyak sekali hal menarik yang bisa kalian lakukan di Sentosa Island. Dijamin, sekali berkunjung ke sini, kalian bakal ketagihan. Ada beberapa wahana dan fasilitas berbayar yang memang cukup menguras kantong. Dan jika kalian ingin berhemat, sekedar berkeliling dan menikmati suasana di Sentosa pun sudah cukup menyenangkan.

Wisata Berbayar yang Bisa Kalian Nikmati Ketika Traveling ke Sentosa Island


Berikut ini adalah beberapa wisata berbayar favorit yang ada di Sentosa Island:

1. Bermain di Universal Studios


Kompleks wahana permainan dan theme-park ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Indonesia yang berkunjung ke sana. Ada berbagai wahana, pertunjukan, dan atraksi menarik yang bisa kalian nikmati di sini. Tentu ini bisa jadi pilihan untuk kunjungan bersama keluarga.
Universal Studios dibagi menjadi 7 zona dengan tema yang berbeda-beda: Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, Lost World, Far Far Away, dan Madagascar.

Universal Studios Singapura

Tiketnya memang cukup mahal, yaitu SGD 76 untuk dewasa dan SGD 56 untuk anak-anak. Waktu ke Sentosa Island, kami tidak masuk ke dalam Universal Studios tapi hanya berfoto dengan bola Universal Studios yang sangat ikonik itu. Alasannya karena memang Universal Studios bukan tujuan utama kami dan budget kami tidak kami alokasikan untuk itu.

Di dalam area tersebut, terdapat beberapa pilihan makanan halal. Untuk tempat salatnya, bisa kalian temukan di sekitar area Battlestar Galactica, tepatnya setelah melewati pintu masuk Human Coaster.
Universal Studios buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 18.00. Jika kondisi cuaca sedang buruk, ada kemungkinan beberapa wahana ditutup. Universal Studios berlokasi di 8 Sentosa Gateway, Singapura.

2. Selfie dengan Patung Tokoh Terkenal di Madame Tussaud Singapore


Jika mendengar kata Madame Tussaud, pasti ada satu hal yang terlintas di benak kalian: patung lilin. Ya, di Madame Tussaud Singapore, kalian bisa berfoto selfie dengan patung-patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal dunia, seperti David Beckham, Angelina Jolie, Brad Pitt, Johnny Depp, Sharukh Khan, Lady Gaga, Christiano Ronaldo, Jackie Chan, dan bahkan presiden pertama kita, Soekarno.

Selain patung lilin, ada beberapa atraksi lain yang bisa kalian nikmati, seperti pertunjukan Images of Singapore Live, “The Spirit of Singapore” Boat Ride, IIFA Award Experience, VR Racing Experience, dan Marvel 4-D Experience.

Tiketnya juga masih tergolong mahal. Untuk dewasa, kalian harus membayar SGD 42 jika membeli di tempat atau SGD 32 jika membeli online. Dan untuk anak-anak, tiketnya adalah SGD 32 jika membeli di tempat atau SGD 22 jika membeli online.

Madame Tussaud Singapore buka setiap hari dari pukul 10.30 hingga 19.30. Madame Tussaud Singapore berlokasi di 40 Imbiah Rd, Singapura.

3. Mencoba Perosotan di Skyline Luge Sentosa (Imbiah)


Jika kalian suka bermain perosotan, ada baiknya kalian membawanya ke level yang lebih tinggi dengan mencoba permainan Luge (semacam perosotan) di Skyline Luge Sentosa. Bedanya, di sini kalian akan menggunakan semacam mobil kecil self-driving dengan stang kemudi yang bisa digerakkan ke depan-belakang untuk mengatur kecepatan. Mobil itu meluncur ke bawah dengan memanfaatkan gravitasi. Dan atraksi ini aman untuk semua usia.

Destinasi yang buka pada tahun 2005 ini berada di daerah Imbiah, di seberang Tiger Sky Tower dan menjadi luge pertama di Asia Tenggara. Ada beberapa lintasan yang tersedia, yaitu Jungle Trail (628 meter), Dragon Trail (688 meter), Kupu Kupu Trail (638 meter), dan Expedition Trail (658 meter). Jungle Trail merupakan lintasan yang paling awal dibangun, disusul Dragon Trail, Kupu Kupu Trail, lalu Expedition Trail.

Tiketnya lebih murah dibandingkan dua atraksi sebelumnya, yaitu SGD 28. Tiket tersebut sudah termasuk naik skyride dan bermain luge di 4 lintasan. Namun, meskipun begitu, tiket tersebut harus digunakan oleh orang yang sama.

Skyline Luge Sentosa buka setiap dari pukul 10.00 hingga 21.30. Skyline Luge Sentosa berlokasi di 1 Imbiah Rd, Singapura.

4. Menikmati keindahan bawah air di S.E.A. Aquarium


Di sini, kalian bisa menikmati keindahan kehidupan dan suasana laut dari bawah. Ada lebih dari 1.000 spesies yang tersebar ke dalam 50 habitat yang berbeda. Pasti ini bisa jadi momen tak terlupakan.

Tiket masuknya juga cukup mahal, yaitu SGD 39 untuk dewasa SGD 29 untuk anak-anak.

S.E.A. Aquarium buka setiap dari pukul 10.00 hingga 19.00. S.E.A. Aquarium berlokasi di 8 Sentosa Gateway, Resorts World Sentosa, Singapura.

Wisata Gratis yang Bisa Kalian Nikmati Saat Berkunjung ke Sentosa Island


Jika kalian ingin menghemat uang kalian tapi tetap ingin mengunjungi Sentosa Island, ada beberapa atraksi gratis yang bisa kalian coba kok.

1. Bersantai di Pantai


Ada beberapa pantai yang ada di Pulau Sentosa, yaitu Pantai Palawan, Pantai Siloso, dan Pantai Tanjong. Kalian bisa melihat sisi lain dari Singapura dengan mengunjungi pantai-pantai tersebut. Namun, jangan harap pantainya akan seindah pantai-pantai di Indonesia ya. Kebetulan pantai yang pernah kami kunjungi adalah Pantai Palawan yang lautnya berbatasan dengan Pulau Batam.

Palawan Beach Singapura

Pantai Palawan Singapura

Bagi warga Singapura, pantai-pantai ini merupakan tempat untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Jadi, pada hari-hari libur kemungkinan pantai akan sangat ramai. Saat kami ke Pantai Palawan, pantai cenderung sepi karena kami kesana tidak saat musim liburan.

2. Berfoto dengan Merlion Raksasa di Sentosa Merlion


Jika kalian belum cukup puas berfoto dengan Patung Merlion yang ada di area Marina Bay, kalian perlu datang ke Sentosa Merlion. Merlion ini merupakan merlion tertinggi di Singapura. Tingginya mencapai 37 meter dan merlion ini juga merupakan satu-satunya merlion yang bisa dimasuki.

Merlion Sentosa Singapura

Sebenarnya ada tiket masuknya juga, yaitu sebesar SGD 12 (dewasa) dan SGD 9 (anak-anak) karena memang ada beberapa atraksi di dalamnya. Namun, bagi kalian yang on budget, berfoto dengan latar Merlion raksasa ini rasanya sudah cukup memuaskan. Dan hal itu jugalah yang kami lakukan saat kami mengunjungi Sentosa Merlion.

3. Keliling Sentosa dengan Naik Sentosa Bus dan Sentosa Express


Berkeliling Pulau Sentosa bisa kalian lakukan dengan naik Sentosa Bus maupun Sentosa Express, yang keduanya gratis alias tidak dipungut biaya.

Jika naik bus, kalian bisa menikmati suasana Sentosa sejajar mata (on eye level). Bus memiliki jalur biasa, yaitu melewati jalan raya pada umumnya. Karena alasan inilah, perjalanan bus cenderung lambat dan akan menghadapi macet di beberapa titik, sehingga mungkin bisa mengurangi waktu traveling kalian. Namun, meskipun begitu, jadwal Sentosa Bus cukup tepat waktu kok.

jadwal bus sentosa island

Jika ingin berkeliling Sentosa dengan waktu lebih cepat dan bebas macet, kalian bisa memilih naik Sentosa Express. Sentosa Express ini merupakan kereta monorail dengan lintasan yang berada di atas. Itu artinya, kalian bisa menikmati keindahan Sentosa dari ketinggian.

stasiun monorel sentosa island


monorel sentosa island
Suasana dari atas Sentosa Express

Sentosa Express memiliki empat stasiun, yang tiga diantaranya berada di Pulau Sentosa dan satunya berada di daratan utama. Selama masih di wilayah Sentosa, Sentosa Express itu gratis. Sebenarnya, jika bergerak dari wilayah Sentosa menuju ke luar Sentosa, yaitu ke Stasiun Monorel Sentosa di VivoCity, tiketnya juga masih gratis. Namun, jika kalian bergerak dari Stasiun Monorel Sentosa menuju Sentosa Island, kalian harus membayar sebesar SGD 4. Jadi, jika kalian belum berniat meninggalkan Sentosa, jangan sampai kalian terbawa sampai ke Stasiun Monorel Sentosa ya. Begitu ketika kereta tiba di Stasiun Monorel Waterfront, kalian harus turun.

4. Belajar Sejarah di Fort Siloso


Jika ingin melihat peninggalan sejarah di Singapura yang masih berhubungan dengan Perang Dunia II, datanglah ke Fort Siloso (Benteng Siloso). Banyak hal-hal yang bisa kalian pelajari di sini. Dan yang penting, masuknya gratis.

Fort Siloso buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 18.00. Fort Siloso berlokasi di Siloso Rd, Singapura.

5.  Menikmati Keindahan Alam dari Ketinggian di Fort Siloso Skywalk


Sama halnya dengan Benteng Siloso, naik ke Fort Siloso Skywalk juga gratis. Skywalk ini berada di lantai 11 dan memiliki panjang 181 meter. Dari sini kalian bisa menikmati keindahan alam di sekitar Benteng Siloso dari ketinggian. Cukup menarik, kan?

Fort Siloso Skywalk buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga 19.00. Fort Siloso Skywalk berlokasi di Siloso Rd, Singapura.

Cara Menuju Sentosa Island Singapura


a. Dari Changi Airport


- Naik MRT dari Stasiun MRT Changi (CG2) turun di Stasiun MRT Expo (CG1)
- Oper MRT Downtown Line jurusan Bukit Panjang dari Stasiun MRT Expo (DT35) turun di Stasiun MRT Chinatown (DT19)
- Oper MRT North East Line jurusan HarbourFront dari Stasiun MRT Chinatown (NE4) turun di Stasiun MRT HarbourFront (NE1)
- Berjalan ke Stasiun Monorel Sentosa untuk naik Sentosa Express, atau berjalan ke Stasiun Cable Car HarbourFront untuk naik Cable Car, atau berjalan ke Sentosa Boardwalk untuk menuju ke Pulau Sentosa

b. Dari Pelabuhan Harbourfront


- Berjalan ke Stasiun Monorel Sentosa untuk naik Sentosa Express, atau berjalan ke Stasiun Cable Car HarbourFront untuk naik Cable Car, atau berjalan ke Sentosa Boardwalk untuk menuju ke Pulau Sentosa

c. Dari Woodlands Train Checkpoint


- Naik bus SMRT No. 913/903/912 turun di Stasiun MRT Woodlands
- Naik MRT North South Line jurusan Marina South Pier dari Stasiun MRT Woodlands (NS9) turun di Stasiun MRT Dhoby Ghaut (NS24)
- Oper MRT North East line jurusan HarbourFront dari Stasiun MRT Dhoby Ghaut (NE6) turun di Stasiun MRT HarbourFront (NE1)
- Berjalan ke Stasiun Monorel Sentosa untuk naik Sentosa Express, atau berjalan ke Stasiun Cable Car HarbourFront untuk naik Cable Car, atau berjalan ke Sentosa Boardwalk untuk menuju ke Pulau Sentosa

Atau

- Naik bus SMRT No. 913/903/912 turun di Stasiun MRT Woodlands
- Naik MRT North South Line jurusan Marina South Pier dari Stasiun MRT Woodlands (NS9) turun di Stasiun MRT Bishan (NS17)
- Oper MRT Circle Line jurusan HarbourFront dari Stasiun MRT Bishan (CC15) turun di Stasiun MRT HarbourFront (CC29)
- Berjalan ke Stasiun Monorel Sentosa untuk naik Sentosa Express, atau berjalan ke Stasiun Cable Car HarbourFront untuk naik Cable Car, atau berjalan ke Sentosa Boardwalk untuk menuju ke Pulau Sentosa

Peta Lokasi Pulau Sentosa Singapura



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KEDUA (18 AGUSTUS 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar