Minggu, 25 Maret 2018

TIPS TRAVELING KE SENTOSA ISLAND SINGAPURA (SINGAPORE): KELILING PULAU SENTOSA DENGAN KENDARAAN UMUM GRATIS

Ketika kalian telah tiba di Sentosa Island, entah menggunakan cara apapun (berjalan melewati Boardwalk, naik Sentosa Express atau Cable Car), selanjutnya kalian tentu ingin berkeliling pulau dan mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Sentosa Island.

Baca juga:
REVIEW SENTOSA ISLAND SINGAPORE: DARI UNIVERSAL STUDIOS, SENTOSA MERLION, HINGGA PANTAI PALAWAN
CARA MENUJU SENTOSA ISLAND DARI DARATAN UTAMA SINGAPURA

Bagi para budget traveler, tentu yang ada di pikiran kalian adalah bagaimana agar kalian bisa keliling pulau dan bergerak dari satu titik ke titik lainnya dengan biaya semurah mungkin. Kabar baiknya, banyak sekali pilihan kendaraan umum gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk mengeksplorasi Pulau Sentosa.

1. Sentosa Express


Kalian memang harus membayar tiket sebesar SGD 4 untuk masuk ke Pulau Sentosa dari Stasiun Monorel Sentosa di VivoCity Shopping Mall. Namun, jika kalian menggunakan kendaraan ini di dalam wilayah Sentosa, kalian tidak dikenakan biaya sama sekali seberapa sering pun kalian naik dan turun. Selain itu, jika kereta bergerak ke luar wilayah Sentosa yaitu menuju ke Stasiun Monorel Sentosa, kalian juga tidak dikenakan biaya sama sekali. Jadi, jika kalian sudah memutuskan untuk keluar Sentosa dan tidak ingin masuk lagi, kalian bisa memanfaatkan opsi ini.

cara naik sentosa express

bagaimana cara naik sentosa express

Baik dari Stasiun Monorel Sentosa ataupun Stasiun Monorel Beach, kereta pertama berangkat pada pukul 07.00 dan kereta terakhir berangkat pada pukul 00.00. Frekuensi kereta di jam sibuk adalah sekitar 3 menit. Sementara itu, waktu tempuh dari satu stasiun ke stasiun berikutnya adalah delapan menit.

lokasi stasiun monorel sentosa
Stasiun Monorel Beach, stasiun monorel paling ujung
di Pulau Sentosa

Ada tiga stasiun yang berada di wilayah Sentosa, yaitu Stasiun Monorel Waterfront, Stasiun Monorel Imbiah, dan Stasiun Monorel  Beach. Berikut ini adalah tempat-tempat penting yang lokasinya berdekatan dengan masing-masing stasiun tersebut:

- Stasiun Monorel Waterfront: Resort World Sentosa, Universal Studios, Adventure Cove Waterpark, S.E.A Aquarium, Trick Eye Museum
- Stasiun Monorel Imbiah: Stasiun Cable Car Merlion, Sentosa Merlion, Madame Tussaud Singapore, Tiger Sky Tower, Skyline Luge
- Stasiun Monorel Beach: Terminal Bus Stasiun Monorel Beach, Palawan Beach (via Palawan Beach Walk)

Kelebihan menggunakan moda transportasi ini adalah kalian bisa menikmati Sentosa dari atas karena lintasan monorelnya memang berada di ketinggian. Namun, pada jam-jam sibuk, ada kalanya kereta sangat penuh.

monorel sentosa island
Suasana dari atas Sentosa Express

2. Sentosa Bus


Ada dua bus yang beroperasi di Pulau Sentosa dan keduanya sama-sama gratis, yaitu Bus A yang beroperasi di bagian barat pulau dan Bus B yang beroperasi di bagian timur pulau. Kedua bus memiliki jadwal yang relatif sama: bus pertama berangkat pada pukul 07.00 dan bus terakhir berangkat pada pukul 00.10 setiap hari.

Halte Bus Sentosa Island Singapura
Salah satu halte Sentosa Bus
di basemen Sentosa Resort World (RSW)

Halte Merlion Sentosa
Halte Sentosa Bus di dekat Sentosa Merlion

Rute Bus Sentosa Island Singapura
Peta rute Sentosa Bus yang ditempel di halte

Untuk frekuensi, bus A memiliki frekuensi yang lebih sering, yaitu setiap 7-15 menit sekali dan bus B setiap 20-35 menit sekali.

Kedua bus menggunakan rute memutar (loop) dan bukan bolak balik seperti halnya monorel.
Berikut ini adalah rute Bus A dan rute Bus A:

rute bus A sentosa island
Rute Bus A
Sumber: www.sentosa.com.sg

rute bus b pulau sentosa
Rute Bus B
Sumber: www.sentosa.com.sg

Dulu, sebenarnya ketika kami ke Singapura pada tahun 2015, ada tiga bus yang beroperasi, yaitu Bus 1, Bus 2, dan Bus 3. Namun, Bus 3 tersebut kini sudah tidak beroperasi (per Maret 2018).

jadwal bus sentosa island
Sentosa Bus 3 yang kini tak lagi beroperasi

3. Sentosa Beach Tram


Sentosa Beach Tram adalah trem yang khusus beroperasi di area pantai-pantai Sentosa, yaitu Palawan Beach, Siloso Beach, dan Tanjong Beach. Koneksinya berada di Terminal Bus Stasiun Monorel Beach. Jadi, jika kalian naik bus atau Sentosa Express dan ingin oper ke Beach Tram, kalian bisa turun di terminal atau stasiun ini.

Frekuensi Beach Tram tersebut adalah tiap 10 menit sekali. Pada hari Minggu hingga Jumat, Beach Tram pertama berangkat pukul 09.00 dan Beach Tram terakhir berangkat pukul 22.30. Sementara itu, khusus pada hari Sabtu, trem terakhir berangkat pada pukul 23.30.

Berikut ini adalah rute Sentosa Beach Tram:

rute sentosa beach tram singapura
Rite Sentosa Beach Tram
Sumber: www.sentosa.com.sg

Cable Car (Sentosa Line): Opsi Kendaraan Berbayar Untuk Menikmati Keindahan Pulau Sentosa dari Atas


Kalau kalian ingin menikmati Pulau Sentosa dengan suasana lain, kalian wajib mencoba Cable Car (Sentosa Line). Untuk cara ini, kalian harus mau merogoh kocek sebesar SGD 13 untuk dewasa dan SGD 8 untuk anak-anak. Harga ini tentu jauh lebih murah dibandingkan Cable Car (Mount Faber Line). Jadi, bagi kalian yang ingin naik cable car dengan lebih hemat, lebih baik memilih opsi yang ini.

Cable Car (Sentosa Line) ini beroperasi setiap hari. Cable car pertama berangkat pukul 08.45 dan cable car terakhir berangkat pukul 21.30.

Berikut ini adalah rute Singapore Cable Car:
rute cable car sentosa island singapura
Rute Singapore Cable Car
Sumber: store.sentosa.com.sg



Artikel terkait:

BACKPACKING MURAH SINGAPURA – MALAYSIA 5 HARI 4 MALAM (5D4N): HARI KEDUA (18 AGUSTUS 2015)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar